Kamis, 18 Juli 2024

Belasungkawa Presiden Jokowi Atas Wafatnya Komandante Fidel Castro

BOGOR- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan duka citanya atas berpulangnya mantan Presiden Kuba Fidel Castro. Duka cita tersebut disampaikannya usai menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional dan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-71 di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, (27/11) siang.

“Saya menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap pemerintah dan rakyat Kuba atas meninggalnya Bapak Fidel Castro, mantan Presiden Kuba, pada hari Sabtu, 26 November,” ucap Presiden Jokowi.

Indonesia dan Kuba memiliki kedekatan erat saat Presiden RI Soekarno dan Fidel Castro mendirikan Gerakan Non Blok sebagai hasil dari Konferensi Asia Afrika di Bandung. Putri Presiden Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri menyatakan belasungkawa yang dalam lewat Bergelora.com.

“Bung Karno dan Kamarada Fidel Castro adalah dua pemimpin dunia yang unik dan orator yang ulung. Motto Bung Karno adalah Merdeka Atau Mati! Maka Fidel Castro terkenal dengan  Patria O Muerte! (Tanah Air Atau Mati)

Kepada Bergelora.com dilaporkan bahwa, Fidel Castro, yang pada 2008 silam pensiun dari dunia politik, meninggal pada usianya yang ke-90. Sebelumnya, Castro telah menyerahkan kekuasaan pada adiknya, Raul Castro, pada 2006 lalu.

Elian Gonzalez, seorang yang pernah menjadi pusat rebutan hak asuh internasional yang diperjuangkan oleh Fidel Castro hampir dua dekade lalu, kembali ke mata publik Minggu (27/11) untuk memuji pemimpin yang berjuang untuk mengembalikannya ke Kuba.

Dilatar belakangi lagu round-the-clock, Gonzalez mengatakan di televisi bahwa warisan Fidel Castro adalah kehidupannya saat ini di Kuba.

“Tidak benar untuk berbicara tentang Fidel di masa lalu, tapi bicaralah tentang Fidel dan masa depan. Hari ini lebih dari hari-hari sebelumnya, Fidel akan selalu hadir bersama kita,” katanya.

Gonzalez saat itu berusia 5 tahun ketika ia, ibunya dan yang lain-lain berusaha menyeberangi laut melintasi dari Kuba ke Amerika Serikat pada tahun 2000. Ibunya meninggal dalam perjalanan, tapi ia selamat dan dibawa ke Florida. Sebuah perselisihan pahit pecah antara sanak keluarganya di Amerika Serikat yang ingin Gonzalez tinggal di Amerika berhadapan dengan ayahnya yang menginginkannya kembali ke rumah di Kuba.

Bung Karno dan Fidel Castro saat bertukar topi dan kopiah saat berkunjung di Jakarta Indonesia. Makin menakutkan Amerika Serikat  (Ist)Fidel Castro menjadikan perselisihan ini menjadi masalah nasional dan menggerakkan demonstrasi besar menuntut Elian dikembalikan kepada ayahnya. Otoritas Amerika Serikat akhirnya mengirimnya kembali.

“Fidel adalah seorang teman yang pada saat yang sulit ada bersama keluarga saya, bersama ayah saya, dan membuat mungkin bagi saya untuk kembali ke ayah saya, untuk kembali ke Kuba,” kata Gonzalez berbicara sebagai pekerja di Plaza Revolusi, Havana yang sedang persiapan untuk dua hari berkabung.

Dimulai hari Senin (28/11) ratusan ribu orang akan hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada Fidel Castro dibawah bayangan tugu pahlawan kemerdekaan Jose Marti dan patung besar pemimpin revolusi Ernesto “Che” Guevara. Upacara umum massal direncanakan di alun-alun pada haris Selasa (29/11).

Pemerintah Kuba menyatakan sembilan hari berkabung nasional setelah Fidel Castro meninggal. Seluruh kota akan mengheningkan cipta.

Kutipan Dari Fidel

Dibawah ini adalah kutipan-kutipan terkenal dari setiap pidato karismatik Fidel Castro yang menggelorakan perlawanan rakyat di seluruh dunia melawan penindasan dan penghisapan hingga saat ini.

“Kutuklah saya. Tidak peduli. Sejarah akan membebaskan saya.” – 16 Oktober 1953, di pengadilan atas serangan pemberontak yang diluncurkan Revolusi Kuba dibawah kepemimpan Fidel Castro.

__

“Saya tidak tertarik dengan kekuasaan, tidak pernah juga saya membayangkan kekuasaan. Semua yang saya lakukan adalah untuk memastikan bahwa pengorbanan begitu banyak kawan pejuang tidak boleh sia-sia” -1 Januari 1959, setelah kemenangan Revolusi Kuba.

___

“Kaum pekerja dan kaum tani, ini adalah revolusi demokratik sekaligus revolusi sosialis yang sederhana,–oleh orang sederhana dan untuk orang-orang sederhana,” – April 16, 1961, Fidel Castro mendeklarasikan pemerintahan sosialis Kuba.

Bung karno memberika cinderamata buat Fidel Castro, sebilah keris. Konon karena keris itu Fidel Castro panjang umur dan berhasil membawa Kuba kuat menghadapi 680 kali upaya pembunuhan oleh Amerika Serikat. Sementara Bung Karno digulingkan lewat kudeta militer yang didukung Amerika Serikat pada tahun 1965 (Ist)____

“Jutaan rakyat Kuba meneteskan air mata mereka hari ini bersama-sama dengan orang yang dicintai dan menjadi korban kejahatan keji. Dan ketika tangisan  menjadi raungan yang kuat, maka ketidakadilan pasti gemetar.” – 15 Oktober 1976, menangani lebih dari 1 juta pelayat di Havana seminggu setelah pemboman teroris pada sebuah pesawat Kuba yang menewaskan 73 orang.

___

“Hari ini akan menyakitkan jika ada seorang Kuba kelaparan, jika seorang Kuba tidak mendapatkan dokter, jika seorang anak Kuba menderita atau tidak berpendidikan, atau jika keluarga tidak memiliki perumahan. Pasti menyakitkan meskipun dia saudara kita, bukan anak kita atau bukan ayah kita. Mengapa tidak kita merasa sakit jika kita melihat anak Angola kelaparan, menderita, dibunuh atau dibantai? “ – 30 Maret 1977, Pidato pada relawan sipil dan militer Kuba yang akan dikirim ke Luanda, Angola, Afrika.

___

“Kuba tidak menolak mencari solusi atas perbedaan sejarah dengan Amerika Serikat, tapi tidak ada yang berharap Kuba mengubah posisinya atau mengkhianati prinsip-prinsipnya. Kuba dan akan terus menuju sosialisme. Kuba akan terus menjadi sahabat dari Uni Soviet dan semua negara sosialis.” – 20 Desember 1980, Pidato untuk Kongres Partai Komunis Kuba.

___

“Kami akan mengambil langkah-langkah yang harus diambil untuk menjaga pabrik-pabrik kami tetap berjalan, untuk menjaga para pekerja kita bekerja, untuk terus maju dalam kondisi yang sulit, dan … menemukan formula untuk menyelamatkan negara, menyelamatkan revolusi dan menyelamatkan sosialisme.” – 14 Oktober 1991, Pidato untuk Kongres Partai Komunis Kuba setelah memudarnya perdagangan dengan Uni Soviet.

___

“Kami akan memenangkan pertempuran ini untuk hidup, dan tidak hanya untuk hidupmu, tetapi juga untuk kehidupan semua anak di dunia.” – 23 Desember 1999, Pidato yang menyerukan sekolah untuk berpartisipasi dalam perjuangan untuk memulangkan anak Kuba, Elian Gonzalez.

___

“Saya tidak ragu sedikit pun bahwa orang-orang kita dan revolusi kita akan berjuang sampai titik darah penghabisan untuk mempertahankan  pikiran dan langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga proses bersejarah ini.” – 31 Juli 2006, Pidato setelah menjalani operasi usus dan untuk sementara menyerahkan kekuasaan kepada adiknya Raul Castro, Menteri Pertahanan Kuba.

___

“Generasi baru sedang dipanggil untuk memperbaiki dan mengubah tanpa ragu-ragu semua yang harus diperbaiki dan diubah. Pertahankan prinsip-prinsip revolusioner. Inilah warisan utama yang bisa kita tinggalkan pada mereka,” –April 18, 2011, Pidato dalam  Kongres Partai Komunis saat Castro mengundurkan diri sebagai pemimpin partai.

___

“Saya akan berusia 90 tahun segera. Segera saya akan menjadi seperti semua orang lain. Waktu akan datang bagi kita semua, tetapi ide-ide Komunis Kuba akan tetap sebagai bukti bahwa di planet ini, jika salah satu bekerja dengan semangat dan bermartabat, mereka dapat menghasilkan produksi budaya yang dibutuhkan manusia dan kebutuhan yang harus diperjuangkan tanpa pernah menyerah. “- April 2016, Pidato dalam Kongres Partai Komunis ((Bey Machmudin/Web Warouw)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru