Sabtu, 15 Juni 2024

BISA GAK STOP IMPOR BERAS DAN GULA..? Jokowi Lantik Amran Sulaiman Jadi Mentan Gantikan Yasin Limpo

BISA GAK STOP IMPOR BERAS DAN GULA..? Jokowi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian Gantikan Syahrul Yasin Limpo

JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (25/10/2023).

Pelantikan tersebut berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti.

Usai pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Amran Sulaiman.

“Demi Allah bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab,” demikian kata Amran mengucapkan bunyi sumpah jabatan tersebut.

Adapun pelantikan pada Rabu pagi juga dihadiri sejumlah pejabat negara, antara lain Menko Polhukam Mahfud MD, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, sebagaimana diketahui, Amran Sulaiman sebelumnya pernah menjabat sebagai Menteri Pertanian periode 2014-2015. Saat itu, Amran menjadi menteri di Kabinet Kerja yang juga dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Amran selama ini juga dikenal publik sebagai akademisi di Universitas Hasanuddin dan pengusaha yang memproduksi produk pengendalian hama. Amran pun memiliki latar belakang pendidikan di bidang Ilmu Pertanian. Pendidikan strata 1 hingga doktoral ditempuhnya di Universitas Hasanuddin dengan mengambil satu bidang yang sama, yakni Ilmu Pertanian.

Sulaiman ini sudah sering diundang ke Istana Kepresidenan Jakarta sejak 1990-an untuk melakukan presentasi soal pengendalian hama tikus.

Pada 2007, Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), menganugerahkan tanda kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian kepada Amran.

Amran dilantik sebagai Menteri Pertanian definitif menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang sebelumnya mengundurkan diri sebagai Menteri Pertanian setelah menjadi tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru