Rabu, 28 Februari 2024

UKRAINA BEBEK LUMPUH…! Putin Tanda Tangani Dekrit Untuk Ambil Alih PLTN Zaporizhzhia

JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menandatangani dekrit yang memerintahkan pemerintah untuk mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia dan properti lain yang diperlukan untuk operasional fasilitas tersebut.

Dalam dekrit terpisah, dia juga memerintahkan pemerintah untuk menerbitkan teks baru Konstitusi Rusia dengan amandemen jumlah wilayah.

Laman Kremlin mengatakan kebutuhan itu muncul karena “penambahan empat wilayah baru ke Rusia.”

Pada Rabu (5/10), Putin menyetujui ratifikasi masuknya wilayah Ukraina yaitu Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia, dan Kherson ke dalam Federasi Rusia.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sehari sebelumnya, parlemen Rusia meratifikasi perjanjian tentang kemerdekaan wilayah-wilayah Ukraina.

Putin telah menandatangani perjanjian dengan otoritas negara-negara yang baru merdeka di wilayah Ukraina yang memisahkan diri untuk bergabung dengan Rusia, menyusul referendum yang diadakan pada 23-27 September 2022.

Pemungutan suara dilakukan lebih dari tujuh bulan sejak perang Rusia melawan Ukraina yang dimulai 24 Februari 2022.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan keputusan Putin untuk empat wilayah itu tidak sah dan tidak memiliki konsekuensi hukum. Namun dirinya mengaku tidak bisa berbuat banyak atas pilihan rakyat si empat wilayah yamg telah merdeka dari Ukraina. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru