Rabu, 12 Juni 2024

DUIT SIAPA NIH..? Terbongkar Istri SYL Beli Rumah Rp11,5 M Pakai Nama GM Prambors

JAKARTA – Istri mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ayun Sri Harahap diduga membeli rumah menggunakan nama General Manager Media Radio Prambors atau PT Bayureksha. Fakta tersebut terungkap dalam sidang kasus korupsi dengan terdakwa SYL di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu, (5/6/2024).

GM Prambors, Dhirgaraya S. Santo yang menjadi saksi dalam sidang itu menceritakan Ayun meminta izin meminjam namanya untuk membeli rumah pada 2020. Harga rumah yang akan dibeli mencapai Rp 11,5 miliar dengan angsuran Rp 80,6 juta per bulan.

“Ibu beli rumah, minta minjam nama saudara untuk menjadi apa?” tanya hakim dalam sidang, Kamis, (6/6/2024).

“Debitur di bank, Yang Mulia,” jawab Dhirgaraya.

“Apa yang saudara sampaikan? saran saudara apa ke saksi Ayun Sri waktu itu?” tanya hakim.

“Saya sampaikan waktu itu Yang Mulia, bahwa kalau memang pun nama saya disetujui, asalkan dalam hal itu tidak merugikan saya Yang Mulia, artinya pembayaran dan nama baik saya,” jawab Dhirgaraya.

Dhirgaraya mengatakan pihak Ayun kemudian mengajukan oper kredit atas rumah yang berlokasi di Jalan Limo, Jakarta itu ke pihak bank. Pihak bank akhirnya menyetujui oper kredit senilai Rp 6,5 miliar.

Sementara, sisa harga rumah sebesar Rp 5 miliar dibayarkan sebagai uang muka. Dhirgaraya melanjutkan setelah proses administrasi itu beres, rumah itu dibayar kredit per bulan dengan angsuran Rp 80,6 juta dalam periode 10 tahun.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, dalam perkara ini, KPK mendakwa SYL melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dari bawahannya di Kementan dengan total Rp 44,5 miliar. Di dalam sidang, sejumlah saksi menyebutkan dugaan adanya aliran uang ke pihak keluarga SYL.

Saat ini, KPK tengah melakukan penyidikan terhadap dugaan pencucian uang yang dilakukan SYL. Komisi antirasuah membuka kemungkinan untuk menjerat pihak keluarga SYL yang terbukti berperan dalam tindak pencucian ini. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru