test
Minggu, 26 Mei 2024

Keren Coy! HUT TNI Ke-71, PRD Dukung TNI Bekerja Bersama Rakyat

JAKARTA- Partai Rakyat Demokratik (PRD) mendukung upaya Panglima TNI Gatot Nurmantyo untuk terus mendorong prajurit TNI bekerja membantu rakyat. Partai kiri yang berazaskan Pancasila-Soekarnoisme ini juga memuji ketajaman Panglima TNI menyoroti kelemahan Badan Intelejen Negara (BIN) dalam mengantisipasi ancaman yang berpotensi merusak Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal ini ditegaskan oleh Ketua Umum PRD, Agus Jabo Priyono kepada Bergelora.com di Jakarta, Kamis (6/10) dalam memperingati HUT TNI ke 71, 5 Oktober 2016.

Menurutnya saat ini Panglima TNI yang dimemiliki bangsa selalu berupaya mengejawantahkan persatuan antara prajurit dan rakyat secara kongkrit seperti yang diinginkan oleh Panglima Besar Sudirman.

“Banyak yang nyinyir terhadap strategi Jenderal Gatot, karena mereka belum paham arti tentara rakyat.  Dalam situasi damai, justru TNI harus bekerja bersama rakyat, membantu menyelesaikan semua persoalan yang tidak bisa diselesaikan oleh rakyat.

Agus Jabo Priyono memuji keterlibatan TNI dalam sektor pertanian dengan terlibat langsung di sawah dan ladang pertanian dan perkebunan dalam rangka bekekerja bersama rakyat menghadapi krisis pangan.

“Dengan demikian prajurit TNI akan tinggal, hidup dan bekerja bersama rakyat tani di desa-desa sehingga tahu persis persoalan kaum tani yang dirampas tanahnya. Prajurit akan membantu rakyat untuk mencari jalan keluar ketiadaan modal, bibit dan pupuk dan kesulitan menghadapi tengkulak dan mafia gula, beras dan lainnya,” jelasnya.

Ia juga mendukung TNI terlibat dalam pembangunan infrastruktur di berbagai daerah untuk menutupi kekurangan tenaga sipil dan mempercepat pembangun nasional.

“Dengan keterlibatan prajurit maka semua proyek pembangunan infrastruktur akan lebih cepat selesai dan lebih efisien. Sehingga jalan, pelabuhan dan airport dan lainnya segera dapat digunakan oleh masyarakat untuk pertumbuhan ekonomi memajukan daerahnya dan pembangunan nasional,” jelasnya.

Bukan hanya itu, PRD menurutnya juga mendukung TNI yang mulai aktif membangun bersama rakyat di daerah-daerah perbatasan dan daerah terpencil yang selama ini belum dicapai oleh pembangunan pemerintah.

“Dengan kepeloporan TNI membangun daerah perbatasan dan daerah terpencil maka, TNI terlibat melakukan pemerataan pembangunan yang selama ini tidak serius dilakukan oleh pemerintahan sipil. Prajurit TNI lah akhirnya yang membuka isolasi dan ketertinggalan, sehingga ekonomi bisa segera tumbuh,” ujarnya.

Keterlibatan TNI selama ini mengajar di sekolah-sekolah dan melakukan pelayanan kesehatan gratis di desa-desa juga menurut Agus Jabo sangat penting untuk menutupi kekurangan guru dan tenaga kesehatan di desa-desa terpencil.

“Di daerah terpencil dan terisolir, semua anak usia sekolah bisa kembali belajar tenang. Rakyat desa tidak kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Bahkan prajurit TNI bisa ikut membantu advokasi pasien BPJS untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari BPJS di rumah-rumah sakit,” jelasnya.

Dengan demikian menurut Agus Jabo, kehadiran TNI benar-benar dirasakan manfaatnya oleh rakyat, sambil TNI bersama rakyat menjaga rakyat dari paparan bibit terorisme dan kriminalitas lainnya di desa-desa.

“Strategi dan Taktik Panglima TNI ini semua menjadi sistim pertahanan rakyat semesta bersama TNI. Jadi jangan halangi TNI bersatu dengan rakyat. Ini saatnya TNI belajar dari rakyat,” tegasnya.

Agus Jabo juga mengingatkan Panglima TNI agar menindak keras pada semua prajurit yang terlibat langsung atau tak langsung dalam jaringan narkoba termasuk terlibat dalam pelanggaran-pelanggaran hukum dan hak azasi manusia yang menyakiti hati rakyat.

“Jenderal Gatot telah menemukan dan membangun kembali substansi tentara rakyat yang menjadi fondasi TNI semenjak lahirnya dimasa revolusi 1945. Sehingga kelak kekuatan pertahanan nasional bukan hanya pada prajurit tetapi seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya. (Web Warouw)

 

 

 

 

 

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru