Selasa, 17 Mei 2022

PANTESAAAN…! Polri Sebut Jamaah Islamiyah Cari Dana Bermodus Sosial-Pendidikan

JAKARTA- Polri mengungkapkan yayasan Lembaga Amil Zakat Abdurrohman bin Auf (LAZ ABA) yang terafiliasi dengan Jamaah Islamiyah (JI) menggalang dana bertopeng kegiatan sosial dan pendidikan.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan itu dilakukan secara sistematis.

“Dengan kamuflase kegiatan-kegiatan dari Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf ini untuk kegiatan pendidikan untuk kegiatan sosial tetapi ada sebagian dari dana yang terkumpul sebagai dana untuk menggerakkan kelompok teroris JI tersebut,” kata Ramadhan kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (17/11).

Menurutnya, metode pendanaan tersebut dirancang oleh JI sehingga pendanaan dapat diterima dari pihak luar (eksternal) organisasi.

Selain itu, kata Rusdi, organisasi JI juga memiliki skema pendanaan dari internal dengan memanfaatkan infaq yang diberikan oleh anggota setiap bulannya.

“Besarannya sekitar 2,5 persen dari pendapatan anggota setiap bulannya,” jelas Rusdi.

Menurut dia, Densus 88 Polri telah melakukan upaya penegakan hukum sejak 2019 lalu untuk memutus sumber pendanaan jaringan tersebut.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, beberapa diantaranya merupakan pihak yang bekerja di yayasan LAZ ABA di Jakarta, Sumatera Utara, Lampung, ataupun Medan.

Upaya penegakan hukum akan terus dilakukan sehingga dapat dijadikan petunjuk bagi Densus untuk dapat menuntaskan pergerakan dari kelompok teroris tersebut.

Densus menyatakan dana tersebut nantinya akan digunakan untuk mengirim kader-kader JI ke sejumlah negara syam atau konflik untuk melakukan agenda yang diberi nama Jihad Global. Misalnya negara yang dituju seperti Suriah, Irak, dan Afghanistan.

Dalam pengembangan kasus yayasan tersebut, penyidik menangkap Ketua Partai Dakwah Rakyat Indonesia (PDRI) Farid Ahamd Okbah hingga anggota mantan Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ahmad Zain An-Najah. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,182PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terbaru