Sabtu, 25 Mei 2024

FENOMENA ANEH NIH..! Mentan: Hujan Tiba-Tiba Berhenti dan Lahan Hangus

JAKARTA – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkap fenomena aneh yang sedang terjadi di sektor pertanian Indonesia. Dikatakan keanehan ini terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam acara Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kementerian Pertanian dengan Kepolisian Negara RI, Kamis (25/4/2024), Menteri Amran menyebut fenomena ini belum pernah terjadi sebelumnya.

Dengan keanehan yang berlangsung, Mentan menyebabkan para petani mengalami kerugian dengan jumlah yang sangat fantastis, mengingat fenomena ini terjadi di banyak lahan di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Ada fenomena yang kami tidak pernah temukan, Jawa Tengah Jawa Timur kami mencoba tanam tetapi tiba-tiba hujan terhenti. Itu 2 minggu semua tanaman hangus,” ujar Menteri Amran di sela-sela sambutannya.

“Dan itu kerugian ratusan miliar sampai triliunan, seketika. Bisa dibayangkan petani biayanya hilang. Kelihatan ada hujan tapi setelah tanam tiba-tiba terhenti, 2 minggu-3 minggu (tidak hujan) sehingga tanaman kita mulai dari nol kembali,” tambahnya.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, lebih lanjut, Mentan sendiri memang mengakui bahwa saat ini dunia tengah mengalami krisis pangan akibat adanya disrupsi perubahan iklim. Ia menyampaikan bahwa sekarang sedang terjadi pemanasan global 1,2 derajat dan menuju 1,5 derajat 2030.

Ia mengatakan jika ini terus terjadi, maka akan menjadi ancaman bagi pangan dunia dan Indonesia resistensi 7-16% rentan kelaparan.

Ini terberat sepengetahuan kami mengenal pertanian, ini lah situasi terberat tahun ini. Kalau krisis kesehatan terjadi kita masih menggunakan masker, tapi kalau sudah terjadi krisis pangan, itu sudah pasti melompat ke krisis politik dan terjadi konflik sosial di antara kita,” pungkasnya. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru