Jumat, 23 Februari 2024

GUBERNURNYA MANA NIH..? Jokowi Apresiasi Menteri Basuki Bikin Jalan Solo-Purwodadi Mulus dan Tahan Lama

JAKARTA- Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau perbaikan jalan Solo-Purwodadi, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).

Di hadapan warga, Jokowi mengapresiasi kinerja Basuki yang berhasil membuat jalan Solo-Purwodadi mulus.

“Terima kasih, Pak Basuki,” ujarnya sambil tersenyum. Mendengar ucapan itu, Basuki berdiri dari kursi. Ia kemudian menoleh sambil tersenyum ke arah Jokowi.

Setelahnya, Basuki membungkukkan badan ke arah tamu undangan sambil melepas topi. Dia lantas duduk kembali.

Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan bahwa dirinya bersama Basuki sempat mengecek perbaikan jalan Solo-Purwodadi pada pukul 07.30 WIB. Jokowi sempat bercerita, dirinya menjadi saksi rusaknya jalan Solo-Purwodadi yang telah berlangsung selama bertahun-tahun.

“Saya tahu karena hampir setiap minggu sekali, dua kali, tiga kali, kalau mau ke Randublatung ke Blora, pasti lewat,” ucapnya.

Kepala Negara menyebut, jalan tersebut sempat diperbaiki dengan cara diaspal. Namun, satu hingga dua tahun kemudian rusak lagi karena dipengaruhi kondisi tanah.

“Nah, yang sekarang ini, saya perintahkan tahun kemarin, ‘Pak (Basuki), ini tidak boleh aspal lagi. Ini harus dibeton’. Pakai rangka beton. Setebal 25 sentimeter. Pakai rigid beton,” ungkap Jokowi.

Jokowi yang telah menjajal jalan itu menyebutkan, kondisi jalan Solo-Purwodadi kini mulus.

“Mugi-mugi mboten risak melih (Semoga tidak rusak lagi). Udah dibeton setebel gini masa mau rusak lagi?” tuturnya.

Presiden menuturkan, perbaikan jalan Solo-Purwodadi memakan biaya besar.

“Memang biayanya mahal, tapi awet bertahun-tahun,” jelasnya. Dia berharap, jalan yang sudah diperbaiki ini semoga bisa melancarkan aktivitas masyarakat.

Jalan Solo-Purwodadi dibangun dengan standar jalan provinsi berlebar 8,2 meter. Terdapat tiga segmen dalam ruas jalan ini.

Segmen pertama, segmen ruas jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi 2A, memiliki panjang 4,33 kilometer, perbaikan menelan biaya Rp 30,9 miliar.

Segmen kedua, ruas jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi sepanjang 8,18 kilometer dengan biaya Rp 97,47 miliar. Lalu, ruas jalan Surakarta-Gemolong-Purwodadi 2B sepanjang 2,49 kilometer dengan biaya Rp 32,77 miliar.

Total jalan Solo-Purwodadi yang diperbaiki sepanjang 15 kilometer. Total biaya perbaikan sebesar Rp 161,1 miliar diambil dari program Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah 2023.

Inpres Jalan Daerah (IJD) di seluruh Tanah Air dialokasikan sebesar Rp 14,6 triliun pada 2023. Adapun sebanyak Rp 1,3 triliun dari total anggaran tersebut dipakai untuk memperbaiki sekitar 40 ruas jalan di Jawa Tengah.

Lewat Sini, Enggak Pernah Beres

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan, semasa kecil, dirinya kerap melewati jalan tersebut.

“Memang khusus untuk jalan ini, ini memang saya dari kecil, tiap hari saya lewat jalan ini, enggak pernah beres,” ujarnya.

Dengan adanya perbaikan ini, yang mana menggunakan teknik pengecoran tebal, Jokowi berharap usia ketahanan jalan bisa lebih panjang.

“Kalau konstruksinya seperti ini, memang dua kali lebih mahal, tapi saya kira untuk pemakaian, mungkin bisa lebih dari 10 tahun akan baik. Karena kalau pakai aspal, hampir mungkin enggak ada dua tahun rusak lagi, hampir dua tahun nggak beres lagi,” ucapnya. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru