Minggu, 14 Juli 2024

PASTI GULUNG TIKAR..! Dr. Kurtubi Sebut PLTN Menakutkan Bagi Investor Batubara

JAKARTA- Dari segi kebijakan energi, pihak yang paling takut dengan kehadiran PLTN ditanah air adalah terutama para penambang atau investor batubara yang merangkap sebagai pemilik dari PLTU Batubara dan sekaligus sebagai pejabat pemerintah.
Hal ini disampaikan oleh Dr. Kurtubi pakar energi kepada Bergelora.com di Jakarta, Rabu (31/5) menjawab mengapa hingga saat ini pemerintah tidak serius membangun PLTN seperti yang dicita-citakan Presiden pertama dan Proklamator, Ir. Soekarno.

“Energi Nuklir ditakuti di tanah air bukan karena kemampuannya sebagai senjata pemusnah massal. Tapi lebih karena energi nuklir bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan listrik dalam wujud Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) yang bisa menggantikan posisi PLTU Batubara secara tepat dan rational sebagai komponen utama dalam
struktur Base Load Sistem Kelistrikan Nasional,” jelasnya

Menurutnya, baik dilihat dari sisi biaya produksi listrik dari PLTN yang lebih murah, terutama PLTN Generasi ke 4. Kandungan emisi karbon dan pollutant dari PLTN paling minim bahkan mendekati zero.

“Capacity factor dari energi nuklir dalam PLTN paling tinggi mendekati 100% jauh diatas semua jenis energi terbarukan yang secara alamiah bersifat intermitten,” ujarnya.

Sehingga menurutnya secara pasti listrik dari PLTN akan bisa mempercepat pertumbuhan ekonomi menjadi tumbuh diatas 8% lewat kemampuannya mensupply listrik bersih non stiop dalam 24 jam.

“PLTN paling tepat dan rational dalam menopang proses Industrialisasi. Termasuk Program Pemerintah yang masih pada tahap awal, yaitu program hilirisasi di Industri terintegrasi hulu-hilir berbasis SDA yang akan nenjadi program unggulan menuju negara industri maju. Kita akan terbebas dari jebakan middle income trap,” jelasnya

Menurut Ketua Kaukus Nuklir Parlemen 2014 – 2019 ini, siapapun presiden RI ke 8 yang terpilih ditahun 2024 pasca Presiden Jokowi nanti, apakah yang terpilih Anies Baswedan, atau Ganjar Pranowo ataupun Prabowo Subianto, PLTN mutlak seharusnya segera dibangun di tanah air.

Satu lagi alasan yg sangat penting menurutnya, yaitu negeri besar yang sudah akan merdeka 73 tahun, sudah saatnya harus memanfaatkan potensi kekayaan Sumber Daya Energi Nuklir (Uranium dan Thorium) untuk mempercepat kemakmuran rakyat.

“Dengan potensi kekayaan SDA nuklir yang sangat besar, diperkirakan bisa mensupply kebutuhan PLTN di tanah air untuk masa lebih dari 500 tahun ke depan. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru