Kamis, 13 Mei 2021

KEREN NIH MAAAS…! Disebut Berkhasiat Sembuhkan Covid-19, Empat RS di Yogyakarta Gelar Penelitian Manfaat VCO

Minyak VCO (Virgin Coconut Oil) kini banyak diburu masyarakat karena disebut minyak anti corona. (Ist)

YOGYAKARTA – Upaya penemuan obat untuk mendukung pengobatan Covid-19 terus dilakukan oleh para peneliti di berbagai belahan dunia. Salah satunya memanfaatkan bahan alam atau herbal, termasuk menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO).

 
Saat ini empat rumah sakit di Yogyakarta tengah melakukan penelitian terapi penyembuhan virus corona (Covid-19) menggunakan VCO. Keempat rumah sakit tersebut adalah RSUP Dr. Sardjito, RSA UGM, RSUD Wonosari, serta RSUD Sleman.
 
Pakar Pulmonologi FKKMK UGM sekaligus Ketua Tim Airbone Disease RSUP Dr. Sardjito, Ika Trisawati mengatakan penggunaan VCO dalam terapi Covid-19 dilatarbelakangi kandungan dalam minyak tersebut yang diketahui memiliki antivirus yang baik seperti asam laurat (C12) dan monolaurin (ML) serta derivatnya.
 
“VCO merupakan medium chain fatty acids (MCA) yang mengandung asam laurat diubah menjadi monogliserida monolaurin mempunyai efek antiviral dengan cara menghancurkan membran lipid virus,” jelas Ika dalam webinar Uji Klinis dan Penanganan Covid-19 yang diselenggarakan Pusat Kedokteran Herbal FKKMK UGM, Kamis (15/4/2021).
 
Kepada Bergelora.com dilaporkan, Ika memberikan contoh cara kerja VCO yaitu seperti pada sabun. VCO bekerja dengan merusak membran sel pada virus. VCO masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi monolaurin yang saat berinteraksi dengan membran sel virus bakal merusak lapisan lipid pada sel tersebut.
 
Dengan begitu, membran sel virus menjadi rusak dan tidak berfungsi.
 
Dalam pilot studi di empat rumah sakit tersebut, Ika mengungkap hasil yang signifikan.
 
Selain itu, ada penurunan marker inflamasi antara lain CR, ferritin, dan IL6, walaupun secara statistik tidak siginifikan.
 
Temuan lain menunjukkan adanya penurunan D Dimer atau fragmen protein yang muncul saat bekuan darah larut dalam tubuh, serta ferritin yang signifikan.
 
“VCO dapat menurunkan marker inflamasi pada penderita Covid-19 sehingga diharapkan dapat mencegah perberatan penyakit,” paparnya. (Hari Subagyo)
 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

6FansSuka
7PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terbaru