Selasa, 21 Mei 2024

PERIH BANGET NIH..! PDIP Mangkir Penetapan Kemenangan Prabowo-Gibran, PRIMA: Perlu Perbaiki Diri!

JAKARTA- Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD beserta partai pengusungnya PDIP, tak menghadiri agenda penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). 

Sebelumnya, setelah MK menolak gugatan yang dilayangkan oleh pasangan calon Ganjar Pranowo-Mahfud MD, PDIP melayangkan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terkait dugaan perbuatan melawan hukum oleh KPU karena telah meloloskan pencalonan Gibran dalam Pilpres 2024. 

Menanggapi hal itu, Partai Rakyat Adil Makmur (PRIMA) mendorong kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk lebih dewasa dalam berpolitik dan melakukan introspeksi diri daripada terus melakukan upaya gugatan atas kekalahannya dalam Pilpres 2024 kemarin. 

Sekretaris Jenderal PRIMA, Dominggus Oktavianus menyampaikan, calon presiden dan wakil presiden yang diusung PDIP juga sebaiknya memperbaiki diri untuk menghadapi pertarungan selanjutnya dalam Pemilu 2029. 

“Ketika calon presiden dan wakil presiden yang diusung sudah dinyatakan kalah melalui penetapan KPU dan gugatannya telah ditolak oleh MK, ya seharusnya memperbaiki diri agar kedepan bisa memenangkan kontestasi. Bukan dengan cara menggugat ke PTUN,” ujar dia di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (24/4) 

Dominggus menambahkan, PDIP sebagai partai nasionalis harusnya bersikap dewasa dan lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan partainya sendiri. 

“Sebagai partai berhaluan nasionalis, teman-teman PDIP harusnya lebih mementingkan kepentingan yang lebih besar, yakni bangsa dan negara,” tutupnya.

PDIP Tak Hadir

Kepada Bergelora.com dilaporkan sebelumnya, PDI-P tak mengirim satu pun perwakilan saat penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih hasil Pilpres 2024, Rabu (24/4/2024), oleh KPU RI. Sejak pagi hingga acara mulai pukul 10.50 WIB, tidak tampak kader partai berlogo banteng itu di kantor KPU RI.

Saat seremoni penyerahan Surat Keputusan KPU RI Nomor 504 Tahun 2024 tentang penetapan Prabowo-Gibran kepada partai pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD, hanya Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono yang naik ke atas panggung.

Capres-cawapres usungan PDI-P, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, juga tidak hadir. Sebelumnya, Ganjar mengaku tak menerima undangan KPU RI.

“Saya di Yogyakarta. Sampai sekarang belum dapat undangan (dari KPU),” kata Ganjar lewat pesan singkat kepada pers, Selasa (23/4/2024) malam.

Tak hanya Ganjar-Mahfud, berdasarkan pantauan, Ketua DPR RI Puan Maharani juga tidak hadir.

Putri Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri itu tak terlihat, sehingga perwakilan DPR RI yang naik ke atas panggung adalah Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Sementara itu, capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar datang bersamaan ke acara ini. Keduanya hadir menyusul Prabowo-Gibran yang telah lebih dulu tiba di kantor KPU RI sekitar pukul 09.46 WIB. Minus Partai Nasdem, partai-partai pengusung Anies-Muhaimin, yakni PKB dan PKS, terpantau mengirim perwakilan, yakni Wakil Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid serta Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakal Al Habsyi.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, penetapan Prabowo-Gibran ini meliputi perolehan suara di 38 provinsi dan 128 wilayah di luar negeri melalui Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024. Prabowo-Gibran dinyatakan menang atas dua pasangan calon lainnya dengan selisih cukup jauh, dengan perolehan 96.214.691 suara atau sekitar 58,59 persen dari 164.227.475 suara sah nasional Pilpres 2024. Sementara itu, pasangan capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mengantongi 40.971.906 suara atau sekitar 24,95 persen dari seluruh suara sah nasional.

Terakhir, capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengoleksi 27.040.878 suara atau sekitar 16,47 persen dari seluruh suara sah nasional. Dengan hasil ini, Prabowo-Gibran memenangi Pilpres 2024 satu putaran. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru