Minggu, 16 Juni 2024

BISA KAH..? Mencegah Perang Gaza Meluas ke Lebanon dan Iran…

WASHINGTON DC – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Perancis Catherine Colonna sepakat untuk mencari langkah-langkah guna menghindari perang Timur Tengah meluas, menyusul serangan di Lebanon dan Iran.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller pada Kamis (4/1/2024) mengatakan, dalam percakapan telepon pada Rabu (3/1/2024), kedua diplomat tinggi tersebut telah membahas pentingnya langkah-langkah untuk mencegah meluasnya konflik di Gaza.

“Itu termasuk langkah-langkah afirmatif untuk mengurangi ketegangan di Tepi Barat dan untuk menghindari eskalasi di Lebanon dan Iran,” jelasnya, sebagaimana dikutip dari AFP.

Panggilan telepon itu dilakukan menjelang perjalanan Blinken ke Timur Tengah, yang keempat sejak perang Israel-Hamas pecah pada 7 Oktober 2023.

Presiden Perancis Emmanuel Macron sebelumnya meminta Israel untuk menghindari eskalasi, khususnya di Lebanon, di mana Israel telah dicurigai melakukan serangan pada Selasa (2/1/2024) yang menewaskan seorang pemimpin senior Hamas.

Amerika mengatakan mereka tidak mengetahui sebelumnya mengenai serangan di Lebanon. Namun, AS menggambarkan orang nomor dua Hamas, Saleh al-Aruri, yang terbunuh sebagai “teroris brutal”.

Di Iran, yang negara ulamanya mendukung Hamas, dua ledakan pada hari Rabu menewaskan sedikitnya 84 orang saat mereka memperingati kematian Jenderal Garda Revolusi Qasem Soleimani.

Soleimani terbunuh pada 2020 dalam serangan yang ditargetkan oleh AS.

ISIS Serang Iran

Seorang pejabat AS mengatakan, bahwa serangan tersebut memiliki ciri-ciri yang mengarah dilakukan oleh kelompok ISIS, dan menyangkal adanya peran apa pun dari Amerika Serikat maupun Israel.

Kelompok jihadis Negara Islam sendiri sangat ditentang oleh Iran yang mayoritas penduduknya Syiah.

Belakangan, ISIS pada Kamis (4/1/2024) mengatakan bahwa merekalah yang melakukan pengeboman di dekat makam Jenderal Iran Qasem Soleimani. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru