Minggu, 25 Februari 2024

DPD Soroti Kesenjangan di Tanah Papua

JAKARTA- Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan keberadaan DPD merupakan sebuah jawaban dari ketidakadilan dari periode (pemerintah) sebelumnya. Termasuk menghadirkan Papua agar sejajar dengan provinsi lainnya. 

“Itu tugas DPD yang selalu berjuang untuk Papua, yang mengkritisi mengenai kekurangan perhatian baik di perbatasan, kesenjangan di Papua, dan daerah tertinggal lainnya. Itu yang membedakan DPD dengan DPR,” ucap Irman saat Peluncuran Film Dokumenter ‘Papua: Mengungkap Sebuah Fakta’ di Nusantara IV Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (21/6). 

Menurut dia, DPD merupakan pelengkap untuk membangun Indonesia sejahtera. Irman pada tahun 2013 lalu juga sempat berkunjung ke Papua Barat. Sehingga Ia merasa kehangatan masyarakat Papua.

“Padahal sebelumnya ada insiden penembakan tapi karena teman-teman dari DPD Papua mengatakan aman. Makanya saya hadir disana,” tegas senator asal Sumatera Barat itu. 

Jika bicara pada tahun 2013 lalu menurutny,  saat itu otonomi khusus (otsus) sudah berjalan dengan baik. Artinya, melalui otsus pemerintah telah memberikan perhatian lebih terhadap akselerasi pembangunan. 

“Namun di Papua bukan permasalahan anggaran dalam bentuk uang, tapi bagaimana pengelolaannya. Terutama dalam pengelolaan perencanaan sehingga bisa membangun Papua,” kata Irman. 

Selain itu, sejak era Presiden RI BJ Habibie. Dimana waktu itu DPD masih bernama fraksi Utusan Daerah sudah peduli dengan kemajuan Papua. Otsus itu juga merupakan komitmen kami untuk mempercepat pembangunan Papua.

“Kita mau membangun Papua bukan karena orang Papua, tapi kita mau membangun Indonesia khususnya dari timur,” jelas Irman. (ZKA Warouw)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru