Kamis, 25 April 2024

Pesta Rakyat Pelantikan Jokowi-JK Harus Sederhana

JAKARTA- Rakyat bangsa perlu memberi dukungan moral politik agar pelantikan Jokowi-JK pada 20 Oktober nanti bisa berjalan lancar dan juga sekaligus pemerintahannya bisa berhasil meningkatkan kesejahteraan seluruh warga bangsa ini. Hal itu bisa sekaligus juga bahwa Jokowi-JK akan terus dikawal oleh rakyat sepanjang tetap berada dalam koridor yg benar dan profesional.  Hal ini disampaikan mantan Wakil Ketua Dewan perwakilan Daerah (DPD) Laode Ida kepada bergelora.com di Jakarta, Senin (13/10).

Dalam kaitan itu menurutnya, kiranya parpol Koalisi Indonesia Hebat (KIH) perlu mengkoordinasikan acara pesta rakyat pada hari pelantikan sehingga meriah di seluruh tanah air.

“Caranya tentu masing-masing tempat bisa sama atau berbeda, namun tetap memperhatikan kesederhanaan sehingga tak menyedot uang rakyat dan tak ganggu jalannya aktivitas masyarakat,” ujrnya

Ia mengusulkan agar pesta rakyat itu juga dilakukan dengan memberikan makanan sederhana berupa nasi bungkus pada warga miskin baik di pasar-pasar, kampung-kampung maupun di panti asuhan. Sekaligus juga menyimbolkan pemerintahan Jokowi-JK akan konsisten pro rakyat.

Namun demikian, sumber pendanaan pesta rakyat itu tak boleh berasal dari uang negara, melainkan dimobilisir dari kocek mereka yang lebih untuk membantu warga.

“Ini wujud dari kerelawanan dan solidaritas sosial. Ini juga bisa berarti bahwa era kepemimpinan Jokowi-JK diharapkan akan memperkuat semangat kesetiakawanan sosial, solidaritas untuk mengangkat derat warga bangsa yang miskin dan selama ini cenderung terabaikan atau dimarjinalkan,” ujarnya.

Jika itu berhasil dilakukan menurutnya, maka sungguh akan jadi semangat kebersamaan sejati antara Jokowi-JK dengan rakyat.

100 Ribu Massa

Sementara itu untuk menjaga jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih 20 Oktober mendatang, Polri telah melakukan persiapan 22 ribu personel kepolisian di wilayah Jakarta. Untuk menjaga Gedung MPR-DPR  disiapkan 5 ribu hingga 10 ribu personel.

Selain itu disiapkan juga puluhan ribu personel kepolisian dari Polda Metro Jaya, dengan tambahan dari 7 polda lainnya.

Gerakan Rakyat 20 Oktober yang diprakarsai berbagai elemen relawan Jokowi JK mempersiapkan berbagai konsolidasi dan kemungkinan. 

Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) mengatakan, kelompok relawannya akan mengadakan acara khusus dalam rangka menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden baru Indonesia pada 20 Oktober mendatang.

Acara yang rencananya digelar di Monumen Nasional itu akan dimeriahkan oleh pertunjukan musik dari grup band Slank dan beberapa artis lainnya yang merupakan pendukung Jokowi-JK. Diperkirakan total relawan yang akan hadir dalam acara tersebut sekitar 100.000 orang. (Enrico N. Abdielli)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru