Sabtu, 1 Oktober 2022

PERNAH RASAIN BELOM..? Ini 10 Buah Unik Asal Indonesia Yang Langka dan Terancam Punah

JAKARTA- Negara Indonesia terletak di zamrud khatulistiwa, karena itu tidak heran kalau Indonesia sangat subur dan memiliki kekayaan alam yang banyak. Ternyata, tanah air kita ini juga punya berbagai macam buah unik Indonesia yang sekarang keberadaannya sangatlah langka.

Karena tiap daerah punya kondisi tanah dan iklim tertentu yang menjadikan ada beraneka ragam buah di Indonesia. Tidak heran kalau banyak wisatawan yang berkunjung pasti ingin mencoba buah-buahan tersebut. Apalagi ternyata buah unik Indonesia ini makin langka dan susah ditemukan, sehingga terancam punah.

Walau jenis buah-buahan sangatlah banyak di Indonesia, tapi untuk buah unik Indonesia ini rata-rata memang tumbuh di dalam hutan. Sehingga memang sangat susah didapat dan terkadang harganya sedikit mahal dibanding buah yang sering kita temui. Ingin tahu apa saja buah unik Indonesia yang sudah sangat langka sekarang?

Kepada Bergelora.com dilaporkan, berikut daftar 10 buah unik Indonesia yang perlu kita ketahui!

Buah Lobi-lobi. (Ist)

1. Lobi-lobi

Buah legendaris asli Indonesia ini mungkin sering kita dengar namanya. Buah Lobi-lobi biasanya tumbuh liar di area kebun atau rumput dan juga di dekat danau tropis di daerah Sumatera. Walau sebenarnya buah Lobi-lobi ini sangat mudah ditanam dan mudah tumbuh, api ternyata buah unik Indonesia Lobi-lobi ini sekarang sangat susah ditemukan,

Buah Lobi-lobi (Flacourtia inermisini) ini memiliki warna merah tua yang sangat cantik, tapi rasanya sedikit masam bahkan sepat. Karena mengandung sedikit air, buah Lobi-lobi ini sering dibuat untuk manisan, rujak, selai atau sirup juga bisa dengan ditambah gula.

Buah Lobi-lobi ini sangat banyak manfaatnya loh ternyata, karena kaya akan kandungan antioksidan seperti fenol dan flavonoid yang berguna untuk menangkal radikal bebas berbahaya.

Selain itu, buah Lobi-lobi juga mengandung vitamin mineral yang bagus untuk kesehatan kita. Bisa untuk membantu mengatasi diare, kencing darah, lemah ginjal hingga diabetes dan kanker.

Lihat warnanya yang cantik, sangat menggiurkan bukan?

Buah Gandaria. (Ist)

2. Buah Gandaria

Bila ke Jakarta, pasti kita akan mendengar daerah Gandaria. Mulai nama jalan sampai mall di Jakarta Selatan itu, semua pakai Gandaria. Nah, nama itu diambil dari pohon Gandaria (Bouea macrophylla griff) yang bentuknya seperti pohon mangga tapi sangat tinggi sampai 20 meter.

Buah unik Indonesia Gandaria yang sangat sulit ditemukan ini bentuknya bulat seperti bola dengan warna hijau kekuningan. Namun bijinya ternyata berbentuk lonjong di bagian tengah loh!

Biasanya buah Gandaria ini digunakan untuk rujak karena rasanya yang manis tapi asam. Bahkan kata orang rasa buah Gandaria itu perpaduan dari mangga dan jeruk jadi satu.

Manfaat dari buah gandaria ini banyak mula dari meningkatkan ketahanan tubuh dan membantu metabolisme protein dalam tubuh sehingga stimulus regenerasi sel-sel cepat membuat luka menjadi segera sembuh.

Buah Buni. (Ist)

3. Buah BuniĀ 

Buah Buni ini adalah buah unik Indonesia dengan nama Latin Antidesma bunius (L.) Spreng. Biasanya pohonnya sangat tinggi bisa sampai 30 meter, makanya tidak heran kalau kayunya sering digunakan untuk bahan bangunan. Nama lainnya di Sunda disebut buah Huni dan di Jawa biasanya dipanggil dengan buah Wuni.

Bentuk buahnya kecil-kecil bergerombol dan punya warna merah kehitaman mirip dengan cranberry atau anggur. Tekstur buah yang sangat berair ini cocok untuk buat rujak, anggur, teh atau selai.

Buah buni banyak juga manfaatnya loh! Mulai dari meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh, buah buni ini juga bisa untuk antioksidan juga. Karena ternyata banyak kandungan gizi dan fitonutriennya yang tinggi, seperti vitamin A, B1, C dan E juga mineral, zat besi, fosfor, dan kalium.

Bahkan diklaim masyarakat setempat kalau makan buah buni saat capek bisa mengembalikan kondisi tubuh jadi kembali berenergi. Wah, coba banyak ditemukan bisa bantu Parents yang kecapekan mengasuh anak!

Buah Kelubi. (Ist)

4. Buah Kelubi

Salah satu kekayaan alam tanah air kita adalah buah kelubi atau dikenal dengan asam paya atau salak hutan. Buah kelubi sering ditemukan di pulau Sumatera, tepatnya di daerah Bangka, Riau, Jambi dan Lampung. Tapi di Kalimantan Timur, buah kelubi ini juga ditemukan loh!

Dengan nama latin Eleiodoxa conferta, tampilan luar buah kelubi mirip salak. Tapi buah kelubi lebih kecil dengan diameter 3-5 cm dan buahnya berkelompok sekitar 300-400 buah dalam satu tandan.

Buah unik Indonesia ini biasanya digunakan sebagai campuran sambal terasi atau manisan asinan. Rasanya yang asam tapi menyegarkan, membuat buah kelubi ini kaya vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan karena kandungan vitamin C yang tinggi, buah kelubi ini bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori dan mengatasi kulit berjerawat juga loh!

Buah Manau. (Ist)

5. Buah Manau

Pohon rotan ternyata memiliki buah yang disebut buah manau. Bisa kita temukan buah manau ini tumbuh liar di sekitar Bangka Belitung, Kalimantan. Bentuknya seperti buah salak yang bersisik, tapi oval dengan ukuran lebih kecil.

Buah Manau (Calamus Peregrinus) juga disebut buah marau atau buah ngenau ini sangat langka walau bisa tumbuh liar.

Rasanya tidak manis tapi lebih sepet dan pahit, membuat banyak orang mencarinyauntuk pengobatan dan asinan. Terutama masyarakat Dayak suka banget asinan buah Manau. Selain itu juga bisa digunakan untuk pewarna.

Buah Delima. (Ist)

6. Buah Delima

Siapa yang tidak tahu sama buah delima? Buah unik Indonesia ini memang sangat populer sejak dulu. Walau langka, di beberapa tempat buah delima masih bisa tumbuh dengan baik.

Buah delima ini memiliki nama latin Punica granatum. Di luar negeri tepatnya di Spanyol, buah delima ini menjadi nama salah satu kota kuno yaitu Granada saat Bangsa Moor jaman Mediterania berjaya. Tapi jangan heran, di Indonesia buah delima ini juga ada.

Rasa buah delima ini sangat lezat walau asam, namun sangat banyak manfaatnya. Mulai membantu melancarkan sistem pencernaan karena kaya vitamin C, mencegah penyakit jantung, mencegah kanker, menyembuhkan penyakit ginjal, mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit radang sendi.

Buah delima ini bisa dimakan langsung, tapi banyak yang menyarankan agar mengkonsumsinya dengan membuat jus buah delima agar sembuh dari penyakit. Tentu saja kalau dibuat jus pasti rasanya sangat enak!

Buah Lahung. (Ist)

7. Buah Lahung

Banyak yang mengira kalau buah Lahung ini adalah buah durian, tapi ternyata berbeda ya!

Buah lahung yang memiliki nama latin Durio dulcis ini bentuknya sangat mirip dengan durian dan punya wangi yang serupa. Tapi kulit dan durinya lebih kehitaman, dagingnya juga lebih tebal dan berlemak. Namun rasa buah lahung ini tidak semanis durian.

Buah unik Indonesia ini termasuk buah yang langka karena cuma ada di wilayah Kalimantan hingga ke wilayah Sabah Malaysia. Dan manfaatnya untuk memperlancar pencernaan, mencegah stres, dan bisa menambah nafsu makan juga loh!

Buah Bisbul. (Ist)

8. Buah Bisbul

Buat warga Bogor pasti kenal dengan buah bisbul (Diospyros blancoi). Karena buah ini memang banyak sekali tumbuh di daerah Bogor, bahkan disebut sebagai buah khas Bogor.

Buah bisbul ini juga dikenal dengan sebutan buah mentega. Tapi jangan salah, buah bisbul ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan mentega ya! Rasa buah bisbul ini sangat manis dengan warna merah dan berbulu ciri khasnya.

Manfaat buah bisbul ini sangat banyak karena kaya akan kalsium dan kalium. Sehingga cocok untuk menjaga kesehatan tulang, mendukung produksi hormon, menjaga sirkulasi yang baik dalam darah, menjaga kesehatan pencernaan dan pernapasan, juga dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.

Buah Kecapi. (Ist)

9. Buah Kecapi

Dengan nama yang mirip dengan alat musik, buah kecapi memiliki bentuk bulat pipih dan berbulu dengan warna kuning keemasan. Dengan nama ilmiah Sandoricum koetjape, buah kecapi ini juga sering dikenal dengan kechapi, sentol, santol atau wild mangosteen, santor dll.

Buah kecapi memiliki rasa yang manis dengan sedikit asam, tapi jangan dimakan biji kecapinya ya! Dagingnya sangat halus dan sangat lezat tentunya. Buah kecapi yang kaya akan sumber mineral ini berguna untuk obat saat sakit perut atau demam, lalu bisa juga untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Buah Matoa. (Ist)

10. Buah Matoa

Buah matoa (Pometia pinnata) buah unik Indonesia dari tanah paling timur Indonesia yaitu Papua. Pohonnya sangat besar dengan buah yang sangat kecil bergerombol.

Rasanya sangat lezat plus segar, seperti perpaduan kelengkeng dan rambutan. Ada beberapa jenis matoa jika dilihat warna buahnya, yaitu Emme Bhanggahe (Matoa Kulit Merah), Emme Anokhong (Matoa Kulit Hijau) dan Emme Khabhelaw (Matoa Kulit Kuning).

Mengingat buah matoa ini sangat langka dan susah didapat, tidak heran kalau buah matoa ini sangat mahal, sekilo saja harganya bisa sampai 80-160 ribu rupiah. Buah matoa biasa digunakan untuk memperlancar pencernaan dan bisa melindungi dari penyakit diabetes.

Banyak Lagi

Selain yang disebutkan di atas, ada banyak buah unik Indonesia lainnya. Seperti buah Rambusa, Manggih Putih, Kemunting, Keledang, Wanyi, Bemotong dan pasti ada ribuan lagi mengingat banyak sekali kekayaan alam Indonesia. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,608PengikutMengikuti
998PelangganBerlangganan

Terbaru