Senin, 20 Mei 2024

KAN UDAH PIKUN..! Akui Biden Tak Tanggapi Permintaan Gencatan Senjata di Gaza

JAKARTA – Presiden Joko Widodo mengakui Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tidak memberikan tanggapan saat dirinya menyampaikan soal permintaan agar AS mendorong gencatan senjata di Gaza, Palestina.

Menurut Presiden, dirinya sudah secara langsung menyampaikan soal urgensi mengapa gencatan senjata harus dilakukan segera.

“Saya bertemu di White House dengan Presiden Joe Biden setelah itu bertemu lagi di San Fransisco di APEC, di kedua tempat ini saya menyampaikan secara langsung pentingnya kekejaman di Gaza dihentikan,” ujar Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (20/11/2023).

“Yang kedua, gencatan senjata (harus) segera dilakukan dan yang ketiga perang segera disetop, serta yang keempat, bantuan kemanusiaan harus dipermudah untuk bisa masuk ke Gaza, di Gedung Putih itu yang saya sampaikan, di APEC juga itu saya sampaikan secara tegas,” jelas Jokowi.

Meskipun sudah dua kali menyampaikan permintaan tersebut, Jokowi mengaku, tak ada respons apapun dari Biden.

“(Presiden Biden) tidak menanggapi,” ungkap Jokowi.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, kepala Negara lantas menjelaskan, ada kemungkinan empat poin yang disampaikannya kepada Presiden Biden itu masih ditampung menjadi pemikiran.

Jokowi pun optimis keempat poin tersebut pasti akan dicatat pihak AS.

“Artinya, mungkin masih ditampung jadi pemikiran, saya kira dari apa yang kami sampaikan pasti dapat, saya pastikan dicatat, menjadi catatan,” tambah Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, gencatan senjata di kawasan Gaza merupakan sebuah keharusan. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat bertemu dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Amerika Serikat (AS) pada Senin (13/11/2023) waktu setempat.

“Gencatan senjata (di Gaza) adalah suatu keharusan demi kemanusiaan,” ujar Jokowi saat bertemu Biden sebagaimana dilansir AFP, Selasa (14/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga meminta agar AS berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza sebagai akibat dari konflik Hamas-Israel.

“Indonesia juga berharap kemitraan kita dapat berkontribusi pada perdamaian dan kemakmuran regional dan global. Oleh karena itu Indonesia meminta AS untuk berbuat lebih banyak untuk menghentikan kekejaman di Gaza,” tegas Jokowi.

Namun dalam sejumlah kesempatan, Biden memang menolak adanya gencatan senjata di Gaza. Ia berpandangan bahwa gencatan senjata hanya akan memberikan jeda waktu bagi Hamas, untuk memenuhi kebutuhan senjatanya. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru