Selasa, 17 Mei 2022

KORBAN PERBUDAKAN MODERN…! Para Calon TKI Dibuang ke Pulau Tak Berpenghuni: Kami Manusia Bukan Binatang

JAKARTA – Tak sedikit masyarakat Indonesia yang ingin mengadu nasib dengan merantau ke luar negeri. Salah satu sebabnya adalah sulitnya pekerjaan di tanah air dan iming-iming gaji yang lebih besar atau fasilitas yang memadai di luar negeri.

Namun, agen ilegal penyalur tenaga migran alias TKI menjadi hal yang harus dijauhi oleh para calon TKI. Sebab, agen ilegal tentu akan merugikan si calon TKI.

Video viral TKI  dibuang di Pulau kosong:

Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial. Sekelompok orang yang dijanjikan bisa menjadi Tenaga Kerja Indonesia atau TKI di Malaysia, justru menjadi korban penipuan agen ilegal.

Parahnya mereka dibuang oleh agen ilegal di sebuah pulau tak berpenghuni. Setelah ditelusuri rupanya mereka ditinggalkan begitu saja di Pulau Sei Berombang, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara. Mereka dibuang di sebuah hutan bakau tak berpenghuni.

Jarak tempuh dari pulau itu ke wilayah penduduk harus mengendarai kapal selama sekira satu jam perjalanan. Simak video dan ulasan selengkapnya berikut ini, seperti dihimpun dari akun Instagram @majeliskopi08, Kamis (12/5).

Instagram @majeliskopi08 ©2022 Merdeka.com

Para calon TKI itu diketahui dibuang oleh agen ilegal di Pulau Geronggang, Rantau Prapat, Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Para calon TKI yang pupus harapannya untuk bekerja di Malaysia itu hanya bisa tertunduk lemah. Seorang wanita salah satu dari mereka merekam peristiwa yang mereka alami dan berusaha memviralkan.

“Tengok ya. Tengok kami, kami dibuang di tempat ini. Entah apa nama tempat ini kami pun enggak tahu. Oh di Pulau Geronggang, Rantau Prapat. Tengok orang-orang ini semua. Kami ini bukan binatang, kami ini manusia,” kata seorang wanita yang merekam keadaan para rekan sesama migran di sekitar.

Dia mengatakan, dirinya dan sejumlah calon TKI lainnya yang dibuang di pulau itu hanya sebagian dari para calon TKI yang dijanjikan bekerja di Malaysia. Menurutnya masih ada para calon TKI lain yang dibuang di tempat lain dan belum diketahui nasibnya.

“Tengok seberapa bejat itu tekong itu. Kami ini baru sebagian, yang banyak belum di sini, entah di mana-mana,” katanya.

Mereka dibuang di pulau itu saat tengah malam. Mereka lantas tahu nama lokasi, usai seorang nelayan menghampiri yang berniat untuk mengambil kayu bakau di pulau tersebut.

“Ini pulau Bakau. Kami sampai sini pukul 1 malam dan kami baru sampai di tepi pantai. Kami jumpa sama nelayan yang mengambil kayu bakau. Di situlah kami tanya. Bapak itu mengatakan kalau ini masih di Indonesia, masih di Sumatra,” katanya.

Tak ayal video tersebut sontak mencuri perhatian publik. Banyak warganet menduga mereka telah menjadi korban penyalur tenaga kerja ilegal. Sebagian yang lain ramai menyinggung kondisi pekerjaan di Indonesia.

Baru Sebagian Orang yang Ditemukan
“Ini pulau Bakau. Kami sampai sini pukul 1 malam dan kami baru sampai di tepi pantai. Kami jumpa sama nelayan yang mengambil kayu bakau. Di situlah kami tanya. Bapak itu mengatakan kalau ini masih di Indonesia, masih di Sumatra,” katanya.

Tak ayal video tersebut sontak mencuri perhatian publik. Banyak warganet menduga mereka telah menjadi korban penyalur tenaga kerja ilegal. Sebagian yang lain ramai menyinggung kondisi pekerjaan di Indonesia. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,182PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terbaru