Sabtu, 15 Juni 2024

MENUJU PERGANTIAN KETUM..! PDI-P Tak Solid, Suara Megawati dan Puan Disinyalir Berbeda

JAKARTA – Pakar hukum tata negara Refly Harun menduga, internal PDI Perjuangan saat ini tidak solid. Disinyalir, terjadi perbedaan sikap antara Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dengan putrinya yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P Puan Maharani, juga Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto.

“Puan beda, Megawati beda, Hasto beda. Bahkan Puan datang ke Prabowo halal bihalal, Megawati suaranya enggak jelas, tapi pakai amicus curiae (saat sidang sengketa Pemilu Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi),” ujar Refly dalam program Gaspol! yang tayang di YouTube, dikutip Senin (20/5/2024).

“Nah, dari situ kita enggak jelas, PDI-P dan Megawati not a single message anymore. Jadi kalau dulu PDI-P itu single message, apa yang dikatakan Megawati itulah sikap PDI-P, sekarang enggak lagi,” paparnya.

Adapun Megawati sempat mengirimkan amicus curae atau pernyataan sikap sebagai sahabat peradilan sebelum MK mengetuk palu putusan atas sengketa hasil Pilpres 2024 beberapa waktu lalu.

Sementara, Puan sempat mengikuti acara buka bersama di kediaman Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, saat bulan Ramadhan kemarin.

Bagi Refly, perbedaan sikap kedua elite menjadi salah satu alasan mengapa kini PDI-P terkesan tidak tegas, utamanya menyikapi pemerintahan ke depan. Menurutnya, tidak solidnya sikap politik Megawati dan Puan juga menjadi penyebab gagalnya hak angket untuk menyelidiki dugaan kecurangan Pemilu 2024 bergulir di DPR.

Artinya berbeda, Megawati (minta hak angket jalan) terus, Hasto bilang hak angket (diteruskan). Puan tidak reaksi apa-apa sebagai leadership di DPR, sebagai Ketua DPR yang harusnya memelihara semangat itu,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini, PDI-P masih bergeming soal arah politik ke depan. Belum diketahui apakah partai banteng akan merapat ke kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, atau menjadi oposisi.

Pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024, PDI-P berbeda gerbong politik dengan Prabowo-Gibran. Bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP), keduanya mengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebagai pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres).

Sementara, sampai saat ini pun Prabowo belum mendatangi PDI-P. Partai lain yang juga belum disambangi Prabowo yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Usai ditetapkan sebagai presiden terpilih RI 2024-2029, Prabowo telah mendatangi elite Partai Nasdem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Dari kunjungan itu, Nasdem dan PKB mengumumkan manuvernya. Kedua partai yang semula mengusung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar pada Pilpres 2024 itu menyatakan siap bergabung ke pemerintahan ke depan.

Pergantian Ketum

Sementara itu beredar isu pergantian Ketua Umum PDI perjuangan akan dilakukan dalam waktu dekat. Partai ini akan menyelenggarakan Rakernas pada Senin (20/5) sebagai prolog pergantian pimpinannya.

Seorang pengamat menyatakan Megawati sedang mempersiapkan Prananda Prabowo untuk menggantikan dirinya.

“Kemungkinan besar Prananda Prabowo akan ditampilkan untuk menggantikan Megawati nantinya,” demikian seorang wartawan senior yang belum mau disebut namanya.

Ia mengatakan memang ada perbedaan pandangan antara Megawati dan Puan Maharani tentang posisi PDIP dimasa depan menanggapi pemerintahan Prabowo Gibran kelak.

“Bu Mega tetap berkeras PDIP mengambil jalan oposisi, sementara Puan Maharani sedang berusaha menetralisir dan menerima kemenangan Prabowo Gibran,” ulasnya. Web Warouw)

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. Dalam pergantian Ketum dpp pdip tak susah. biar bu Mega yg tentukan. kita paling mengusulkan nama. pdip tak akan bs lepas dr darah bung karno. seperti nya anak kandung bung Karno banyak dr Ibunda yg berbeda. krn pdip tak bs lepas dr bung karno semoga bu Mega bisa mengkaji ya seperti Puti Guntur Soekarno, Kartika sari dewi Sukarno Putri yg aktif kegiatan sosial di Bali meski tinggal di Francis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru