Rabu, 28 Februari 2024

GEGER NIH…! Hasil Survei Indekstat Ungkap Sandiaga Uno Lewati Elektabilitas Anies

JAKARTA- Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo unggul sebagai calon presiden dari sejumlah kandidat calon presiden. Sedangkan, elektabilitas Menteri Pariwisata Sandiaga Uno menjadi pemuncak untuk calon wakil presiden, baik jawaban tertutup maupun jawaban spontan.

Temuan survei itu disampaikan Deputi Direktur Eksekutif “Indekstat” Rikola Fedri di Jakarta, Minggu (6/11/2022).

Lembaga survei Indekstat Indonesia melakukan survei opini publik dengan tema “Kondisi Sosial Politik dan Kepemimpinan Nasional : 1 Tahun menjelang Kampanye Resmi Pemilu 2024”.

Survei diselenggarakan pada 10 – 19 Oktober 2022. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error ± 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Lengkap: Rilis Survei Nasional – Indekstat

Wawancara dilakukan secara tatap muka langsung dengan pewawancara yang telah dilatih.

Dalam pertanyaan spontan jika pemilihan Wakil Presiden dilakukan hari ini, maka elektabiltas top of mind, sebagai Wakil Presiden ada pada Sandiaga Uno 10,1 persen, Anies Baswedan 9,6 persen dan Ridwan Kamil 9,5 persen.

Sedangkan, mengenai pertanyaan jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilaksanakan hari ini, dari 14 nama calon berikut siapakah calon yang akan I/B/S pilih sebagai Wakil Presiden?

Nama Sandiaga Uno muncul dengan angka tertinggi 14,3 persen, disusul Ridwan Kamil 13,7 persen dan diikuti Anies Baswedan di urutan ketiga dengan 12,7 persen.

Dalam peta elektoral 10 tokoh potensial, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan persentase 28,1persen.

Selanjutnya ada nama Prabowo Subianto di posisi kedua dengan perolehan elektabilitas 22,1 persen dan disusul oleh Anies Baswedan di posisi ketiga dengan elektabilitas sebesar 17,3 persen.

“Peta konstelasi elektoral Calon Presiden hari ini menunjukkan bahwa jika pemilihan umum (pemilu) diadakan sekarang, tidak ada perubahan yang cukup massif terjadi terkait elektabilitas tokoh – tokoh yang ada. Ganjar, Prabowo dan Anies masih menjadi 3 kandidat terkuat dengan elektabilitas tertinggi saat ini” kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri.

Sementara itu, di bawah Ganjar, Prabowo dan Anies, ada nama Ridwan Kamil yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami peningkatan elektabilitas menjadi 8,7 persen.

Selanjutnya ada nama Sandiaga Uno 4,8persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,9 persen, Puan Maharani 2,6 persen, Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) 1,6 persen, Erick Thohir 1,1 persen dan Airlangga Hartarto 0,3 persen. Sedangkan Pemilih yang belum menentukan pilihan sekitar 10,5 persen.

“Temuan menarik dalam survei kami adalah, sejak setahun lalu di Oktober 2021, sebanyak 80 persen pemilih di Indonesia sudah menentukan pilihan Calon Presidennya dan semakin mengerucut hingga hari ini ke tiga calon,” kata Rikola.

Kinerja Presiden Memuaskan

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sementara mengenai kinerja Presiden Joko Widodo, juga diperoleh temuan dimana, sebagian besar repsonden menyatakan kepuasan terhadap kinerja Presiden.

“Hari ini, sebanyak 67,9 persen masyarakat mengaku puas terhadap kinerja Presiden Jokowi sedangkan 29,7 persen mengaku tidak puas terhadap kinerja presiden Jokowi dan sebanyak 2,5 persen tidak tahu/tidak jawab,” kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri.

Terkait dengan sektor, Infrastruktur dan beberapa pelayanan publik seperti Pendidikan dan Kesehatan dinilai sudah cukup baik oleh masyarakat. Namun untuk sektor Ekonomi, masyarakat cenderung menilai kinerja pemerintah untuk menangani masalah tersebut masih kurang baik.

Sektor Ekonomi masih menjadi isu prioritas untuk segera ditangani dengan segera karena masyarakat menilai isu ini masih belum tertangani dengan baik. Beberapa isu yang muncul sebelumya seperti kenaikan harga bahan pokok (sembako), kenaikan harga BBM, Gas LPG dan kesulitan lapangan pekerjaan menjadi perhatian masyarakat atas buruknya kinerja pemerintah dalam menangani sektor ekonomi.

Tingkat Kepuasaan terhadap presiden Jokowi terbilang rendah di Sumatera sebesar 58,3 persen, Kalimantan sebesar 62,9 persen, DKI Banten sebesar 58 persen dan Jawa Barat sebesar 60 persen. Sedangkan Tingkat Kepuasaan terhadap kinerja Presiden Jokowi tertinggi di Jawa Tengah sebesar 82,9 persen.

Sementara itu, dalam hasil Survei yang dilakukan Indekstat juga mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin secara personal, sebanyak 45,3 persen mengaku puas/sangat puas dan sebanyak 48,2 persen mengaku tidak puas/kurang puas.(Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru