Sabtu, 25 Mei 2024

Astaga! Denmark: Indonesia Panutan Toleransi Beragama

BANGKOK- Menlu RI Retno L.P Marsudi telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Denmark, Kristian Jensen di sela-sela Pertemuan ASEAN – EU ke-21  21   di Bangkok, Thailand, Jumat (14/10).

“Indonesia adalah panutan dunia dalam mempromosikan toleransi beragama”, disampaikan oleh Menlu Denmark dalam pertemuan bilateral tersebut. Pemerintah Denmark ingin menunjukkan ke masyarakat Eropa bahwa Indonesia adalah contoh terbaik dalam menjaga kerukunan beragama. Untuk itu, Menlu Denmark menyampaikan komitmen kuat Denmark untuk meningkatkan kerja sama dialog lintas agama dengan Indonesia.

Kedua Menlu juga membahas mengenai kerja sama di bidang maritim dan sepakat melaksanakan Bilateral Maritime Forum pertama pada tahun 2017. Forum ini merupakan tindak lanjut dari MOU on Maritime Cooperation yang telah ditandatangani pada bulan Oktober 2015. Kerja sama pelabuhan adalah salah satu isu yang akan dibahas dalam Forum ini.

Selain itu, kedua Menlu menyambut baik kerja sama antara BUMN kedua negara untuk peningkatan kerjasama di bidang pembangunan infrastruktur dan energi terbarukan. Indonesia dan Denmark telah memiliki payung hukum kerja sama di bidang energi melalui MoU Renewable and Clean Energy and Energy Conservation Cooperation.

Nilai perdagangan Indonesia-Denmark pada 2015 mencapai US$ 408,2 juta dengan surplus Indonesia sebesar US$ 5,7 juta. Denmark merupakan mitra dagang ke-tiga Indonesia di wiayah Nordik. Pada 2015 investasi Denmark tercatat sebesar USD 2 juta dalam 15 proyek. Jumlah wisatawan Denmark ke Indonesia adalah 20.005 orang pada 2014. Saat ini tercatat lebih dari 20 pengusaha Denmark yang hadir dan berpartisipasi pada kegiatan TEI 2016 di Jakarta. (Telly Nathalia)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru