Selasa, 17 Mei 2022

Nasib Fantasi Koin UST dan LUNA

Oleh: Muffidha Alkatiri *

KOIN dollar UST memiliki suplai sirkulasi 12.12 milyar UST dengan kapitalisasi pasar saat ini 7.4 miliar UST. Untuk mengembalikan peg (Pegged cryptocurrency), maka 12.12 miliar – 7.4 miliar = 4.72 miliar UST yang harus dibakar.

Validator Terra LUNA setuju bahwa ini memang harus dilakukan. UST harus dibakar dan peg harus dipulihkan. Untuk membakar UST (dan memulihkan peg), mereka harus cetak koin LUNA baru. Untuk bakar 1 UST mereka perlu mencetak koin LUNA senilai $1.

Hitungannya, let say kita bisa bakar semua kelebihan UST sekaligus sekarang dan mengembalikan peg nya. Nah, untuk bakar 4,7 miliar UST ini, kita harus cetak LUNA senilai 4,7 miliar. Dengan harga LUNA saat ini $0,03. Ini berarti kita harus cetak 156 miliar LUNA.

Dalam skenario ini, suplai LUNA yang beredar bakal naik dari 3,5 miliar jadi 160 miliar,–meningkat 45 kali. Harga LUNA bakal turun jadi $0,0006. Which is means secara teori kita bisa mulai bakar pasokan LUNA 160 miliar yang beredar secara dicicil.

Sounds its impossible yak? Ngeri-ngeri sedap investasi macam gini ya gak? Tapi lebih bisa disebut investasi bodong kalau kelian macarin anak orang bertahun tahun tapi nikahnya sama orang lain 😆… itu baru investasi bodong breee 😆.

Skenario yang barusan saya jelasin di atas adalah fantasi yang dibuat-buat dan tidak mungkin. Padahal apa yang bakal terjadi sebenarnya jauh lebih suram 😁.

Masalah pertama, mereka gak bisa bakar semua 4.7 miliar UST sekaligus karena mereka gak bisa cetak 156 miliar LUNA sekaligus. Ada batasan berapa banyak LUNA yang bisa dicetak dalam satu hari.

Saat ini, mereka kasih poling suara untuk upgrade batas. Apakah selesai sampai disitu? Tentu tidak ferguso!Justru ini ngebawa kita ke masalah kedua. 😆

Masalah kedua, kalo mereka cetak LUNA, harga LUNA turun (LUNA diluted), yang berarti mereka harus bakar lebih banyak UST,– means mereka harus cetak lebih banyak LUNA, sampai turun ke circle umpan balik yang brutal dari kegilaan pencetakan LUNA yang barbar!

Nah, para validator dan orang-orang yang ngerti protokol bakal nyebut itu sebagai “the death spiral”.

Sekarang mereka bisa bakar $1.juta UST dengan mencetak 33 miliar LUNA. Maka, pasokan LUNA yang bersirkulasi berubah dari 3,5 miliar jadi 38,5 miliar. Harga LUNA sekarang $0,0027. Lalu mereka bakar $1juta UST berikutnya dengan mencetak 1.000.000.000/0,0027 = 370 miliar LUNA. Mereka bakar $1 juta UST pertama mereka dengan mencetak 33 miliar LUNA. $1 juta UST berikutnya dengan mencetak 370 miliar LUNA. $1 miliar UST berikutnya bakal butuh triliunan LUNA. Gituh!

Btw saya pakai pecahan 1 miliar hanya sebagai contoh aja biar yang baca ini makin puyeng,– udah mana duit nyangkut dan LUNA di futures udah delisting. Makin sakit kepala. Tidurpun gak nyenyak 😆

Jelas ya, ukuran kepedihan kalian akan jauh lebih kecil karena tergantung pada holder UST,–kalau holder nya baik hati 🤣.

Intinya adalah, LUNA gak bakal bisa memulihkan ketololannya kecuali mereka ganti cara kerja protokol mereka. Karena kalau mereka berani ambil keputusan itu maka mereka bisa laporin DKwan dan semua orang di proyek tersebut didakwa atas penipuan.

NB : Average LUNA diatas adalah harga pada saat tulisan ini dibuat Jumat 13 Mei 2022.

Disclaimer on ya gaeez!

* Penulis Muffidha Alkatiri, analis Cryptocurrency

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,182PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terbaru