Sabtu, 4 Februari 2023

MANTAP NIH..! Presiden Putin Ajak Negara Euroasia Untuk Perluas Kerjasama Ke Indonesia

JAKARTA- Presiden Rusia, Vladimir Putin mengajak negara-negara yang tergabung dalam Eurasian Economic Union (EAEU) untuk melakukan negosiasi-negosiasi baru dengan berbagai negara termasuk dengan Indonesia dan Emirat Arab.

“Kami bermaksud memberikan semua bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan pada perjanjian serupa dengan Mesir, Iran dan India, dan untuk mengaktifkan jalur negosiasi
yang baru, termasuk dengan Indonesia dan Uni Emirat Arab,” ujarnya dalam pidatonya, Senin (23/1) di hadapan kepala-kepala negara yang tergabung dalam Eurasian Economic Union (EAEU).

Ia juga mendorong perluasan kerjasama internasional EAEU dengan negara-negara di Wilayah Asia-Pasifik, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin untuk membantu meningkatkan ekspor dan membangun rantai logistik baru.

“Persatuan kita dapat memainkan peran sebagai salah satu pusat utama kemitraan di Eurasia Besar,” tegasnya.

Putin menegaskan bahwa integrasi secepatnya harus dilakukan sebagai respons yang layak untuk menjawab sejumlah masalah global yang diperburuk oleh pandemi dan sanksi ilegal yang berdampak buruk pada beberapa negara.

“Seperti kemiskinan, perubahan iklim dan kekurangan sumber daya, termasuk yang paling penting adalah masalah makanan, air dan energi. Jelas bahwa perserikatan ini memiliki kesempatan untuk menjadi satu kutub yang kuat, independen, mandiri dalam multipolar yang muncul di dunia. Menjadi pusat daya tarik bagi semua negara merdeka yang bisa berbagi pengalaman dan berusaha untuk bekerja sama dengan EAEU,” ujarnya.

“Tentu saja, kita akan melakukan yang terbaik untuk mempromosikan pendalaman integrasi lebih lanjut di semua bidang: dalam politik, ekonomi, industri, keuangan dan teknologi. Dalam hubungan ini, kita percaya akan lebih baik untuk menyusun bersama kemajuan dalam implementasi Arah Strategis saat ini untuk mengembangkan Integrasi Ekonomi Euroasia 2025,” ujarnya.

“Kita harus mulai menyusun dokumen perencanaan jangka panjang pada tahun baru ini untuk menentukan vektor utama kerjasama yang terintegrasi dalam periode hingga 2030 dan 2045,” tegasnya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan pada tanggal 1 Januari 2023, Rusia mengambil alih kepemimpinan Dewan Tertinggi Eurasian Economic Union (EAEU) yang merupakan Dewan Antarpemerintah Eurasia dan Komisi Ekonomi Eurasia.

Sejak lembaga itu berdiri pada 2015, Eurasian Economic Union telah berkembang dengan mantap, dengan jelas menunjukkan efektivitas dan relevansinya. Secara absolut, perdagangan antara negara-negara anggota telah meningkat sebesar 60 persen yang selama periode ini telah mencapai ketinggian bersejarah sebesar $ 73,1 miliar pada 2021, sementara perdagangan luar negeri meningkat 46 persen menjadi $ 846,3 miliar. Setiap tahun, pembagian nilai tambah yang tinggi dari non-komoditas dalam perdagangan domestik negara anggota terus meningkat. Per kapita Pertumbuhan PDB adalah 28,7 persen, dan pembagian pembayaran dalam mata uang nasional mendekati 75 persen. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,539PengikutMengikuti
1,070PelangganBerlangganan

Terbaru