Senin, 24 Juni 2024

AYO KAWAL…! Alexander Marwata : Kalau KPK Dibiarkan Jalan Sendirian, Korupsi Tak Akan Pernah Usai

JAKARTA Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata meminta agar lembaga antirasuah tidak dibiarkan jalan sendirian. Alex, sapaan karib Alexander Marwata, berharap kerja-kerja pemberantasan korupsi oleh KPK didukung semua pihak, salah satunya perguruan tinggi.

“Kalau KPK dibiarkan berjalan sendirian, bahkan satu abad pun korupsi tidak akan pernah usai,” kata Alex saat memberikan kuliah umum ‘Pendidikan Antikorupsi’ di Kampus Unkhair Ternate, Maluku Utara, Jumat (12/11/2021).

“Karena cikal bakal korupsi sudah ada sejak lama. Kini masyarakat Indonesia cenderung permisif atau serba membolehkan dan murah hati dalam memberikan sesuatu,” imbuhnya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, dalam kesempatan itu, Alex juga mengajak seluruh perguruan tinggi untuk bisa ikut berpartisipasi menciptakan kader-kader pemimpin yang berintegritas dan profesional. Sebab, pemimpin yang berkualitas tercipta dari para mahasiswa berintegritas

“Saya berharap Unkhair (Universitas Khairun) menjadi universitas kebanggaan masyarakat Maluku Utara dan bisa mencetak kader-kader pemimpin daerah maupun bangsa yang berintegritas dan profesional,” terangnya.

Alex mengaku kagum dengan kekompakan para mahasiswa tahun 1998. Kata Alex, mereka berhasil melengserkan rezim orde baru yang sudah bertahan selama 32 tahun. Adapun salah satu tuntutan mahasiswa kala itu, adalah pemberantasan korupsi yang kemudian melahirkan KPK.

“Selama 18 tahun KPK berdiri hingga hari ini, belum mampu mengentaskan korupsi di Indonesia. Meskipun, pemberantasan korupsi bukan hanya kewenangan KPK,” pungkasnya. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru