Senin, 15 April 2024

SIAPA KORBAN BERIKUT..? Caleg Mantan Napi Pencabulan Anak Kembali Jadi Anggota DPRD Pandeglang

PANDEGLANG – Calon legislatif (caleg) dari Partai Nasdem Dapil Pandeglang 3, Yangto terpilih kembali sebagai anggota DPRD Pandeglang pada Pileg 2024.

Yangto tercatat pernah menjadi anggota DPRD Pandeglang pada 2019-2024, namun diberhentikan karena tersandung kasus pencabulan.

Yangto divonis 5 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Pandeglang, Banten dalam kasus pencabulan anak di bawah umur. Pencabulan tersebut dilakukan Yangto terhadap gadis inisial AT, warga Kecamatan Majasari, Pandeglang.

Dia kemudian kembali mencalonkan diri dan mendapatkan nomor urut 6 pada Pileg 2024 Dapil Pandeglang 3 meliputi 6 kecamatan yaitu: 1. Cikeusik 2. Angsana 3. Munjul 4. Bojong 5. Picung 6. Sindangresmi

Komisioner KPU Pandeglang, Restu Sugrining Umam membenarkan bahwa Yangto tercatat dalam daftar calon tetap (DCT) pada Pileg 2024 dari Dapil Pandeglang 3. Ia pun membenarkan bahwa yang bersangutan merupakan mantan napi kasus pencabulan terhadap anak di bawah umur.

Akan tetapi, lanjut Restu, Yangto telah memenuhi dan mematuhi aturan KPU untuk jadi caleg DPRD Pandeglang pada waktu itu.

“Aturannya ada di PKPU 10 tahun 2023 pasal 12 yang pasti yang bersangkutan sudah menempuh administrasi persyaratan dan tentunya sudah sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” kata Restu saat dikonfirmasi, Jumat (8/3/2024).

Jadi anggota DPRD Pandeglang lagi

Berdasarkan data yang diterima oleh, Yangto kembali terpilih jadi anggota DPRD Pandeglang dari Partai NasDem pada Pileg 2024. Di Dapil Pandeglang 3, Partai NasDem memperoleh suara 12.161.

Jumlah tersebut setengahnya berasal dari perolehan suara Yangto dengan total 5.652.

Kepada Bergelora.com di Pandeglang dilaporkan, sementara, partai dengan perolehan suara terbanyak ialah Demokrat. Partai besutan AHY ini memperoleh suara 18.089. Dengan perolehan suara tersebut, memastikan Demokrat memboyong dua kursi di Dapil Pandeglang 3. (Argo Bani Putra)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru