Rabu, 12 Juni 2024

MONCER BANGET NIH..! Dua Putri Putin Jadi Pembicara di Forum Ekonomi St. Petersburg

JAKARTA- Pada forum ekonomi yang dipelopori Vladimir Putin, yang dijuluki “Davos Rusia” dan diadakan setiap tahun di kota asal presiden, St Petersburg, dua perempuan berbicara panjang lebar. Identitas mereka merupakan rahasia umum, namun tidak ada yang berani mengungkapkannya dengan lantang: mereka adalah putri Putin yang sudah dewasa.

Maria Vorontsova. (Ist)

The Guardian melaporkan, Putri sulungnya, Maria Vorontsova, 39, seorang ilmuwan yang berspesialisasi dalam penelitian genetika, memimpin diskusi di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg (SPIEF) tentang “Bioekonomi”.

Pada hari yang sama, Katerina Tikhonova, 37, seorang eksekutif teknologi dan penari akrobatik rock’n’roll, berbicara dengan bangga tentang peran industri pertahanan dalam memastikan kedaulatan teknologi Rusia.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, identitas putri-putri Putin dari pernikahannya dengan Lyudmila Putina, mantan pramugari Aeroflot yang diceraikannya pada tahun 2013, tidak pernah dikonfirmasi oleh Kremlin, dan tidak ada foto mereka saat dewasa yang dirilis secara resmi. Meskipun pengaruh mereka semakin besar dan fakta bahwa mereka mendapat sanksi dari negara barat, Putin tidak pernah secara terbuka mengakui mereka sebagai putrinya. Saat ditanya wartawan, dia hanya menyebut mereka sebagai “wanita-wanita ini”.

Katerina Tikhonova. (Ist)

Nama-nama mereka juga secara mencolok tidak ada dalam silsilah keluarga Putin yang disajikan kepada publik di SPIEF 2024. Pameran tersebut, yang diadakan di stand di mana para tamu dapat berfoto di sebelahnya, menelusuri silsilah presiden tersebut hingga ke masa  pada abad ke-17, mengungkapkan bahwa asal usulnya yang sederhana dari keluarga petani.

Namun pengungkapan profil publik kedua perempuan tersebut menunjukkan tren yang lebih luas: anak-anak Putin dan sekutunya semakin banyak mengambil posisi dalam bisnis dan pemerintahan, yang menunjukkan bahwa orang tua mereka yang sudah lanjut usia berupaya untuk menjamin transisi kekuasaan dan pengaruh yang stabil.

Delegasi dari Afghanistan ikut serta dalam forum tersebut, meskipun Taliban secara resmi dilarang di Rusia. (Ist)

Ada Ksenia Shoigu, putri mantan menteri pertahanan dan sekretaris dewan keamanan saat ini Sergei Shoigu, yang memimpin diskusi tentang federasi triatlon negara yang dipimpinnya.

Roman Rotenberg, seorang eksekutif senior hoki es yang ayahnya, Boris, merupakan salah satu mitra judo masa kecil Putin, juga berbicara, dengan ironisnya menentang apa yang disebutnya “nepotisme dalam olahraga”.

Dalam laporan terbaru berjudul Politbiro 2.0, yang mengacu pada sistem pemerintahan bekas Uni Soviet, Yevgeny Minchenko, seorang ilmuwan politik yang dekat dengan Kremlin, menggambarkan proses ini sebagai “kebangkitan sang putri”.

“Anak-anak perwakilan elit politik telah mencapai kemajuan karir yang telah lama dinantikan,” tulisnya.

Masa kecil Maria Vorontsova dan Katerina Tikhonova. (Ist)

The Guardian menggambarkan tahun ini jauh berbeda dengan forum sebelum operasi militer Ukraina pada tahun 2022 ketika perusahaan multinasional dan Rusia bersaing untuk mendapatkan kemitraan yang mahal atau mengadakan pesta mencolok yang menampilkan bintang pop, termasuk Sting, untuk membuktikan bahwa mereka berkomitmen terhadap pasar Rusia.

Di antara para pembicaranya, SPIEF pernah menghadirkan para pemimpin dunia seperti Presiden Prancis Emmanuel Macron, pemimpin Tiongkok Xi Jinping, dan mantan kanselir Jerman Angela Merkel.

Untuk menggantikan delegasi Barat, Rusia telah merekrut pejabat dari Amerika Selatan, Afrika, India, dan Tiongkok. Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa dan Presiden Bolivia Luis Arce menjadi tamu kehormatan tahun ini.

Delegasi dari Taliban juga hadir, meskipun organisasi tersebut secara resmi dilarang di Rusia.

Diskusi mengenai peningkatan kerja sama dengan negara-negara Barat kini sudah tidak ada lagi, digantikan dengan ceramah dari para aktivis sayap kanan, termasuk filsuf Alexander Dugin , yang dengan penuh semangat menganjurkan perang total. Pejabat lain menyerukan penghapusan “gerakan LGBT”.

Yang dijual di konferensi tersebut adalah kaus yang dicetak dengan kalimat agresif yang dikaitkan dengan Putin. “Jika perkelahian tidak bisa dihindari, lakukan pukulan pertama,” katanya, merujuk pada ungkapan yang dilaporkan Putin ketika ia tumbuh besar di jalanan Leningrad.

Sebagai tanda perkembangan zaman, ilmuwan politik Rusia yang agresif, Sergei Karaganov, yang baru-baru ini menganjurkan serangan nuklir preventif, dipilih untuk menjadi moderator dalam upacara penutupan yang biasanya dipimpin oleh Putin.

Namun, beberapa peserta mengatakan suasana pada pertemuan puncak itu optimis, didukung oleh prospek ekonomi yang positif. Meskipun terdapat keraguan sebagai negara yang terkena sanksi paling berat di dunia, perekonomian Rusia diperkirakan akan tumbuh lebih cepat dibandingkan sebagian besar negara maju lainnya, menurut Dana Moneter Internasional (IMF) – yang menyoroti ketahanan negara tersebut yang mengejutkan dan menimbulkan pertanyaan mengenai efektivitas kebijakan sanksi.

Pendapatan minyak dan gas Rusia pada bulan April meningkat hampir dua kali lipat dari tahun ke tahun menjadi £11 miliar berkat kenaikan harga, hal ini menggarisbawahi kesulitan yang dihadapi negara-negara barat ketika mereka berusaha membatasi pendapatan Kremlin dan menghambat kekuatan militernya.

“Ada optimisme yang jelas terasa pada tahun ini dibandingkan tahun 2023,” kata salah satu pejabat lembaga keuangan negara yang mengikuti SPIEF untuk ketiga kalinya. “Rasa bangga terpancar karena kita telah mengalahkan perang ekonomi negara-negara Barat.”

Ketika Putin yang tampak percaya diri memberikan pidato pleno pada hari Jumat, ia menjanjikan kemenangan di Ukraina dan memuji pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

“Terlepas dari semua hambatan dan sanksi yang tidak sah, Rusia tetap menjadi salah satu peserta utama dalam perdagangan dunia,” katanya. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru