Sabtu, 15 Juni 2024

GAS POL PAK BAAAS…! Teken Kontrak, Menteri Basuki Mulai Pembangunan IKN Tahap 1

JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, telah memulai pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Melalui postingan di laman Instagram @kemenpupr, Basuki menjelaskan bahwa hal itu ditandai dengan penandatanganan kontrak pekerjaan pembangunan IKN Tahun Anggaran 2022 tahap 1.

“Kontrak tahap 1 tersebut terdiri dari 19 paket pekerjaan, dengan rincian 6 paket di Ditjen Sumber Daya Air, 8 paket di Ditjen Bina Marga, 4 paket di Ditjen Cipta Karya, dan 1 paket di Ditjen Perumahan,” kata Basuki sebagaimana dikutip dari laman Instagram @kemenpupr, Senin 29 Agustus 2022.

Melalui penandatanganan ini, Basuki menjelaskan bahwa infrastruktur dasar IKN diharapkan akan dapat selesai sesuai target pada tahun 2024 mendatang.

Basuki mengingatkan, dalam membangun IKN ini, para PPK dan Penyedia Jasa harus bekerja profesional, cepat, keras, produktif, dan aktif menemukan solusi atas permasalahan, serta menjamin infrastruktur berfungsi baik.

“Pastikan jaminan mutu pekerjaan konstruksi. Perhatikan estetika dan kelestarian lingkungan,” ujar Basuki.

“Hindari terjadinya kekumuhan baru di lokasi IKN. Tertib penyelenggaraan keselamatan konstruksi dan hindari perilaku koruptif,” ujarnya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sebelumnya Basuki pernah mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan mulai dibangun pada Agustus 2022 mendatang.

Hal tersebut diutarakannya saat menerima kunjungan delegasi Korea Selatan, yakni Assistant Minister for Road, Ministry of Land, Infrastructure and Transport, Korea Selatan, Lee Yoon-Sang, di Jakarta.

“Selain Structural Health Monitoring System (SHMS) dan Intelligent Transport System (ITS), sebagai kerja sama hibah antara Indonesia-Korea Selatan, akan diprioritaskan juga feasibility study dan basic design untuk jalan akses IKN. Karena kami akan memulai pembangunan infrastruktur dasar IKN pada Agustus 2022 mendatang,” kata Basuki, Selasa 21 Juni 2022. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru