Kamis, 29 Februari 2024

Mantap ! Dua Mantan Aktivis 98 Mendaftar Calon Bupati

BUOL- Dua Mantan Aktivis, Marwan Dahlan dan Abdulah Rahman Resmi Daftar bakal calon Bupati pada Desk Pilkada Partai NasDem Kabupaten Buol. Marwan Dahlan, tiba di kantor Partai NasDem kabupaten Buol disambut langsung oleh Bahri Asiki Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Buol, di Buol, Sulawesi Tengah, Selasa (22/3)

Marwan, tidak datang sendiri. Dia ditemani oleh 2 (dua) Sayap Partai penting dari partai Hanura, masing-masing Pemuda Hanura dan Gema Hanura kabupaten Buol.

“Saya ingin tunjukan keseriusan saya dan Partai Hanura untuk ikut ambil bagian di pilkada serentak tahap II tahun 2017 nanti. Saya percaya, Partai NasDem adalah Partai yang tepat untuk berkoalisi dengan kami. Karena itu, saya berharap mendapat kesempatan untuk dapat dicalonkan oleh Partai NasDem kelak,” jelasnya kepada Bergelora.com ketika ditanya kenapa harus ditemani oleh sayap partai.

Untuk diketahui, Marwan Dahlan adalah mantan Aktivis Mahasisa Era Tahun 1990-an dan Aktivis Lingkungan Hidup Hingga Tahun 2000-an dan selanjutnya aktif berkiprah di dunia politik praktis hingga saat ini. Pada periode 2009-2014 Marwan menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Buol dan saat ini menjabat Ketua DPC Partai Hanura kabupaten Buol.

Setelah itu, Abdulah Rahman juga tiba di Kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Buol dengan maksud yang sama. Abdulah Rahman, tidak datang sediri. Dia didampingi oleh ratusan massa yang mayoritas petani dari Kabupaten Buol. 

“Saya ingin tunjukkan bahwa maju ambil bagian pada pilkada serentak tahap II tahun 2017 nanti, bukan keinginan saya sendiri melainkan keinginan dari masyarakat kabupaten Buol utamanya petani,” jelasnya kepada Bergelora.com ketika ditanya mengapa melibatkan rakyat tani.

Abdulah Rahman dan ratusan pendukungnya, diterima langsung oleh Bahri Asiki (ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Buol) saat mendampingi Desk Pilkada di hari terakhir pendaftaran.

Abdullah Rahman, SP adalah Anggota DPRD Kabupaten Buol dari Partai PKPI. Dia juga Aktivis Forum Tani Kabupaten Buol, yang aktif mendampingi perjuangan petani di Kabupaten Buol. 

Selain Marwan Dahlan dan Abbdulah Rahman yang menyerahkan berkas di hari terakhir pendaftaran, beberapa tokoh penting di Buol juga terlihat menyerahkan berkas pendaftarannya. Seperti Kader NasDem sendiri Tracy Octaviana Mbow, Sekda kabupaten Buol Abdul Hamid Lakuntu, Ketua Perindo Buol Rusli Umar dan beberapa tokoh penting lainnya.

Dengan demikian tercatat 13 bakal calon kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah resmi mendaftar pada Desk Pilkada Partai NasDem kabupaten Buol. Masing-masing adalah 1) Syamsudin Koloi, 2) Moh. Nasir DJ Daimaroto, 3) Rusli Arip Umar, 4) Mochtar Y Samad, 5) Tracy Oktaviana Mbow, 6) Latif Korompot, 7) Makakeno S. Daibole, 8) Marwan Dahlan, 9) Abdullah Rahman, 10) Saiful Bahri Labha, 11) Efendi Nonci. 12) Mohtar O. Samah, dan 13) Hamid Lakuntu. 

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tengah Abubakar Nopan Saleh, resmi mendaftar jadi bakal calon Bupati pada Desk Pilkada Kabupaten Banggai Kepulauan.

Ditemana Istri Asria Saudi, , Abubakar Nopan Saleh, tiba di kantor partai NasDem Kabupaten Banggai disambut langsung Ketua DPD Partai NasDem, Rudi Pakaya dan sejumlah jajaran Pengurus DPD Partai NasDem Banggai Kepulauan.

Setibanya di kantor DPD Partai NasDem Banggai Kepulauan, Abubakar Nopan Saleh langsung menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai bakal calon Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah kepada Desk Pilkada Partai NasDem kabupaten Banggai Kepulauan.

Dalam perbincangan setelah menyerahkan berkas, Abubakar berharap dapat di calonkan oleh partai NasDem. Sebagai putra Daerah, Dia percaya bersama partai NasDem dengan cita-cita Restorasinya, Dia dapat mengabdikan dirinya dalam membangun kesejahteraan masyarakat di kabupaten Banggai Kepulauan.

Rudi Pakaya Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Banggai Kepulauan mengatakan, Saya menyambut baik harapan-harapan dari seluruh bakal calon.

“Karena itu, mari kita serahkan kepada mekanisme penjaringan yang di lakukan saat ini,” ujarnya.

Sebelumnya pukul 13.30 wita, Purnawirawan Polri Najib Bangunan dan Ketua Fraksi Golkar DPRD Banggai Kepulauan 2014-2019, Delmar D Siako juga menyerahkan berkas pencalonan pada Desk Pilkada Partai NasDem Banggai Kepulauan.

Dengan demikian, hingga hingga hari terakhir ini ada 12 bakal calon yang sudah memasukan berkas pencalonan di Desk Pilkada Partai NasDem kabupaten Banggai Kepulauan. Mereka adalah, 1) Irianto Malinggong, 2) Amoruddin Kasim Latarang, 3) Hery Ludong, 4) Ajmain Lumbon, 5) Lania Laosa, 6) Djamal Mariadjang, 7) Hesmon FVL Pandili, 8) Boy Tunggul, 9) Herman Rahmat Pandipa, 10) Najib Bangunan, 11) Delmard Siako, dan 12) Abubakar Nopan Saleh.

Selanjutnya, Desk Pilkada akan memeriksa kembali kelengkapan berkas melalui Rapat Pleno ditingkat DPD pada 21/03/2016, untuk selanjutnya diserahkan pada DPP melalui DPW partai NasDem Sulteng. 

Untuk diketahui bahwa pada putaran kedua Pilkada Serentak yang akan digelar di seluruh wilayah Indonesia yakni pada tahun 2017, di Provinsi Sulawesi Tengah akan menggelar Pilkada di dua Kabupaten yakni Kabupaten Buol dan Kabupaten Banggai Kepulauan.

Partai NasDem telah memulai proses penjaringan Bakal Calon yang kemungkinan akan menggunakan Partai yang dipimpin oleh H. Ahmad. M Ali yang juga sebagai Anggota DPR RI dari dapil Sulawesi Tengah. Hal yang paling penting bahwa Partai NasDem akan mencalonkan kandidat yang benar-benar diinginkan oleh masyarakat dengan akan melakukan survei terhadap para bakal calon bupati di dua kabupaten tersebut. (Lia Somba)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru