Sabtu, 24 Februari 2024

Mantap ! Rio Ukir Sejarah, Menpora Titipkan Bendera Merah Putih

JAKARTA- Mimpi pembalap Indonesia Rio Haryanto untuk tampil di ajang balapan Formula 1 (F1) akhirnya tercapai, bersama tim Manor. Ini menjadi sejarah bagi Rio, juga bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya wakil Merah Putih akan berlaga di ajang balap paling bergengsi tersebut.

Kepastian Rio berlaga di F1 disampaikan pada acara press conference yang diliputi suasana haru di Gedung Pertamina, Jakarta Pusat, Kamis (18/2) sore. Pada acara tersebut, Menpora Imam Nahrawi menMantap ! Rio Ukir Sejarah, Menpora Titipkan Bendera Merah Putihyerahkan bendera Merah Putih secara langsung kepada pembalap asal Solo itu.

“Saya tidak bisa berkata-kata, kecuali alhamdulillah. Akhirnya atas kerja keras, doa, tahajud, ayat kursi, dan dukungan Pertamina, Rio menjadi orang Indonesia pertama, bahkan wakil Asia yang tampil di Formula 1. Rio membuktikan bahwa anak Indonesia mampu berdiri sejajar dengan bangsa lain. Jangan biarkan Rio berjalan sendiri. Kita harus dukung bersama-sama,” tutur Menpora.

Rio adalah satu-satunya wakil Asia yang akan tampil di ajang F1 musim ini. “Rio sudah resmi menjadi driver Manor di Formula 1. Selamat dan sukses buat Rio,” kata Wakil Presiden Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

“Saya tidak menyangka press conference ini begitu mengharukan. Sinergi yang sudah dilakukan Pertamina dan Rio mampu mengangkat citra bangsa Indonesia. Dukungan yang diberikan Menpora juga luar biasa,” ujar perwakilan dari Kementerian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah.

Melalui Skype yang ditampilkan di layar besar, Dave Ryan dari Manor bergembira Rio mendapat dukungan dari Pertamina dan pemerintah Indonesia sepenuhnya. Pesan twitter Manor Racing juga menegaskan kegembiraan ini. “Kabar baik. Rio akan balapan setahun penuh dengan Manor,” tulis twitter Manor.

“Saya terimakasih atas dukungan luar biasa. Tanpa adanya dukungan semua pihak, pemerintah, Pertamina, media, dan masyarakat Indonesia, dukungan kalian semua membuat saya bisa tampil. Saya juga ingin menuai prestasi. Itu tujuan dan target saya. Saya mohon doa dan dukungan semua pihak,” kata Rio.

Total pembayaran yang sudah diberikan Pertamina untuk Rio adalah 5 Juta Euro. Karir Rio (23 tahun) diawali dari balapan Go Kart di usia 6 tahun. Kemudian Formula BMW, GP3, GP2, dan Formula 1 yang akan datang. Di ajang Formula 1, Rio akan berpartner dengan pembalap Jerman Pascal Wehrlein yang telah lebih dulu bergabung dengan Manor. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru