Senin, 15 April 2024

Boediono Lempar Kesalahan Pada Bawahan

JAKARTA- Mantan Gubernur Bank Indonesia, Boediono, terkesan melempar tanggung jawab kepada para deputi Gubernur BI dalam pemberian FPJP. Boediono dianggap menggunakan tekanan krisis sebagai alasan.
 
“Ia membenarkan proses pemberian FPJP yang ilegal itu. Namun menimpakan kesalahannya kepada bawahan,” demikian, Inisiator dan Anggota Timwas Century DPR Bambang Soesatyo kepada bergelora.com di Jakarta, Jumat (9/5).

Menurutnya, ketika bersaksi untuk terdakwa Budi Mulya di pengadilan Tipikor Jakarta (9/5), Boediono tidak memberi jawaban tegas tentang tanggung jawab atas pemberian FPJP walaupun dia tahu Bank Century tidak memenuhi persyaratan.
 
Kepada majelis hakim, Boediono menggambarkan bahwa perannya hanya sampai pada tahap merubah PBI (Peraturan Bank Indonesia). Sedangkan penanggung jawab pemberian FPJP berada di pundak tiga deputi gubernur BI, meliputi Budi Mulya, Budi Rochadi dan Siti Fadjriah.
 
Menrurutnya Boediono terkesan ingin cuci tangan dan menimpakan semua ekses penyelamatan Bank Century kepada para Deputi Gubernur BI. Dari kesaksiannya itu, Boediono juga cenderung memosisikan FPJP sebagai keputusan personal masing-masing Deputi Gubernur BI, dan bukan keputusan institusi BI.
 
“Jawaban Boediono seperti itu semakin membingungkan. Soalnya, keputusan Dewan Gubernur BI selama ini dipahami sebagai keputusan kolektif kolegial. Saya teringat lagi akan sebuah notulen Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI. Dalam RDG yang memperdebatkan ketidaklengkapan syarat pemberian FPJP untuk Bank Century itu, Budi Mulya terkesan mulai cemas,” ujarnya.
 
Kecemasan Budi Mulya tercemin dari kalimat-kalimat yang ditujukannya ke Boediono. Misalnya, “…….kita bersama hrs mencari suatu situasi agar tidak ada permasalahan di kemudian hari. Kasihan Kawan-kawan Satker tidak tau apa-apa. Mereka hanya melaksanakan apa yang kita Dewan putuskan.”
 
Dari pernyataan Budi Mulia itu, sangat jelas bahwa Boediono selaku pimpinan rapat, ikut memutuskan.
 
“Saya berharap pengadilan Tipikor tidak membiarkan Boediono cuci tangan atau lari dari tanggung jawab,” tegasnya. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru