Minggu, 14 Juli 2024

Kuba Berhasil Sembuhkan 80% Anak Leukemia

HAVANA- Hampir 80% anak-anak penderita Leukimia (Kanker Darah Putih) di Kuba telah berhasil disembuhkan. Tingkat kesembuhan ini tertinggi diseluruh dunia menurut ahli Hematology and clinical pediatrician Dr. Sergio Machín di Institute Hematology dan Immunology (IHI) milik negara.

Ia menjelaskan bahwa, kemajuan ini juga dipersembahkan untuk negara-negara berkembang lainnya.

Menurutnya acute lymphoblastic leukemia (ALL) adalah jenis penyakit yang paling mematikan pada usia anak dan pertama kali bisa disembuhkan di Kuba. Saat ini Kuba menurutnya mengajarkan cara baru penyembuhan yang kompresensif pada pasien anak penderita leukimia, bekerja sama dengan 14 negara lainnya. 
Negara-negara partisipan dalam proyek penelitian internasional tersebut adalah Argentina, Chile and Uruguay, in Latin America dan beberapa negara Eropa lainnya.

“Sebelumnya ada beberapa cara penyembuhan yang dikembangkan sejak tahun 1970-an, dengan berkembang dari tahun ke tahun. Penerapan protokol penyembuhan di Kuba dimulai pada tahun 2009, dan terus meningkat keberhasilan penyembuhannya,” jelasnya.

Pelayanan penyembuhan Leukimia pada anak diberikan di tujuh lembaga di Kuba yaitu diantaranya dua di Havana dan lainnya di Pinar del Río, Villa Clara, Camagüey, Holguín and Santiago de Cuba. 

Setiap tahunnya terdapat kurang lebih 70 kasus baru penderita leukemia di Kuba, 75% menderita lymphoblastic dan dapat, disembuhkan sehingga anak-anak bisa kembali normal menjalani kehidupan,” jelas Dr. Sergio Machín. 

Pengurus Nasional Dewan Kesehatan Rakyat (DKR), Tutut Herlina menyatakan keberhasilan pemerintahan Kuba dalam memastikan kesehatan rakyatnya patut menjadi contoh baik bagi pemerintahan Indonesia dimasa mendatang.

“Sudah kesehatannya gratis, gak perlu BPJS yang menarik iuran seperti disini. Penelitian dan ilmu kedokterannya diabdikan untuk kemanusiaan. Koq negara komunis bisa sangat Pancasilais. Di Indonesia yang anti komunis, Pancasila jadi pemanis bibir elit politik,” tegasnya kepada Bergelora.com di Jakarta, Jumat (30/5) (www.granma.cu/ Firmatus Deddy)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru