Senin, 22 Juli 2024

JANGAN IRI DONG…! Jokowi Masuk Daftar Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

JAKARTA- Presiden Joko Widodo atau Jokowi masuk dalam jajaran tokoh muslim paling berpengaruh di dunia atau The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2022. Jokowi bersanding dengan sejumlah kepala negara dan tokoh muslim dari sejumlah negara.

Dilansir dari situs resminya, Jokowi berada di urutan ke-13. Dari Indonesia, selain Jokowi ada pula Said Aqil Siradj yang berada di urutan ke-19.

“Ini pasti bikin beberapa orang kesal. Karena Presiden Jokowi kerap mendapatkan hujatan di dalam negeri sebagai presiden turunan PKI, pro-China bahkan disebut anti Islam, justru disebut sebagai tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Semoga yang anti Jokowi sadar dan diampuni dosa-dosanya,” demikian Aan Rusdianto, pengamat politik kepada Bergelora.com di Jakarta, Selasa (2/11).

Menurut mantan pimpinan PRD (Partai Rakyat Demokratik) yang pernah diculik tim mawar Kopassus ini sudah saatnya umat muslim Indonesia bersatu dan mendukung upaya pemerintah untuk bisa segera pulih dari serangan pandemi Covid-19.

“Sebagai mayoritas, umat muslim menentukan maju mundurnya bangsa ini. Kalau umat bersatu untuk maju maka Indonesia akan lebih cepat untuk bangkit menjadi bangsa yang besar. Namun kalau isinya kebencian melulu, ya kita tertinggal jauh,” ujar Aan yang sekarang aktif di Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, di urutan pertama tokoh muslim paling berpengaruh di dunia adalah Sheikh Tamim bin Hamid Al-Thani, yang merupakan Emir Qatar. Ia menjadi pemimpin Qatar di usia 33 tahun setelah ayahnya, Sheikh Hamad bin Khalifa Al-Thani, turun tahta pada Juni 2013.

Raja Salman bin Abdul-Aziz Al-Saud dari Arab Saudi berada di urutan kedua, sedangkan urutan ketiga tokoh muslim paling berpengaruh adalah pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Di urutan keempat adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Uniknya ada pula pemimpin Taliban dalam jajaran tokoh muslim berpengaruh yaitu Haibatullah Akhundzada. Ia berada di urutan ke-50. Akhundzada disebut sebagai pemimpin Taliban yang peduli terhadap pendidikan anggotanya.

The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims adalah survei tahunan yang dilakukan oleh Pusat Pembelajaran Strategis Kerajaan Islam Yordania yang berpusat di Amman. Selain pemimpin negara, ada pula penghargaan untuk tokoh agama, tokoh politik, sosial, budaya, akademisi, pengusaha, ilmuwan, seniman, dan atlet. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru