Minggu, 2 April 2023

Rusia Akan Hadapi Tantangan Apapun, Kebenaran Ada di Pihak Kita!*

Oleh: Vladimir Putin

Selamat siang, Anggota Majelis Federasi – senator, deputi Duma Negara, warga Rusia,

Pidato Presiden ini datang, seperti yang kita semua tahu, pada periode yang sulit dan menentukan bagi negara kita. Ini adalah masa perubahan radikal dan tidak dapat diubah di seluruh dunia, peristiwa sejarah penting yang akan menentukan masa depan negara kita dan rakyat kita, masa ketika kita masing-masing memikul tanggung jawab yang sangat besar.

Satu tahun yang lalu, untuk melindungi orang-orang di tanah bersejarah kami, untuk memastikan keamanan negara kami dan untuk menghilangkan ancaman yang datang dari rezim neo-Nazi yang menguasai Ukraina setelah kudeta tahun 2014, diputuskan untuk memulai operasi khusus. operasi militer. Selangkah demi selangkah, dengan hati-hati dan konsisten kami akan menangani tugas yang kami miliki.

Sejak 2014, Donbass telah memperjuangkan hak untuk tinggal di tanah mereka dan berbicara dalam bahasa ibu mereka. Itu berjuang dan tidak pernah menyerah di tengah blokade, penembakan terus-menerus dan kebencian terbuka rezim Kiev. Ia berharap dan menunggu Rusia datang untuk membantu.

Sementara itu, seperti yang Anda ketahui dengan baik, kami melakukan segala daya kami untuk menyelesaikan masalah ini dengan cara damai, dan dengan sabar melakukan pembicaraan tentang solusi damai untuk konflik yang menghancurkan ini.

Di belakang punggung kami, rencana yang sangat berbeda sedang ditetaskan. Seperti yang bisa kita lihat sekarang, janji para pemimpin Barat, jaminan mereka bahwa mereka berjuang untuk perdamaian di Donbass ternyata palsu dan bohong. Mereka hanya mengulur-ulur waktu, terlibat dalam ketidakjujuran politik, menutup mata terhadap pembunuhan politik rezim Kiev dan pembalasan terhadap orang-orang yang tidak diinginkan, perlakuan buruk mereka terhadap orang-orang beriman. Mereka semakin menghasut neo-Nazi Ukraina untuk melakukan serangan teroris di Donbass. Petugas batalyon nasionalis dilatih di akademi dan sekolah Barat. Senjata juga disediakan.

Saya ingin menekankan bahwa, sebelum operasi militer khusus, Kiev mengadakan negosiasi dengan Barat tentang pengiriman sistem pertahanan udara, pesawat tempur, dan peralatan berat lainnya ke Ukraina. Kami juga mengingat upaya sia-sia rezim Kiev untuk mendapatkan senjata nuklir; mereka membahas masalah ini secara terbuka.

Amerika Serikat dan NATO dengan cepat mengerahkan pangkalan militer dan laboratorium biologi rahasia mereka di dekat perbatasan Rusia. Mereka menguasai teater perang masa depan selama latihan perang, dan mereka mempersiapkan rezim Kiev yang mereka kendalikan dan Ukraina yang telah mereka perbudak untuk perang skala besar.

Sekarang mereka mengakuinya secara terbuka dan terbuka, dan mereka tidak merasa malu karenanya. Mereka tampaknya bangga dan bahkan menikmati pengkhianatan mereka sendiri, sambil menyebut Perjanjian Minsk dan Format Normandia sebagai pertunjukan diplomatik dan gertakan. Ternyata selama ini, saat Donbass terbakar, saat darah tumpah, dan saat Rusia dengan tulus berusaha keras untuk mencapai solusi damai (saya ingin menekankan kata “dengan tulus”), mereka mempertaruhkan nyawa orang, dan pada dasarnya, sedang bermain dengan kartu bertanda, seperti yang mereka katakan di kalangan tertentu.

Metode penipuan yang mengerikan ini telah dicoba dan diuji berkali-kali sebelumnya. Mereka berperilaku tanpa malu dan bermuka dua ketika menghancurkan Yugoslavia, Irak, Libya, dan Suriah. Mereka tidak akan pernah bisa menghilangkan rasa malu ini. Konsep kehormatan, kepercayaan, dan kesopanan bukan untuk mereka.

Selama berabad-abad kolonialisme, diktat, dan hegemoni, mereka terbiasa diizinkan segalanya, terbiasa meludahi seluruh dunia. Ternyata mereka memperlakukan orang yang tinggal di negaranya sendiri dengan penghinaan yang sama, seperti seorang majikan. Lagipula, mereka juga dengan sinis menipu mereka, menipu mereka dengan cerita-cerita tinggi tentang pencarian perdamaian, tentang kepatuhan pada resolusi Dewan Keamanan PBB di Donbass. Memang, elit Barat telah menjadi simbol kebohongan total yang tidak berprinsip.

Kami dengan tegas mempertahankan kepentingan kami serta keyakinan kami bahwa di dunia saat ini tidak boleh ada pembagian menjadi apa yang disebut negara-negara beradab dan yang lainnya dan bahwa ada kebutuhan akan kemitraan yang jujur yang menolak eksklusivitas apa pun, terutama yang agresif.

Kami terbuka dan dengan tulus siap untuk dialog konstruktif dengan Barat; kami mengatakan dan bersikeras bahwa Eropa dan seluruh dunia membutuhkan sistem keamanan yang tak terpisahkan yang setara untuk semua negara, dan selama bertahun-tahun kami menyarankan agar mitra kami mendiskusikan ide ini bersama dan mengerjakan penerapannya. Tetapi sebagai tanggapan, kami menerima reaksi yang tidak jelas atau munafik, sejauh menyangkut kata-kata. Tapi ada juga tindakan: perluasan NATO ke perbatasan kami, penciptaan area penempatan baru untuk pertahanan rudal di Eropa dan Asia – mereka memutuskan untuk berlindung dari kami di bawah ‘payung’ – penyebaran kontingen militer, dan tidak hanya di dekat perbatasan Rusia .

Saya ingin menekankan – pada kenyataannya, ini sudah diketahui umum – bahwa tidak ada negara lain yang memiliki begitu banyak pangkalan militer di luar negeri selain Amerika Serikat. Ada ratusan di antaranya – saya ingin menekankan hal ini – ratusan pangkalan di seluruh dunia; planet ditutupi dengan mereka, dan sekali melihat peta sudah cukup untuk melihat ini.

Seluruh dunia menyaksikan bagaimana mereka menarik diri dari perjanjian fundamental tentang senjata, termasuk perjanjian rudal jarak menengah dan jarak pendek, secara sepihak merobek perjanjian fundamental yang menjaga perdamaian dunia. Untuk beberapa alasan, mereka melakukannya. Mereka tidak melakukan apapun tanpa alasan, seperti yang kita tahu.

Terakhir, pada Desember 2021, kami secara resmi mengajukan draf perjanjian tentang jaminan keamanan kepada AS dan NATO. Intinya, semua poin kunci dan mendasar ditolak. Setelah itu akhirnya menjadi jelas bahwa lampu hijau untuk penerapan rencana agresif telah diberikan dan tidak akan berhenti.

Ancaman itu tumbuh dari hari ke hari. Menilai dari informasi yang kami terima, tidak ada keraguan bahwa semuanya akan siap pada Februari 2022 untuk meluncurkan operasi hukuman berdarah lainnya di Donbass. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa pada tahun 2014, rezim Kiev mengirim artileri, tank, dan pesawat tempurnya untuk bertempur di Donbass.

Kita semua ingat rekaman udara dari serangan udara yang menargetkan Donetsk. Kota-kota lain juga menderita serangan udara. Pada 2015, mereka mencoba melakukan serangan frontal terhadap Donbass lagi, sambil mempertahankan blokade dan terus menembaki dan meneror warga sipil. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa semua ini sepenuhnya bertentangan dengan dokumen dan resolusi yang diadopsi oleh Dewan Keamanan PBB, tetapi semua orang berpura-pura tidak terjadi apa-apa.

Izinkan saya menegaskan kembali bahwa merekalah yang memulai perang ini, sementara kami menggunakan kekuatan dan menggunakannya untuk menghentikan perang.

Mereka yang merencanakan serangan baru terhadap Donetsk di wilayah Donbass, dan terhadap Lugansk memahami bahwa Krimea dan Sevastopol akan menjadi sasaran berikutnya. Kami menyadari ini juga. Bahkan saat ini, Kiev secara terbuka mendiskusikan rencana jangka panjang semacam ini. Mereka mengekspos diri mereka sendiri dengan mempublikasikan apa yang sudah kita ketahui.

Kami membela kehidupan manusia dan rumah kita bersama, sementara Barat mencari kekuasaan tak terbatas. Ia telah menghabiskan lebih dari $150 miliar untuk membantu dan mempersenjatai rezim Kiev. Sebagai gambaran, menurut Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, negara-negara G7 mengalokasikan sekitar $60 miliar pada tahun 2020–2021 untuk membantu negara-negara termiskin di dunia. Apakah ini jelas? Mereka menghabiskan $150 miliar untuk perang, sambil memberikan $60 miliar kepada negara-negara termiskin, meskipun berpura-pura peduli pada mereka sepanjang waktu, dan juga mengkondisikan dukungan ini atas nama negara-negara penerima. Bagaimana dengan semua pembicaraan tentang memerangi kemiskinan, pembangunan berkelanjutan dan perlindungan lingkungan? Kemana semua itu pergi? Apakah semuanya telah lenyap? Sementara itu, mereka terus menyalurkan lebih banyak uang untuk upaya perang.

Konferensi Munich baru-baru ini berubah menjadi aliran tuduhan yang tak ada habisnya terhadap Rusia. Orang mendapat kesan bahwa ini dilakukan agar semua orang melupakan apa yang disebut Barat telah dilakukan selama beberapa dekade terakhir. Merekalah yang membiarkan jin keluar dari botol, menjerumuskan seluruh wilayah ke dalam kekacauan.

Menurut para ahli AS, hampir 900.000 orang tewas selama perang yang dilancarkan oleh Amerika Serikat setelah tahun 2001, dan lebih dari 38 juta menjadi pengungsi. Harap dicatat, kami tidak menemukan statistik ini; Amerikalah yang menyediakannya. Mereka sekarang hanya mencoba untuk menghapus semua ini dari ingatan umat manusia, dan mereka berpura-pura bahwa semua ini tidak pernah terjadi. Namun, tidak ada seorang pun di dunia yang melupakan ini atau akan pernah melupakannya.

Tak satu pun dari mereka yang peduli dengan korban jiwa dan tragedi karena banyak triliunan dolar yang dipertaruhkan, tentu saja. Mereka juga dapat terus merampok semua orang dengan kedok demokrasi dan kebebasan, memaksakan nilai-nilai neoliberal dan pada dasarnya totaliter, mencap seluruh negara dan bangsa, menghina pemimpin mereka di depan umum, menekan perbedaan pendapat di negara mereka sendiri dan mengalihkan perhatian dari skandal korupsi. dengan menciptakan citra musuh. Kami terus melihat semua ini di televisi, yang menyoroti masalah ekonomi, sosial dan antaretnis yang lebih besar, kontradiksi dan ketidaksepakatan.

Saya ingin mengingat kembali bahwa, pada tahun 1930-an, Barat sebenarnya telah membuka jalan menuju kekuasaan bagi Nazi di Jerman. Di zaman kita, mereka mulai mengubah Ukraina menjadi “anti-Rusia”. Sebenarnya proyek ini bukanlah hal baru. Orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang sejarah setidaknya sampai batas tertentu menyadari bahwa proyek ini sudah ada sejak abad ke- 19 . Kekaisaran Austro-Hongaria dan Polandia telah menyusunnya untuk satu tujuan, yaitu, untuk mencabut wilayah bersejarah Rusia yang sekarang disebut Ukraina ini. Inilah tujuan mereka. Tidak ada hal baru disini; mereka mengulangi semuanya.

Barat mempercepat implementasi proyek ini hari ini dengan mendukung kudeta 2014. Itu adalah kudeta berdarah, anti-negara dan inkonstitusional. Mereka berpura-pura tidak terjadi apa-apa, dan begitulah seharusnya. Mereka bahkan mengatakan berapa banyak uang yang telah mereka habiskan untuk itu. Russophobia dan nasionalisme yang sangat agresif membentuk fondasi ideologisnya.

Baru-baru ini, brigade Angkatan Bersenjata Ukraina bernama Edelweiss, diambil dari nama divisi Nazi yang personelnya terlibat dalam mendeportasi orang Yahudi, mengeksekusi tawanan perang, dan melakukan operasi hukuman terhadap partisan di Yugoslavia, Italia, Cekoslowakia, dan Yunani. Kami malu membicarakan hal ini, tetapi mereka tidak. Personil yang bertugas di Angkatan Bersenjata Ukraina dan Garda Nasional Ukraina sangat menyukai chevron yang sebelumnya dikenakan oleh tentara dari divisi Das Reich, Totenkopf (Kepala Maut) dan Galichina serta unit SS lainnya. Tangan mereka juga berlumuran darah. Kendaraan lapis baja Ukraina menampilkan lambang Wehrmacht Jerman Nazi.

Neo-Nazi terbuka tentang ahli waris siapa yang mereka anggap sebagai diri mereka sendiri. Anehnya, tidak ada kekuatan yang ada di Barat yang melihatnya. Mengapa? Karena mereka – maafkan bahasa saya – tidak peduli tentang itu. Mereka tidak peduli siapa yang mereka pertaruhkan dalam pertarungan melawan kami, melawan Rusia. Faktanya, siapa pun akan melakukannya selama mereka melawan kita dan negara kita. Memang, kami melihat teroris dan neo-Nazi di barisan mereka. Mereka akan membiarkan semua jenis hantu bergabung dengan barisan mereka, demi Tuhan, selama mereka bertindak sesuai keinginan mereka sebagai senjata melawan Rusia.

Faktanya, proyek anti-Rusia adalah bagian dari kebijakan pembalasan terhadap negara kita untuk menciptakan titik nyala ketidakstabilan dan konflik di dekat perbatasan kita. Saat itu, di tahun 1930-an, dan sekarang desainnya tetap sama dan mengarahkan agresi ke Timur, memicu perang di Eropa, dan menghilangkan pesaing dengan menggunakan kekuatan proxy.

Kami tidak berperang dengan rakyat Ukraina. Saya telah menjelaskannya berkali-kali. Orang-orang Ukraina telah menjadi sandera rezim Kiev dan penangan Baratnya, yang sebenarnya telah menduduki negara itu dalam arti politik, militer dan ekonomi dan telah menghancurkan industri Ukraina selama beberapa dekade sekarang karena mereka menjarah sumber daya alamnya. Hal ini menyebabkan degradasi sosial dan peningkatan kemiskinan dan ketidaksetaraan yang tak terukur. Merekrut sumber daya untuk operasi militer dalam keadaan seperti ini sangatlah mudah. Tidak ada yang memikirkan orang, yang dikondisikan untuk disembelih dan akhirnya menjadi barang habisan. Ini adalah hal yang menyedihkan dan mengerikan untuk dikatakan, tetapi itu adalah fakta.

Tanggung jawab untuk menghasut dan meningkatkan konflik Ukraina serta banyaknya korban terletak sepenuhnya pada elit Barat dan, tentu saja, rezim Kiev saat ini, di mana rakyat Ukraina sebenarnya bukan rakyatnya sendiri. Rezim Ukraina saat ini tidak melayani kepentingan nasional, tetapi kepentingan negara ketiga.

Barat menggunakan Ukraina sebagai pendobrak melawan Rusia dan sebagai tempat uji coba. Saya tidak akan membahas secara rinci upaya Barat untuk membalikkan keadaan perang, atau rencana mereka untuk meningkatkan pasokan militer, karena semua orang sangat menyadarinya. Namun, ada satu keadaan yang harus jelas bagi setiap orang: semakin jauh jangkauan sistem Barat yang akan dipasok ke Ukraina, semakin jauh kita harus menjauhkan ancaman dari perbatasan kita. Ini jelas.

Elit Barat tidak merahasiakan tujuan mereka, yaitu, saya kutip, “kekalahan strategis Rusia.” Apa artinya ini bagi kita? Ini berarti mereka berencana menghabisi kita untuk selamanya. Dengan kata lain, mereka berencana untuk menumbuhkan konflik lokal menjadi konfrontasi global. Beginilah cara kami memahaminya dan kami akan menanggapinya, karena ini merupakan ancaman eksistensial bagi negara kami.

Namun, mereka juga menyadari bahwa tidak mungkin mengalahkan Rusia di medan perang dan melakukan serangan informasi yang semakin agresif terhadap kami yang menargetkan terutama generasi muda. Mereka tidak pernah berhenti berbohong dan memutarbalikkan fakta sejarah saat mereka menyerang budaya kita, Gereja Ortodoks Rusia, dan organisasi keagamaan tradisional lainnya di negara kita.

Lihat apa yang mereka lakukan pada rakyatnya sendiri. Ini semua tentang penghancuran keluarga, identitas budaya dan bangsa, penyimpangan dan pelecehan terhadap anak-anak, termasuk pedofilia, yang semuanya dinyatakan normal dalam kehidupan mereka. Mereka memaksa para pendeta untuk memberkati pernikahan sesama jenis. Berkati hati mereka, biarkan mereka melakukan apa yang mereka suka. Inilah yang ingin saya katakan dalam hal ini. Orang dewasa dapat melakukan apa saja sesuka mereka. Kami di Rusia selalu melihatnya seperti itu dan akan selalu: tidak ada yang akan mengganggu kehidupan pribadi orang lain, dan kami juga tidak akan melakukannya.

Tapi inilah yang ingin saya sampaikan kepada mereka: lihatlah kitab suci dan buku-buku utama agama dunia lainnya. Mereka mengatakan itu semua, termasuk bahwa keluarga adalah penyatuan pria dan wanita, tetapi teks suci ini sekarang dipertanyakan. Kabarnya, Gereja Anglikan sedang merencanakan, hanya merencanakan, untuk mengeksplorasi gagasan tentang tuhan yang netral gender. Apa yang ingin dikatakan? Ayah, ampunilah mereka, karena mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan.

Jutaan orang di Barat menyadari bahwa mereka sedang digiring menuju bencana spiritual. Terus terang, para elit tampaknya sudah gila, dan sepertinya tidak ada obat untuk itu. Tapi seperti yang saya katakan, ini adalah masalah mereka, sementara kita harus melindungi anak-anak kita, yang akan kita lakukan. Kami akan melindungi anak-anak kami dari degradasi dan degenerasi.

Jelas, Barat akan mencoba melemahkan dan memecah belah masyarakat kita dan bertaruh pada kolumnis kelima yang, sepanjang sejarah, dan saya ingin menekankan ini, telah menggunakan racun penghinaan yang sama untuk Tanah Air mereka sendiri dan keinginan untuk menghasilkan uang dengan menjual racun ini kepada siapa saja yang bersedia membayarnya. Selalu seperti itu.

Mereka yang telah memulai jalan pengkhianatan langsung, melakukan teroris dan kejahatan lainnya terhadap keamanan masyarakat kita dan keutuhan wilayah negara, akan dimintai pertanggungjawaban atas hal ini berdasarkan hukum. Tapi kami tidak akan pernah berperilaku seperti rezim Kiev dan elit Barat, yang telah dan masih terlibat dalam perburuan penyihir. Kami tidak akan menyelesaikan skor dengan mereka yang mengambil langkah ke samping dan membelakangi Tanah Air mereka. Biarkan ini menjadi hati nurani mereka, biarkan mereka hidup dengan ini – mereka harus hidup dengan itu. Poin utamanya adalah rakyat kita, warga Rusia, telah memberi mereka penilaian moral.

Saya bangga, dan saya pikir kita semua bangga bahwa negara multietnis kita, mayoritas mutlak warga negara kita, telah mengambil sikap berprinsip pada operasi militer khusus. Mereka memahami ide dasar dari apa yang kami lakukan dan mendukung tindakan kami untuk mempertahankan Donbass. Dukungan ini terutama mengungkapkan patriotisme sejati mereka – perasaan yang secara historis melekat pada bangsa kita. Menakjubkan dalam martabat dan pemahaman yang mendalam oleh semua orang – saya akan menekankan, semua orang – tentang hubungan yang tidak terpisahkan antara takdirnya sendiri dan takdir Tanah Air.

Teman-teman terkasih, saya ingin berterima kasih kepada semua orang, semua orang Rusia atas keberanian dan tekad mereka. Saya ingin berterima kasih kepada para pahlawan, tentara, dan perwira kami di Angkatan Darat dan Angkatan Laut, Pengawal Rusia, staf dinas rahasia, dan semua struktur otoritas, para pejuang di korps Donetsk dan Lugansk, sukarelawan dan patriot yang sekarang bertempur di jajaran cadangan tentara tempur BARS.

Saya ingin meminta maaf karena saya tidak dapat menyebutkan semua orang selama pidato hari ini. Anda tahu, ketika saya sedang menyusun pidato ini, saya menulis daftar yang sangat panjang dari unit heroik ini tetapi kemudian menghapusnya dari teks saya karena, seperti yang saya katakan, tidak mungkin menyebutkan semua orang, dan saya takut menyinggung siapa pun yang mungkin saya tinggalkan. keluar.

Terima kasih saya yang terdalam kepada orang tua, istri dan keluarga pembela kami, para dokter dan paramedis, petugas medis tempur dan perawat medis yang menyelamatkan yang terluka; kepada pekerja kereta api dan pengemudi yang memasok bagian depan; kepada pembangun yang mendirikan benteng dan memulihkan perumahan, jalan, dan fasilitas sipil; kepada para pekerja dan insinyur di perusahaan pertahanan, yang sekarang bekerja hampir sepanjang waktu, dalam beberapa shift; dan untuk pekerja pedesaan yang dengan andal memastikan ketahanan pangan bagi negara.

Saya berterima kasih kepada para guru yang dengan tulus merawat generasi muda Rusia, terutama mereka yang bekerja dalam kondisi yang sangat sulit, hampir di garis depan; tokoh budaya yang mengunjungi zona permusuhan dan rumah sakit untuk mendukung prajurit dan perwira; sukarelawan yang membantu garis depan dan warga sipil; jurnalis, terutama koresponden perang, yang mempertaruhkan hidup mereka untuk mengatakan kebenaran kepada dunia; pendeta dari agama tradisional Rusia dan pendeta militer, yang kata-katanya mendukung dan menginspirasi orang; pejabat pemerintah dan pebisnis – semua orang yang memenuhi tugas profesional, sipil, dan manusiawi mereka.

Kata-kata khusus saya ditujukan kepada penduduk republik rakyat Donetsk dan Lugansk, serta wilayah Zaporozhye dan Kherson. Anda, teman-teman, menentukan masa depan Anda melalui referendum dan membuat pilihan yang jelas terlepas dari ancaman dan kekerasan neo-Nazi, di tengah aksi militer yang dekat. Tapi tidak ada yang lebih kuat dari niat Anda untuk bersama Rusia, dengan Tanah Air Anda.

Tepuk tangan)

Saya ingin menekankan bahwa ini adalah reaksi penonton terhadap penduduk republik rakyat Donetsk dan Lugansk, serta wilayah Zaporozhye dan Kherson. Sekali lagi, rasa hormat kami yang terdalam untuk mereka semua.

Kami telah memulai dan akan memperluas program pemulihan dan pengembangan sosial ekonomi utama untuk wilayah baru ini di dalam Federasi. Ini termasuk memulihkan fasilitas produksi, pekerjaan, dan pelabuhan di Laut Azov, yang kembali menjadi laut terkurung daratan Rusia, dan membangun jalan baru yang modern, seperti yang kami lakukan di Krimea, yang sekarang memiliki koridor transportasi darat yang andal dengan seluruh Rusia . Kami pasti akan mengimplementasikan semua rencana ini bersama-sama.

Wilayah Rusia saat ini memberikan bantuan langsung ke kota, distrik, dan desa di republik rakyat Donetsk dan Lugansk serta wilayah Zaporozhye dan Kherson. Mereka melakukannya dengan tulus, seperti saudara dan saudari sejati. Kami bersama lagi, yang berarti kami menjadi lebih kuat, dan kami akan melakukan segala daya kami untuk mengembalikan perdamaian yang telah lama ditunggu ke tanah kami dan memastikan keselamatan rakyat kami. Prajurit kita, pahlawan kita berjuang untuk ini, untuk leluhur mereka, untuk masa depan anak cucu mereka, untuk mempersatukan rakyat kita.

Teman-teman, saya ingin meminta Anda untuk memberikan penghormatan kepada sesama prajurit kami yang terbunuh dalam serangan neo-Nazi dan perampok, yang menyerahkan hidup mereka untuk Rusia, untuk warga sipil, orang tua, wanita dan anak-anak.

(Satu menit hening)

Terima kasih.

Kita semua mengerti, dan saya juga mengerti betapa sulitnya bagi istri, putra dan putri mereka, bagi orang tua mereka yang membesarkan para pembela Tanah Air yang bermartabat – seperti anggota Pengawal Muda dari Krasnodon, pemuda dan pemudi yang berperang melawan Nazisme dan untuk Donbass selama Perang Patriotik Hebat. Setiap orang di Rusia mengingat keberanian, ketangguhan, kekuatan semangat yang luar biasa, dan pengorbanan diri mereka hingga hari ini.

Tugas kita adalah mendukung keluarga yang kehilangan orang yang mereka cintai dan membantu mereka membesarkan anak-anak mereka dan memberi mereka pendidikan dan pekerjaan. Keluarga setiap peserta operasi militer khusus harus menjadi prioritas dan diperlakukan dengan hati-hati dan hormat. Kebutuhan mereka harus segera ditanggapi, tanpa penundaan birokrasi.

Saya menyarankan untuk membentuk dana negara khusus untuk membawa bantuan yang ditargetkan dan dipersonalisasi kepada keluarga pejuang yang gugur, serta veteran operasi militer khusus. Entitas ini akan ditugaskan untuk mengoordinasikan upaya untuk menawarkan dukungan sosial, medis, dan konseling, dan juga menangani hal-hal yang berkaitan dengan pengiriman mereka ke tempat peristirahatan kesehatan dan menyediakan layanan rehabilitasi, sekaligus membantu mereka dalam pendidikan, olahraga, pekerjaan, dan dalam memperoleh profesi baru. Dana ini juga akan memiliki misi penting untuk memastikan perawatan rumah jangka panjang dan prostetik berteknologi tinggi bagi mereka yang membutuhkannya.

Saya meminta Pemerintah untuk bekerja dengan Dewan Negara Komisi Kebijakan Sosial dan dengan daerah untuk menyelesaikan masalah organisasi secepat mungkin.

Dana negara harus transparan dalam pekerjaannya, sambil merampingkan bantuan dan beroperasi sebagai toko serba ada, bebas dari birokrasi atau hambatan administratif. Setiap keluarga tanpa kecuali, dan setiap veteran akan memiliki pekerja sosial pribadi mereka, seorang koordinator, yang akan hadir untuk mereka secara pribadi untuk menyelesaikan secara real time setiap masalah yang mungkin mereka hadapi. Izinkan saya menekankan bahwa dana tersebut harus membuka kantornya di semua wilayah Federasi Rusia pada tahun 2023.

Kami sudah memiliki langkah-langkah untuk mendukung veteran Perang Patriotik Hebat, veteran perang, serta peserta dalam konflik lokal. Saya yakin elemen-elemen penting ini akan ditambahkan ke misi dana negara ke depan. Kita perlu menjajaki kemungkinan ini, dan saya meminta Pemerintah untuk melakukannya.

Jangan salah: fakta bahwa kita membentuk dana negara tidak berarti bahwa lembaga atau pejabat lain di tingkat pemerintahan lain akan dibebaskan dari tanggung jawabnya. Saya berharap semua lembaga federal, wilayah, dan kotamadya tetap fokus pada veteran, personel layanan, dan keluarga mereka. Dalam konteks ini, saya mengucapkan terima kasih kepada para pejabat senior daerah, walikota, dan gubernur yang rutin bertemu dengan masyarakat, termasuk dengan mengunjungi line of contact, dan mendukung rekan-rekan senegaranya.

Pada catatan khusus, izinkan saya mengatakan bahwa hari ini, personel layanan karier, wajib militer yang dimobilisasi, dan sukarelawan semuanya berbagi kesulitan garis depan, termasuk dalam hal perbekalan, persediaan dan peralatan, remunerasi, dan pembayaran asuransi untuk yang terluka, serta layanan kesehatan. Namun, ada pengaduan yang sampai ke kantor saya, juga ke gubernur, seperti yang mereka ceritakan kepada saya, dan ke kantor kejaksaan militer dan Komisaris Hak Asasi Manusia, menunjukkan bahwa beberapa masalah ini belum selesai. diselesaikan. Kita perlu menyelesaikan setiap keluhan berdasarkan kasus per kasus.

Dan satu hal lagi: semua orang memahami bahwa bertugas di zona operasi militer khusus menyebabkan tekanan fisik dan mental yang luar biasa, karena orang mempertaruhkan nyawa dan kesehatan mereka setiap hari. Untuk alasan ini, saya percaya bahwa wajib militer yang dimobilisasi, serta semua personel layanan, dan semua yang mengambil bagian dalam operasi militer khusus, termasuk sukarelawan, harus mendapatkan cuti minimal 14 hari setiap enam bulan tanpa menghitung waktu yang dibutuhkan mereka untuk melakukan perjalanan ke tujuan mereka. Dengan cara ini, setiap pejuang dapat bertemu keluarga dan menghabiskan waktu bersama orang yang mereka cintai.

Rekan-rekan, seperti yang Anda ketahui, rencana pembangunan dan pengembangan Angkatan Bersenjata tahun 2021–2025 telah disetujui oleh Peraturan Presiden dan sedang dilaksanakan serta disesuaikan seperlunya. Yang penting, langkah kita selanjutnya untuk memperkuat Angkatan Darat dan Angkatan Laut dan untuk mengamankan pengembangan Angkatan Bersenjata saat ini dan di masa depan harus didasarkan pada pengalaman tempur aktual yang diperoleh selama operasi militer khusus, yang sangat penting, saya bahkan akan mengatakan sangat berharga untuk kita.

Misalnya, sistem terbaru mencakup lebih dari 91 persen, 91,3 persen, pasukan pencegahan nuklir Rusia. Untuk menegaskan kembali, berdasarkan pengalaman yang baru kami peroleh, kami harus mengakses tingkat kualitas yang sama tingginya untuk semua komponen Angkatan Bersenjata lainnya.

Perwira dan sersan yang bertindak sebagai komandan yang kompeten, modern, dan tegas, dan jumlahnya banyak, akan dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi sebagai prioritas, dikirim ke universitas dan akademi militer, dan akan berfungsi sebagai cadangan personel yang kuat untuk Angkatan Bersenjata. Tidak diragukan lagi, mereka adalah sumber daya yang berharga dalam kehidupan sipil dan pemerintahan di semua tingkatan. Saya hanya ingin rekan-rekan kita memperhatikan hal itu. Ini sangat penting. Rakyat harus tahu bahwa Ibu Pertiwi menghargai kontribusi mereka untuk mempertahankan Tanah Air.

Kami akan memperkenalkan teknologi terbaru secara luas untuk memastikan standar kualitas tinggi di Angkatan Darat dan Angkatan Laut. Kami memiliki proyek percontohan yang sesuai dan sampel senjata dan peralatan di setiap area. Banyak dari mereka secara signifikan lebih unggul dari rekan asing mereka. Tujuan kami adalah memulai produksi massal. Pekerjaan ini sedang berlangsung dan semakin cepat. Yang penting, ini bergantung pada penelitian dalam negeri dan basis industri serta melibatkan usaha kecil dan menengah berteknologi tinggi dalam pelaksanaan perintah pertahanan negara.

Saat ini, pabrik, biro desain, dan tim penelitian kami mempekerjakan spesialis berpengalaman dan semakin banyak anak muda berbakat dan terampil yang berorientasi pada pencapaian terobosan sambil tetap setia pada tradisi pembuat senjata Rusia, yang tidak menyisihkan upaya untuk memastikan kemenangan.

Kami pasti akan memperkuat jaminan bagi tenaga kerja kami, antara lain terkait gaji dan jaminan sosial. Saya mengusulkan peluncuran program khusus untuk perumahan sewa murah bagi karyawan industri pertahanan. Pembayaran sewa untuk mereka akan jauh lebih rendah daripada tarif pasar yang berlaku, karena sebagian besar darinya akan ditanggung oleh negara.

Pemerintah meninjau masalah ini. Saya menginstruksikan Anda untuk mengerjakan rincian program ini dan mulai membangun perumahan sewaan tanpa penundaan, terutama, di kota-kota yang merupakan pusat pertahanan, industri, dan penelitian utama.

kolega,

Seperti yang telah saya katakan, Barat tidak hanya membuka perang militer dan informasi untuk melawan kita, tetapi juga berusaha melawan kita di bidang ekonomi. Namun, mereka belum berhasil di salah satu bidang ini, dan tidak akan pernah. Selain itu, mereka yang memprakarsai sanksi menghukum diri mereka sendiri: mereka membuat harga melonjak di negara mereka sendiri, menghancurkan pekerjaan, memaksa perusahaan tutup, dan menyebabkan krisis energi, sambil memberi tahu rakyat mereka bahwa Rusia yang harus disalahkan atas semua ini. Kami mendengarnya.

Cara apa yang mereka gunakan untuk melawan kami dalam upaya mereka untuk menyerang kami dengan sanksi? Mereka mencoba mengganggu hubungan ekonomi dengan perusahaan Rusia dan merampas saluran komunikasi sistem keuangan untuk menutup ekonomi kita, mengisolasi kita dari pasar ekspor dan dengan demikian merusak pendapatan kita. Mereka juga mencuri cadangan devisa kita, untuk menyebut sekop sekop, mencoba mendepresiasi rubel dan mendorong inflasi ke ketinggian yang merusak.

Izinkan saya menegaskan kembali bahwa sanksi terhadap Rusia hanyalah sarana, sementara tujuan yang dinyatakan oleh para pemimpin Barat, mengutip mereka, adalah untuk membuat kita menderita. “Buat mereka menderita” – sikap yang sangat manusiawi. Mereka ingin membuat rakyat kita menderita, yang dirancang untuk menggoyahkan masyarakat kita dari dalam.

Namun, pertaruhan mereka gagal membuahkan hasil. Ekonomi Rusia, serta model tata kelolanya terbukti jauh lebih tangguh daripada yang diperkirakan Barat. Pemerintah, parlemen, Bank Rusia, daerah dan tentu saja komunitas bisnis dan karyawan mereka semua bekerja sama untuk memastikan bahwa situasi ekonomi tetap stabil, menawarkan perlindungan rakyat dan mempertahankan pekerjaan, mencegah kelangkaan, termasuk barang-barang penting, dan mendukung sistem keuangan dan pemilik bisnis yang berinvestasi di perusahaan mereka, yang juga berarti berinvestasi dalam pembangunan nasional.

Sejak Maret 2022, kami meluncurkan paket bantuan khusus untuk bisnis dan ekonomi senilai sekitar satu triliun rubel. Saya ingin menarik perhatian Anda pada fakta bahwa ini tidak ada hubungannya dengan mencetak uang. Sama sekali tidak. Semua yang kami lakukan berakar kuat pada prinsip pasar.

Pada tahun 2022 terjadi penurunan produk domestik bruto. Tuan Mishustin menelepon saya untuk mengatakan, “Saya ingin meminta Anda untuk menyebutkan ini.” Menurut saya data ini dirilis kemarin, sesuai jadwal.

Anda mungkin ingat bahwa beberapa orang memperkirakan ekonomi akan menyusut 20 sampai 25 persen, atau mungkin 10 persen. Baru-baru ini, kami berbicara tentang penurunan 2,9 persen, dan sayalah yang mengumumkan angka ini. Kemudian turun menjadi 2,5 persen. Namun, pada 2022, PDB turun 2,1 persen, menurut data terbaru. Dan kita harus memperhatikan fakta bahwa pada bulan Februari dan Maret tahun lalu beberapa orang memperkirakan bahwa ekonomi akan terjun bebas.

Bisnis Rusia telah merestrukturisasi logistik mereka dan memperkuat hubungan mereka dengan mitra yang bertanggung jawab dan dapat diprediksi – ada banyak dari mereka, mereka adalah mayoritas di dunia.

Saya ingin mencatat bahwa bagian rubel Rusia dalam penyelesaian internasional kami telah berlipat ganda dibandingkan dengan Desember 2021, mencapai sepertiga dari total, dan termasuk mata uang negara-negara sahabat, melebihi setengah dari semua transaksi.

Kami akan terus bekerja dengan mitra kami untuk menciptakan sistem penyelesaian internasional yang berkelanjutan dan aman, yang akan terlepas dari dolar dan mata uang cadangan Barat lainnya yang pasti akan kehilangan daya tarik universal mereka dengan kebijakan elit Barat ini, para penguasa Barat. Mereka melakukan semua ini untuk diri mereka sendiri dengan tangan mereka sendiri. Kami bukan yang mengurangi transaksi dalam dolar atau yang disebut mata uang universal lainnya – mereka melakukan segalanya dengan tangan mereka sendiri.

Anda tahu, ada pepatah, meriam versus mentega. Tentu pertahanan negara menjadi prioritas utama, namun dalam menyelesaikan tugas-tugas strategis di bidang ini, kita tidak boleh mengulangi kesalahan masa lalu dan tidak boleh merusak perekonomian kita sendiri. Kami memiliki semua yang kami butuhkan untuk memastikan keamanan kami dan menciptakan kondisi untuk kemajuan yang meyakinkan di negara kami. Kami bertindak sejalan dengan logika ini dan kami bermaksud untuk terus melakukannya.

Jadi, banyak industri dasar, saya tekankan, industri sipil dalam perekonomian nasional jauh dari penurunan, mereka telah meningkatkan produksinya tahun lalu dengan jumlah yang cukup besar. Skala perumahan yang digunakan melebihi 100 juta meter persegi untuk pertama kalinya dalam sejarah modern kita.

Adapun produksi pertanian, mencatat tingkat pertumbuhan dua digit tahun lalu. Terima kasih banyak. Kami sangat berterima kasih kepada produsen pertanian kami. Petani Rusia memanen jumlah rekor – lebih dari 150 juta ton biji-bijian, termasuk lebih dari 100 juta ton gandum. Pada akhir musim pertanian, yaitu 30 Juni 2023, kami akan meningkatkan ekspor biji-bijian menjadi 55–60 juta ton.

Hanya 10 atau 15 tahun yang lalu, ini tampak seperti dongeng, rencana yang benar-benar mustahil. Jika Anda ingat, dan saya yakin beberapa orang mengingat ini – mantan Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertanian ada di sini – baru-baru ini, petani menyerap 60 juta ton secara keseluruhan dalam setahun, sedangkan sekarang 55–60 juta adalah ekspor mereka. potensial sendirian. Saya yakin kita memiliki setiap peluang untuk terobosan serupa di bidang lain juga.

Kami mencegah pasar tenaga kerja runtuh. Sebaliknya, kami mampu mengurangi pengangguran di lingkungan saat ini. Saat ini, mengingat tantangan besar datang dari semua sisi, pasar tenaga kerja bahkan lebih baik dari sebelumnya. Anda mungkin ingat bahwa tingkat pengangguran adalah 4,7 persen sebelum pandemi, dan sekarang, saya yakin, menjadi 3,7 persen. Apa sosoknya, Tuan Mishustin? 3,7 persen? Ini adalah titik terendah sepanjang masa.

Izinkan saya menegaskan kembali bahwa ekonomi Rusia telah menang atas risiko yang dihadapinya – ia telah menang. Tentu saja, tidak mungkin untuk mengantisipasi banyak dari mereka, dan kami harus merespons secara langsung, menangani masalah yang muncul. Baik negara maupun bisnis harus bergerak cepat. Saya perhatikan bahwa pelaku swasta, UKM, memainkan peran penting dalam upaya ini, dan kita harus mengingatnya. Kami menghindari penerapan regulasi yang berlebihan atau mendistorsi ekonomi dengan memberikan peran yang lebih menonjol kepada negara.

Apa lagi yang ingin dikatakan? Resesi terbatas pada kuartal kedua tahun 2022, sementara ekonomi tumbuh pada kuartal ketiga dan keempat. Faktanya, ekonomi Rusia telah memulai siklus pertumbuhan baru. Para ahli percaya bahwa itu akan bergantung pada model dan struktur baru yang fundamental. Pasar global yang baru dan menjanjikan, termasuk Asia-Pasifik, diprioritaskan, seperti pasar domestik, dengan penelitian, teknologi, dan tenaga kerjanya yang tidak lagi diarahkan untuk mengekspor komoditas tetapi memproduksi barang dengan nilai tambah tinggi. Ini akan membantu Rusia mengeluarkan potensinya yang sangat besar di semua bidang dan sektor.

Kami berharap untuk melihat peningkatan yang solid dalam permintaan domestik pada awal tahun ini. Saya yakin bahwa perusahaan akan menggunakan kesempatan ini untuk memperluas manufaktur mereka, membuat produk baru yang banyak diminati, dan mengambil alih ceruk pasar yang dikosongkan atau akan dikosongkan oleh perusahaan Barat saat mereka mundur.

Hari ini, kami melihat dengan jelas apa yang sedang terjadi dan memahami masalah struktural yang harus kami tangani dalam bidang logistik, teknologi, keuangan, dan sumber daya manusia. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah berbicara banyak dan panjang lebar tentang perlunya merestrukturisasi ekonomi kami. Sekarang perubahan ini adalah kebutuhan vital, pengubah permainan, dan semuanya menjadi lebih baik. Kami tahu apa yang perlu dilakukan untuk memungkinkan Rusia membuat kemajuan yang stabil dan berkembang secara mandiri terlepas dari tekanan atau ancaman dari luar, sambil menjamin keamanan dan kepentingan nasional kami.

Saya ingin menunjukkan dan menekankan bahwa inti dari tugas kita bukanlah beradaptasi dengan keadaan. Tugas strategis kami adalah membawa ekonomi ke cakrawala baru. Semuanya berubah sekarang, dan berubah sangat cepat. Ini bukan hanya waktu tantangan tetapi juga waktu peluang. Ini benar-benar terjadi hari ini. Dan masa depan kita bergantung pada cara kita menyadari peluang tersebut. Kita harus mengakhiri – dan saya ingin menekankan ini – semua konflik antarlembaga, birokrasi, keluhan, bicara ganda, atau omong kosong lainnya. Segala sesuatu yang kita lakukan harus berkontribusi untuk mencapai tujuan kita dan memberikan hasil. Inilah yang harus kita perjuangkan untuk dicapai.

Mengaktifkan perusahaan Rusia dan bisnis kecil yang dikelola keluarga untuk berhasil memasuki pasar adalah sebuah kemenangan tersendiri. Membangun pabrik mutakhir dan kilometer jalan baru adalah sebuah kemenangan. Setiap sekolah baru, setiap taman kanak-kanak baru yang kami bangun adalah sebuah kemenangan. Penemuan ilmiah dan teknologi baru – ini juga merupakan kemenangan, tentu saja. Yang penting adalah bahwa kita semua berkontribusi pada kesuksesan kita bersama.

Bidang apa yang harus kita fokuskan pada kemitraan negara, wilayah, dan bisnis domestik?

Pertama, kami akan memperluas ikatan ekonomi luar negeri yang menjanjikan dan membangun koridor logistik baru. Keputusan telah dibuat untuk memperluas jalan tol Moskow-Kazan ke Yekaterinburg, Chelyabinsk dan Tyumen, dan akhirnya ke Irkutsk dan Vladivostok dengan cabang ke Kazakhstan, Mongolia, dan Cina. Hal ini, sebagian, akan memungkinkan kami untuk memperluas hubungan kami dengan pasar Asia Tenggara.

Kami akan mengembangkan pelabuhan Laut Hitam dan Laut Azov. Kami akan memberikan perhatian khusus pada koridor internasional Utara-Selatan, seperti yang diketahui oleh mereka yang mengerjakannya setiap hari. Kapal dengan draft hingga 4,5 meter akan dapat melewati Kanal Laut Volga-Kaspia tahun ini. Ini akan membuka rute baru untuk kerjasama bisnis dengan India, Iran, Pakistan, dan negara-negara Timur Tengah. Kami akan terus mengembangkan koridor ini.

Rencana kami meliputi modernisasi jalur kereta api timur – Kereta Api Trans-Siberia dan Kereta Api Baikal-Amur (BAM) – dan membangun potensi Rute Laut Utara. Ini tidak hanya akan menciptakan lalu lintas barang tambahan tetapi juga landasan untuk mencapai tujuan nasional kita dalam mengembangkan Siberia, Arktik, dan Timur Jauh.

Infrastruktur daerah dan pembangunan infrastruktur, termasuk komunikasi, telekomunikasi, dan perkeretaapian akan mendapat dorongan yang kuat. Tahun depan, 2024, kami akan membuat kondisi yang layak setidaknya 85 persen dari semua jalan di kota metropolitan terbesar di negara ini, serta lebih dari setengah jalan regional dan kota. Saya yakin kami akan mencapai ini.

Kami juga akan melanjutkan program distribusi gas gratis kami. Kami telah memutuskan untuk memperluasnya ke fasilitas sosial – taman kanak-kanak dan sekolah, klinik rawat jalan dan rumah sakit, serta pusat kesehatan primer. Program ini sekarang bersifat permanen bagi warga kami – mereka selalu dapat meminta sambungan ke sistem distribusi gas.

Tahun ini, kami akan meluncurkan program besar untuk membangun dan memperbaiki perumahan dan sistem utilitas. Selama sepuluh tahun ke depan, kami berencana untuk menginvestasikan setidaknya 4,5 triliun rubel dalam hal ini. Kami tahu betapa pentingnya hal ini bagi orang-orang kami dan betapa terabaikannya area ini. Situasi ini perlu diperbaiki, dan kami akan melakukannya. Penting untuk memberi program awal yang kuat. Jadi, saya ingin meminta Pemerintah untuk memastikan pendanaan yang stabil untuk ini.

Kedua, kita perlu memperluas kemampuan produksi ekonomi kita secara signifikan dan meningkatkan kapasitas industri dalam negeri.

Alat hipotek industri telah dibuat, dan pinjaman jangka pendek sekarang dapat diambil tidak hanya untuk membeli fasilitas produksi, tetapi juga untuk membangun atau meningkatkannya. Besaran pinjaman semacam itu telah dibahas berkali-kali dan ada rencana untuk meningkatkannya. Ini adalah jumlah yang layak untuk langkah pertama: hingga 500 juta rubel. Ini tersedia dengan tarif 3 atau 5 persen hingga tujuh tahun. Kedengarannya seperti program yang sangat bagus dan harus dimanfaatkan dengan baik.

Persyaratan baru untuk klaster industri mulai berlaku tahun ini, termasuk beban fiskal dan administrasi yang lebih rendah pada perusahaan penduduk, dan pesanan dan subsidi negara jangka panjang untuk mendukung permintaan produk inovatif mereka, yang baru saja memasuki pasar.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,593PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru