Sabtu, 15 Juni 2024

EMANG BISA..? 9,9 Juta Gen Z “Nganggur”, Imam Prasodjo Bicara soal Indonesia Emas 2045

JAKARTA – Data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2023, mencatat ada sebanyak 9,9 juta anak muda Indonesia berusia 15 hingga 24 tahun atau Gen Z yang tidak bekerja atau bahkan mendapatkan pelatihan. Lantas bagaimana dengan target Indonesia Emas 2045 untuk mewujudkan negara Nusantara yang berdaulat, maju, dan berrkelanjutan?

Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo mengatakan, target Indonesia Emas pada 2045 masih bisa tercapai. Dengan catatan, pemerintah tidak hanya mendorong penyerapan tenaga kerja dari sektor formal. Melainkan, juga mendorong penyiapan tenaga kerja di sektor informal.

“Saya kira bisa dilakukan ya (Indonesia Emas 2045) dan fokusnya jangan hanya semata-mata berharap orang itu terserap di sektor formal karena kenyatannya ya, bahkan dari sensus dari kapan pun itu selalu sektor informal lah yang menjadi katup pengaman,” kata Imam dalam program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Minggu (19/5/2024).

Menurut Imam, harus ada pendekatan yang lebih inovatif terkait sumber daya manusia dan menciptakan lapangan pekerjaan menuju Indonesia Emas 2045.

Salah satunya, dengan melibatkan unit kerja kreatif atau para entrepreneur sebagai pendamping Gen Z yang tidak terserap di sektor formal.

“Problem-nya adalah bagaimana orang-orang yang penggangguran tadi tidak terserap dan belum training itu bisa dijodohkan dengan unit-unit usaha kreatif dan jangan terlalu menurut saya fokusnya hanya penyerapan di sektor formal,” ujarnya.

Imam mengatakan, pemerintah sebaiknya tidak hanya fokus pada penyiapan tenaga kerja di sektor formal. Sebab, berdasarkan data, sektor informal lebih banyak menyerap tenaga kerja di Indonesia.

“Karena kenyataannya sektor informal, ini sekitar sensus aja kan sekitar 74 juta (pekerja). Sedangkan sektor formal hanya 57 juta. Artinya di bawah 50 persen yang sektor formal,” katanya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sebagaimana diketahui, pemerintah menyiapkan empat pilar utama untuk menyambut Indonesia Emas 2045, yakni pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

Selain itu, Indonesia juga memiliki kekuatan bonus demografi karena menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

Namun, dikutip dari laman Satu Data Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker), BPS mencatat bahwa pada Agustus 2023, sebanyak 22,25 persen dari 44,7 juta anak muda golongan Gen Z tidak bekerja, menjalani pendidikan dan mendapat pelatihan (not in employment, education, and training/NEET).

“Dari 44,47 juta orang anak muda (usia 15 hingga 24 tahun) di Indonesia pada periode Agustus 2023, sekitar 22,25 persen termasuk dalam kategori NEET atau tidak bersekolah, tidak bekerja, juga tidak sedang mengikuti pelatihan,” demikian yang tertulis dalam data BPS tersebut.

Apabila dirincikan, anak muda yang paling banyak NEET justru ada di daerah perkotaan yakni sebanyak 5,2 juta orang dan 4,6 juta di pedesaan.

Kemudian, apabila dilihat berdasarkan golongan umurnya, anak muda tergolong NEET paling banyak berada di usia 20 hingga 24 tahun, yakni sebanyak 6,46 juta orang dan usia 15 hingga 19 tahun sejumlah 3,44 juta orang.

Sedangkan jika dilihat berdasarkan pendidikannya, anak muda tergolong NEET paling banyak merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) yakni sebanyak 3,57 juta orang. Lalu, anak muda lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) mencapai 2,29 juta orang, lulusan sekolah menengah pertama (SMP) 1,84 juta orang, dan sekolah dasar (SD) jumlahnya 1,63 juta.

Kemudian, jumlah anak muda tergolong NEET lulusan universitas jenjang S1, S2, S3 ada sebanyak 452.713 orang.

Sementara lulusan diploma ada 108.464 orang. Kendati demikian, berdasarkan data BPS, persentase anak muda yang NEET tahun 2023 yakni 22,25 persen ini menurun sekitar 0,97 persen dibandingkan periode Agustus 2022. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru