Kamis, 29 Juli 2021

NGERIK…! Luhut: Keresahan Kita Berpolitik Bisa Akibatkan Orang Meninggal

JAKARTA- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan perjuangan melawan Covid-19 varian delta belum selesai. Karena itu, ia mengajak masyarakat bahu membahu untuk menyelesaikan persoalan itu.

Pemerintah pun, kata Luhut, terus berbuat cepat. Pasalnya, keterlambatan pemerintah dalam mengambil aksi bisa berkaitan dengan beberapa orang yang meninggal.

“Keresahan kita berpolitik untuk ini juga bisa mengakibatkan orang meninggal,” ujar Luhut dalam konferensi pers, Rabu, 21 Juli 2021. Karena itu ia mengajak semua pihak menjaga sikap dan mendukung langkah pemerintah menangani Covid-19.

Luhut memastikan pengambilan keputusan dalam penanganan pandemi ini mendengarkan masukan dari banyak pihak. Misalnya dari Guru Besar Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, hingga Universitas Airlangga. Ia pun memastikan memperhatikan berbagai data.null

“Jadi percayalah bahwa kami melakukan yang terbaik, tapi varian delta ini hal yang sulit dihadapi itu nyatanya, tidak ada satu pun negara di dunia yang sekarang bisa klaim bahwa mereka sudah bisa atasi ini,” kata Luhut.

Luhut mengatakan dalam waktu dekat pemerintah akan meningkatkan pengetesan, pelacakan, dan memperbanyak pusat-pusat isolasi di daerah padat penduduk.

“Jadi nanti jam 19.45 kami akan finalkan, bagaimana kita akan tracing dan tracing di perumahan padat penduduk di kawasan aglomerasi,” ujar Luhut.

Nantinya, ketika dalam pengetesan didapati ada warga positif Covid-19, maka akan segera dibawa ke lokasi karantina. Lokasi karantina itu akan dilengkapi oleh dokter dan obat-obatan.

Dengan demikian, ia mengatakan peluang penyakit tersebut memburuk bisa diperkecil. Luhut berharap nantinya lokasi karantina itu akan mengikuti capaian di Wisma Atlet, DKI Jakarta, yang tingkat kematiannya sangat rendah.

“Daripada di rumah saja, terutama di rumah kawasan padat penduduk saya kira tingkat penyebaran tinggi. Jadi kami ingin memutus transmisi varian delta,” kata Luhut.

Luhut berharap dalam dua hari kebijakan tersebut bisa dilakukan secara masif. Selain pengetesan dan pelacakan, Luhut mengatakan pemerintah akan menggencarkan vaksinasi. Pasalnya, ia mengatakan data menunjukkan bahwa tingkat kematian dari pasien yang sudah divaksinasi sangat rendah.

“Masalah vaksin itu hal yang penting. Juga testing tracing penting agar bisa diketahui sejak awal jadi bisa dirawat dengan baik. Kami mempersiapkan testing dan tracing dalam waktu dekat, sehingga bisa melakukan mitigasi dari varian delta,” tutur Luhut. (Enrico N. Abdielli)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

6FansSuka
8PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terbaru