Jumat, 23 Februari 2024

Guru Honorer Tuntut Jaminan Kesehatan

SERANG- Federasi Serikat Pekerja Tenaga Pendidik (FSPTP) yang berafiliasi dengan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) menuntut agar para guru honorer mendapatkan jaminan kesehatan. Untuk itu FSPTP juga akan mendesak pemerintah pusat untuk membuat regulasi mengenai dana Bantuan Oprasional (BOS) khusus untuk kesejahtraan para tenaga pendidik dan kependidikan non PNS di semua sekolah baik negeri maupun swasta untuk mengcover BPJS. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum FSPTP, Neneng Yulianah kepada Bergelora.com di Serang, Senin (22/2)

“Pemerintah harus membuat regulasi dari tingkat pusat sampai daerah agar guru honorer di jamin kesehatannya. Semua anggota FSPTP harus mendapatkan program BPJS gratis dari Pemerintah. Karena ada kesenjangan antara yang guru tetap dan yang honorer,” tegasnya.

Sebelumnya dalam Musyawarah Daerah FSPTP di Serang, Banten Sabtu (20/2) lalu, Ketua FSPTP Provinsi Banten, Teti mengatakan bahwa sekolah dan yayasan pendidikan yang sudah maju dan besar seharusnya untuk memperjuangkan nasib gurunya terutama di bidang kesehatan.

“Guru honorer berhak atas jaminan kesehatan karena kita sama-sama dituntut mencerdaskan seluruh rakyat Indonesia. Jika ada kader tenaga honorer yang di intimidasi oleh pemerintah setempat atau kepala FSPTP yang akan bertanggung jawab dan akan melakukan pendampingan terhadap kadernya,” paparnya.

Koordinator BPJS regional 13 untuk Wilayah Banten Iwan Sagani yang hadir dalam Musyawarah Daerah itu menjelaskan bahwa anggota FSPTK dan masyarakat yang berhak mendapatkan BPJS.

“Segera mendaftarkan diri karena tahun 2015 kemarin juga sekitar 50% dana masih tersisa di BPJS,” ujarnya.

Iwan meminta bantuan FSPTP dalam mensosialisasikan program pemerintah salah satunya BPJS. Karena banyak di daerah yang sering menyalah gunakan wewenang terutama mengkomersialkan BPJS.

“Segera data kader dari anggota FSPTK yang belum punya jaminan kesehatan dan perjuangkan” ujarnya. (Moh. Jumri)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru