Kamis, 22 Februari 2024

PECUT LEBIH KERAS..! Wamen Nezar Patria: Negara Maju Jadi Contoh Pengembangan Ekosistem Artificial Intelligence

JAKARTA – Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamenkominfo) Nezar Patria mengatakan Pemerintah Indonesia dalam pengembangan ekosistem kecerdasan artifisial (AI) secara nasional menjadikan negara-negara maju sebagai acuan.

Hal itu menurut dia sudah dilakukan di beberapa sektor seperti komunikasi hingga sektor penting lainnya seperti kesehatan dan pertanian.

“Sejumlah foundation model kita adopsi, bahkan kita juga ikut mengembangkan misalnya Generative AI untuk Natural Language Processing oleh sejumlah startup, juga beberapa pemrosesan data dengan menggunakan AI di bidang marketing. Sudah terlihat juga di sektor kesehatan, pertanian dan beberapa sektor lain yang saya kira terus berkembang dan meluas,” kata Nezar sebagaimana dikutip dalam siaran pers kementerian diterima Bergelora.com di Jakarta Rabu (7/2)

Nezar menyampaikan hal tersebut usai menghadiri Workshop Planning Contributions and Important Stakeholders to Include dalam Forum Global AI di Brdo Congress Centre, Slovenia, Minggu (4/2) waktu setempat.

Ia menyebutkan secara global saat ini ada dua pendekatan untuk mengatur pemanfaatan teknologi AI yang diambil oleh negara-negara maju, yaitu pendekatan secara horizontal dan vertikal.

Perbedaan pendekatan tersebut dapat terjadi karena adanya dinamika dari dialog mengenai Tata Kelola AI Global.

“Ada yang mencoba horizontal di mana orientasinya lebih kepada prinsip yang dilakukan dalam pengembangan AI yang diadopsi oleh negara-negara Uni Eropa. Ada juga yang pendekatan vertikal yang langsung kepada sektor-sektor yang dilakukan oleh Amerika dan Cina,” kata Nezar.

Secara global saat ini tiap negara maju pun sedang berlomba dan berkompetisi untuk pengembangan AI dan tak terkecuali di Indonesia.

Nezar memastikan bahwa Pemerintah Indonesia akan selalu mendukung pengembangan AI di Indonesia.

Terutama pada sektor-sektor penting seperti ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, Nezar berpendapat pengembangan AI perlu ditingkatkan mengingat bakal dijadikan acuan di masa mendatang.

“Kementerian Kominfo dalam hal ini mendukung penuh upaya-upaya pengembangan AI yang sudah dilakukan oleh perusahaan startup dan juga sejumlah perusahaan teknologi baik nasional maupun global yang beroperasi di Indonesia,” tutupnya. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru