Kamis, 29 Februari 2024

Mantap! 71 Tahun TNI AU, Presiden: Jadilah Tentara Profesional yang Dicintai Rakyat

JAKARTA- Usai kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengunjungi Terminal Selatan Lapangan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Minggu (9/4). Kehadiran Presiden tersebut dilakukan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU).

Presiden didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo berfoto bersama dengan 152 pilot pesawat tempur TNI AU.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga berkesempatan menaiki sejumlah pesawat tempur TNI AU yang sedang terparkir. Salah satunya adalah pesawat Sukhoi yang merupakan salah satu pesawat tempur TNI AU.

Kepada Bergelora.com dilaporkan, di dalam kokpit pesawat Sukhoi 27/30 Flanker, Presiden menyempatkan diri untuk memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada TNI AU. Ia memberikan apresiasi kepada jajaran TNI AU yang telah menjalankan perannya sebagai penjaga wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Selamat Hari Ulang Tahun ke-71 TNI Angkatan Udara. Terima kasih telah menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah udara Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Presiden sebagaimana disampaikan oleh Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi, Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Tak lupa, Kepala Negara juga berpesan agar jajaran TNI AU terus menjadi tentara profesional yang dicintai rakyat.

“Teruslah menjadi tentara yang profesional yang dicintai rakyat,” ucapnya.

Pasukan Khas TNI- Angkatan Udara (Ist)Sebelum meninggalkan tempat, Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyalami sejumlah pilot pesawat tempur yang sedang menyanyikan yel-yel dengan semangat.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan tersebut, Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

132 Pesawat

Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsekal Pertama Jemi Trisonjaya mengatakan, peringatan HUT TNI AU tersebut melibatkan 1600 personel dan 132 pesawat.

Pesawat yang digunakan antara lain Sukhoi 27/30, F-16, T-50i, Hawk 109/209, EMB-314, Boeing, C-130 Hercules, CN-295/235 MPA dan EC-120 B. Selain itu ada juga helikopter NAS 332, SA-330, C-725, pesawat Grob G-120 TP, KT-1 Woong Bee, T-41 Cessna dan UAV.

“Pada peringatan HUT ke 71, TNI Angkatan Udara menggelar parade, defile (perarakan tentara), demo udara dan demo darat di Lanud Halim Perdanakusuma. Kegiatan tersebur melibatkan beberapa unsur kekuatan TNI AU,” ujar Jemi melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (8/4/2017).

Jemi menuturkan, dalam demo udara akan digelar fly past pesawat latih, fly pas helikopter, fly past pesawat angkut, fly past pesawat tempur dan penampilan aerobatik udara Jupiter Aerobatic Team.

Selain itu, juga ditampilkan pertempuran udara antara pesawat Sukhoi dengan F-16, manuver bomb burst, high speed pass F-16 dan Sukhoi menggunakan flare, simulasi serangan udara langsung, demo SAR tempur dan simulasi bantuan tembakan udara.

Pada kesempatan yang sama TNI AU akan memeragakan aksi terjun payung dalam simulasi operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara (OP3U).

Sedangkan dalam kegiatan demo darat akan ditampilkan simulasi pembebasan sandera yang melibatkan 90 personel Satuan Detasemen Bravo (Satbravo 90) dengan menggunakan dua helikopter, yakni NAS-332 dan SA-330.

Grup drumband Taruna AAU ikut berpartisipasi dengan menampilkan kepiawaian mereka memainkan alat musik.

“Penampilan demo darat dan demo udara yang atraktif tersebut dapat disaksikan oleh masyarakat umum di Lanud Halim Perdanakusuma mulai pukul 08.00 WIB, tanpa dipungut biaya dan undangan khusus,” kata Jemi. (ZKA Warouw)

 

 

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru