Senin, 20 Mei 2024

AKIBAT PENGAWASANNYA LEMAH…! Harga Pertalite, Pertamax dan Solar Naik, Jokowi Sebut 70 Persen Subsidi Dinikmati Warga Mampu!

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan dengan berat hati mengambil keputusan menaikkan harga pertalite, pertamax dan solar. Menurut Jokowi, keputusan ini diambil karena APBN pemerintah tidak sanggup lagi menanggung subsidi harga BBM.

“Pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk melindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia. Saya sebetulnya ingin harga BBM di dalam negeri tetap terjangkau dengan memberikan subsidi dari APBN, tetapi, anggaran subsidi dan kompensasi BBM tahun anggaran 2022 telah meningkat tiga kali lipat,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu, 3 September 2022.

Jokowi menjelaskan, awalnya subsidi untuk BBM digelontorkan hanya sebesar Rp 152,5 triliun. Namun kini nilainya membengkak menjadi Rp502,4 triliun karena harga minyak dunia yang tinggi.

“Dan itu akan meningkat terus. Dan lagi lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh golongan masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi,” ujar Jokowi.

Padahal, menurut Jokowi, subsidi yang berasal dari uang rakyat itu harusnya dinikmati oleh masyarakat kurang mampu. Oleh karena itu, Jokowi harus mengalihkan subsidi BBM menjadi bantuan langsung tunai atau BLT untuk masyarakat.

“BLT BBM sebesar 12,4 triliun yang diberikan kepada 20,65 juta keluarga yang kurang mampu sebesar Rp150 ribu per bulan dan mulai diberikan September selama empat bulan.

Pemerintah juga menyiapkan anggaran Rp9,6 triliun untuk 16 juta pekerja dengan gaji maksimum Rp3,5 juta per bulan dalam bentuk bantuan subsidi upah yang diberikan sebesar Rp600 ribu,” kata Jokowi.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan berikut merupakan harga BBM terbaru setelah Jokowi mengumumkan kenaikannya siang ini:

1. Pertalite dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter.

2. Solar subsidi dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter

3. Pertamax non subsidi dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter

Harga baru BBM tersebut mulai berlaku satu jam setelah diumumkan atau pukul 14.30 WIB. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru