Sabtu, 24 Februari 2024

GAS TERUS MBAK..! Sri Mulyani Ramal Ekonomi RI di 2024 Melesat ke 5,2 Persen Berkat Pemilu

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewakili Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) meramal pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2024 bisa mencapai 5,2 persen. Hal itu mengingat adanya penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun ini.

Menurut Sri Mulyani, pertumbuhan ekonomi di 2023 kuartal III yang tumbuh 5,05 persen didorong oleh aktivitas konsumsi dan investasi yang terjaga kuat, seiring dengan inflasi yang stabil di kisaran bawah target 2023 sekitar 3 persen plus minus 1 persen.

“Untuk tahun 2024 ini kami masih proyeksikan ekonomi pada kisaran 5,2 persen sesuai asumsi APBN. Proyeksi pertumbuhan yang kuat di 2024 terutama didorong oleh aktivitas penyelenggaraan pemilu,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers Hasil KSSK di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Sri Mulyani menjelaskan saat ini aktivitas konsumsi masyarakat masih kuat, didukung dengan tingkat inflasi yang relatif terkendali dan juga penurunan tingkat pengangguran, serta peranan APBN yang secara aktif pada 2023 yang lalu sebagai shock absorber yang terus menjaga daya beli masyarakat kita.

Sri Mulyani melanjutkan, pada kuartal IV 2023 kekuatan ekonomi masih terjaga. Aktivitas manufaktur yang diukur dengan Purchasing Managers’ Index (PMI) masih terus di atas 50, yang menandakan berada di zona ekspansi.

Kemudian neraca perdagangan Indonesia terus membukukan surplus selama 44 bulan beruntun. Kemudian penjualan ritel serta Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) masih stabil dan kuat.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, pertumbuhan ekonomi 2024, kata Sri Mulyani, akan ditopang oleh aktivitas Pemilu yang akan meningkatkan konsumsi pemerintah, masyarakat, dan Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT). Faktor penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) juga akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi.

“Kita harap berdampak positif pada aktivitas konsumsi, konsumsi pemerintah dalam pelaksanaan pemilu sendiri, maupun dari masyarakat serta berlanjutnya pelaksanaan dan penyelesaian proyek-proyek strategis nasional pada 2024,” ucap dia. (Enrico Nehimia Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru