Rabu, 21 Februari 2024

JANGAN GOYAH..! Pergerakan Advokat Minta Aparat Penegak Hukum Netral Dalam Pemilu 2024

JAKARTA- Netral dan tidaknya aparat penegak hukum akan berpengaruh pada legitimasi hasil Pemilu 2024. Demikian disampaikan oleh Heroe Waskito, Ketua Umum Pergerakan Advokat.

“Jangan sampai proses dan hasil Pemilu 2024 dicederai oleh intervensi dari aparat penegak hukum dalam bentuk apapun. Baik itu intervensi secara personal sebagai anggota aparat penegak hukum maupun terorganisir dalam kelembagaan penegak hukum,” tegasnya.

Ia menuntut agar anggota maupun lembaga penegak hukum seperti kepolisian dan kejaksaan harus benar-benar netral dalam Pemilu.

Advokat yang juga aktivis di era ‘80an ini juga mengingatkan, bahwa ketidaknetralan aparat penegak hukum tidak hanya berdampak pada proses dan hasil pemilu semata, ketidaknetralan tersebut juga akan menjadi pemicu ketidakpercayaan masyarakat kepada lembaga penegak hukum.

“Dampaknya tidak hanya pada Pemilu. Harus diingat, banyak hasil survei yang menyatakan bahwa ketidakpercayaan masyarakat kepada aparat penegak hukum itu masih tinggi. Ketidaknetralan aparat dalam Pemilu akan menyulut ketidakpercayaan masyarakat itu semakin tinggi.”

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, Heroe memberi contoh, lembaga kepolisian. Belum lama Polri mengalami titik terendah kepercayaan masyarakat akibat kasus Sambo dan peristiwa Kanjuruhan. Susah payah Polri meningkatkan citra untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat.

“Jangan sampai kepercayaan masyarakat yang mulai terbangun lagi itu menjadi hancur gara-gara masyarakat melihat polisi tidak netral dalam Pemilu 2024. Bila itu terjadi, akan sangat sulit lagi bagi Polri untuk memperbaiki,” katanya.

“Memang tidak bisa dipungkiri, bahwa urusan karier di jajaran petinggi lembaga seperti Polri sulit terhindar dari pengaruh politik. Harus diingat, bahwa institusi merupakan hal yang lebih utama daripada karier personal.” ujarnya

“Namun saya masih percaya bahwa masih banyak polisi yang mau untuk bersikap profesional. Dan saya yakin bahwa mereka yang profesional inilah nanti yang ujungnya akan mendapatkan karier cemerlang,” katanya.

“Masyarakat saat ini sudah sangat cerdas. Mereka aktif mengawasi netral tidaknya aparat. Masyarakat pasti akan bereaksi bila aparat penegak hukum tidak netral dalam Pemilu 2024,” pungkas Heroe. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru