Sabtu, 4 Februari 2023

Integrasi Euroasia Membangun Dunia Baru *

Oleh: Vladimir Putin **

PADA tanggal 1 Januari 2023, Rusia mengambil alih kepemimpinan Dewan Tertinggi Eurasian Economic Union (EAEU) yang merupakan Dewan Antarpemerintah Eurasia dan Komisi Ekonomi Eurasia.

Sejak lembaga itu berdiri pada 2015, Eurasian Economic Union telah berkembang dengan mantap, dengan jelas menunjukkan efektivitas dan relevansinya. Secara absolut, perdagangan antara negara-negara anggota telah meningkat sebesar 60 persen yang selama periode ini telah mencapai ketinggian bersejarah sebesar $ 73,1 miliar pada 2021, sementara perdagangan luar negeri meningkat 46 persen menjadi $ 846,3 miliar. Setiap tahun, pembagian nilai tambah yang tinggi dari non-komoditas dalam perdagangan domestik negara anggota terus meningkat. Per kapita Pertumbuhan PDB adalah 28,7 persen, dan pembagian pembayaran dalam mata uang nasional mendekati 75 persen.

Integrasi secepatnya harus kita lakukan sebagai respons yang layak untuk menjawab sejumlah masalah global yang diperburuk oleh pandemi dan sanksi ilegal yang berdampak buruk pada beberapa negara, seperti kemiskinan, perubahan iklim dan kekurangan sumber daya, termasuk yang paling penting adalah masalah makanan, air dan energi. Jelas bahwa perserikatan ini memiliki kesempatan untuk menjadi satu kutub yang kuat, independen, mandiri dalam multipolar yang muncul di dunia. Menjadi pusat daya tarik bagi semua negara merdeka yang bisa berbagi pengalaman dan berusaha untuk bekerja sama dengan EAEU.

Tentu saja, kita akan melakukan yang terbaik untuk mempromosikan pendalaman integrasi lebih lanjut di semua bidang: dalam politik, ekonomi, industri, keuangan dan teknologi. Dalam hubungan ini, kita percaya akan lebih baik untuk menyusun bersama kemajuan dalam implementasi Arah Strategis saat ini untuk mengembangkan Integrasi Ekonomi Euroasia 2025. Kita harus mulai menyusun dokumen perencanaan jangka panjang pada tahun baru ini untuk menentukan vektor utama kerjasama yang terintegrasi dalam periode hingga 2030 dan 2045.

Jelas, mengembangkan potensi teknologi negara-negara anggota EAEU untuk mencapai kemandirian sejati harus menjadi salah satu prioritas strategis terpenting dari kerja bersama kita. Kami mengajukan pengembangan dan memperkenalkan solusi ilmiah dan teknologi canggih di sektor ekonomi terkemuka seperti industri otomotif dan kimia, teknik transportasi, mikroelektronika, industri ruang angkasa, pembuatan kapal, farmasi, ekosistem digital, alternatif energi, pembuatan peralatan pertanian, bioengineering dan produksi benih.

Agenda kita juga menetapkan interaksi yang lebih aktif di bidang transformasi digital. Secara khusus, ada rencana untuk meluncurkan Integrated Sistem Informasi EAEU dan sistem nasional untuk memantau penjualan dan pembelian produk. Ini akan memungkinkan untuk mengekspos barang berbahaya dan di bawah standar dan untuk menghapusnya dari pasar EAEU. Penting untuk mengkoordinasikan pengenalan jaringan pemrosesan dokumen online yang mengikat secara hukum dan tehnologi pada anggota EAEU untuk saling mendukung dokumen-dokumen ini. Adalah penting bahwa teknologi dan solusi digital dalam bidang ekonomi diperkenalkan di semua negara EAEU sejalan dengan prinsip-prinsip umum. Kemudian meresmikan dokumen Dewan Antarpemerintah Eurasia.

Negara kita memiliki basis agroindustri yang sangat kuat yang tidak hanya menjamin swasembada dalam makanan pokok tetapi memungkinkan untuk mengekspor sejumlah besar produk makanan. Dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan, kami menyarankan bersama-sama menyusun berbagai langkah yang akan mengembangkan sektor pertanian menjadi lebih baik.

Saya mencatat bahwa EAEU secara tradisional memegang kepemimpinan posisi di sektor energi. Kita tentu harus terus menciptakan kesamaan pasar energi sejalan dengan konsep sistemik dan dipikirkan dengan matang. Penggunaan teknologi tenaga nuklir sipil paling canggih akan memungkinkan untuk mengatasi masalah transisi energi dengan percaya diri.

Pengurangan risiko ekonomi yang konsisten diciptakan oleh penggunaan mata uang asing dan sistem pembayaran untuk perdagangan bersama dipandang sebagai tugas yang mendesak. Kami percaya itu menghubungkan mitra dengan sistem pesan keuangan Bank Rusia dan mengembangkan kerja sama antar-sistem dalam sistem pembayaran nasional adalah kondisi yang sangat diperlukan untuk penyelesaian yang stabil di dalam negara anggota. Harmonisasi pasar keuangan harus menciptakan kondisi yang menguntungkan bagi negara-negara anggota’ menjadi modal untuk tetap berada dalam serikat dan untuk diinvestasikan dalam ekonomi nasional. Kami juga menganggap perlu untuk memeriksa kemungkinan pembuatan lembaga pemeringkat Eurasia yang akan menyediakan alat evaluasi untuk melayani kegiatan ekonomi yang berkembang di wilayah makro kami.

Lebih lanjut pendalaman interaksi terintegrasi juga akan sangat tergantung pada penyelarasan kondisi kompetitif untuk perusahaan dari negara-negara anggota, termasuk melalui konvergensi peraturan pajak, pengenalan metode lanjutan administrasi pajak dan penyatuan prosedur kepabeanan menggunakan sistim manajemen risiko di perbatasan terluar kita.

Dan, tentu saja, kita harus terus bekerja pada pembentukan infrastruktur transportasi dan logistik baru yang sepenuhnya akan memenuhi realitas ekonomi saat ini. Yang paling penting saat ini adalah pengembangan yang mulus dan aman koridor transportasi internasional yang menghubungkan negara-negara anggota EAEU.

Salah satu aspek kunci dari kerja sama integrasi adalah pelatihan personel yang berkualifikasi dan penciptaan lapangan kerja baru. Pasar tenaga kerja Eurasia harus memenuhi tantangan ambisius dalam mengembangkan industri teknologi tinggi dan memperkenalkan digital teknologi menjadi produksi. Dalam hal ini, penting untuk mengupayakan harmonisasi program sains dan teknologi nasional, pengembangan standar pendidikan dan profesional bersama, dan peluncuran pelatihan bersama program dan buku teks umum dalam mata pelajaran teknis dan humaniora. Praktik magang antar universitas dan pertukaran akademik juga harus dikembangkan. Dan secara umum, masalah humaniora – pendidikan, budaya dan olahraga – seharusnya tidak tetap berada di pinggiran. Tentu saja bersamaan dengan itu, kita harus lebih aktif dalam mempopulerkan pencapaian Eurasian Economic Union dan peluangnya untuk semua warga negara kita.

Saya mau untuk secara khusus menekankan pentingnya membangun kerja sama setara dan saling menguntungkan antara serikat pekerja, mitra eksternal dan asosiasi-asosiasi internasional. Kita dapat melihat efek positif yang jelas dari perdagangan bebas yang ada perjanjian dengan pihak ketiga. Kami bermaksud memberikan semua bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan pada perjanjian serupa dengan Mesir, Iran dan India, dan untuk mengaktifkan jalur negosiasi
yang baru, termasuk dengan Indonesia dan Uni Emirat Arab. Memperluas geografi tautan internasional dan kontak EAEU dengan negara-negara di Wilayah Asia-Pasifik, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin untuk membantu meningkatkan ekspor produk-produk kita dan membangun rantai logistik baru. Persatuan kita dapat memainkan peran sebagai salah satu pusat utama kemitraan di Eurasia Besar.

Untuk berhasil dalam proyek-proyek skala besar ini, kita perlu meningkatkan lembaga-lembaga pan-nasional yang kita buat, terutama Komisi Ekonomi Eurasia. Dengan mengingat hal ini, kami melihat perlunya memperluas kompetensi komisi dan mempertimbangkan proposal untuk mendelegasikan lebih banyak kekuatan untuk EEC. Pada saat yang sama, semua keputusan kunci harus didasarkan pada konsensus, seperti sebelumnya. Prinsip ini tetap merupakan nilai inti, pencapaian bersama kita, dan keunggulan kompetitif.

Lebih dari seribu tahun, rakyat kita telah hidup bersama, menjelajahi ruang geografis mereka secara kolektif. Pemahaman kita bersama tentang takdir sejarah, hubungan ekonomi yang telah berusia berabad-abad, pelestarian dan penguatan budaya masyarakat kita dan kesetaran sosial adalah kunci keberhasilan dalam semua upaya kita.

Kami mengandalkan kerja sama erat dan dukungan dari negara-negara anggota EAEU dalam implementasi prioritas kepresidenan Rusia pada tahun 2023. Kami yakin, bersama-sama kita dapat mencapai hasil substansial dalam mengembangkan integrasi berbasiskan kerja sama untuk kepentingan kita bersama.

* Artikel ini adalahPidato Presiden Rusia Vladimir Putin dihadapan para kepala negara anggota Uni Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Union), Senin, 23 Januari 2023,– diterjemahkan oleh Kedutaan Rusia di Indonesia dan dimuat Bergelora.com

** Presiden Rusia, Vladimir Putin

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,539PengikutMengikuti
1,070PelangganBerlangganan

Terbaru