Sabtu, 24 Februari 2024

BENER GAK NIH..? Survei SMRC: 39 Persen Publik Nilai Sikap Jokowi yang Tak Jelas Dukung Capres PDI-P Kurang Pantas

JAKARTA – Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terkini menunjukkan bahwa publik menilai perilaku Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak jelas memberikan dukungan pada calon presiden (capres) PDI-P, Ganjar Pranowo, adalah kurang pantas dan tidak pantas.

Sebanyak 39 persen responden menyatakan sikap Jokowi tersebut kurang pantas dan delapan persen menyatakan tidak pantas sama sekali.

“Yang mengatakan pantas 30 persen,” kata pendiri SMRC Saiful Mujani dalam tayangan YouTube SMRC TV, dikutip Jumat (24/11/2023).

Atas hasil tersebut, Saiful Mujani menilai dukungan moral masyarakat terhadap sikap Jokowi terhadap PDI-P tidak kuat. Menurutnya, masyarakat sudah terlanjur mengenal Jokowi sebagai kader PDI-P. Oleh karena itu, dari hasil survei tersebut, masyarakat menilai semestinya Jokowi mendukung secara eksplisit capres yang diusung PDI-P, Ganjar Pranowo.

“Dan kita tahu, di dalam keputusan tersebut (pengusungan Ganjar Pranowo), Pak Jokowi sendiri hadir (di Istana Batutulis). Di beberapa kesempatan juga secara verbal mengatakan saya titip Ganjar Pranowo dimenangkan kira-kira begitu,” ujar Saiful Mujani.

“Tapi, harusnya itu kan tidak disertai dengan Gibran menjadi calon wakil presiden Prabowo. Harusnya seperti itu, tapi kenyataannya tidak demikian,” katanya lagi.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, di sisi lain, Saiful memandang apa yang terjadi pada kasus Jokowi tidak secara jelas mendukung Ganjar Pranowo yang adalah kader PDI-P, menjadi satu hal unik dalam politik Indonesia.

Ia mengaku tidak pernah menemukan kasus ini terjadi di negara atau daerah lain.

“Jadi ini peristiwa yang sangat langka, peristiwa yang saya tidak tahu di daerah lain, tapi itu bisa terjadi di sini,” ujar Saiful.

“Nah itu kalau mau menyebut secara positif, itu unik. Tapi kalau mau bicara kritis, mungkin menyimpang dari pakem-pakem perilaku politik elite,” katanya lagi.

Diketahui, PDI-P mengusung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Sementara itu, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, diketahui adalah cawapres Prabowo.

Pasangan ini mendapatkan nomor urut 2 di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Sebagai informasi, survei SMRC ini dilakukan pada 29 Oktober-5 November 2023.

Survei ini dilakukan dengan metode stratified multistage random sampling, dengan 2.400 responden. Lalu, response rate sebesar 1.939 atau 81 persen.

Sementara itu, margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih kurang 2,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru