Kamis, 29 Februari 2024

REVOLUSIONER BANGET GAEZ…! Paus Fransiskus: Seks di Luar Nikah Bukan Dosa

JAKARTA – Paus Fransiskus , pemimpin Vatikan, mengatakan berhubungan seks di luar nikah bukanlah dosa paling serius. Menurutnya, dosa yang paling serius adalah kebencian.

Pernyataan itu disampaikannya selama sesi tanya jawab dengan wartawan dalam penerbangan kembali ke Italia dari Yunani pada hari Senin lalu.

“Dosa daging bukanlah yang paling serius,” katanya, sembari melanjutkan dengan mengatakan bahwa kesombongan dan kebencian adalah dosa yang paling serius.

Paus Fransiskus juga ditanya tentang pengunduran diri Uskup Agung Paris, Michel Aupetit, yang diajukan awal bulan ini setelah sebuah majalah Prancis mengeklaim dia telah terlibat dalam hubungan intim dengan seorang wanita.

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, secara tradisional, Uskup Agung dan anggota Gereja Katolik yang lebih tinggi mengikuti selibat klerus, yang berarti mereka berpantang dari hubungan seks.

Aupetit telah membantah perselingkuhan itu, dan berkata: “Saya menangani situasi dengan buruk dengan seseorang yang berkali-kali berhubungan dengan saya.”

Paus, yang menerima pengunduran diri Uskup Agung Paris, mengatakan “Itu adalah kegagalan di pihaknya, kegagalan terhadap perintah keenam, tetapi tidak sepenuhnya.”

Perintah keenam yang dimaksud adalah salah satu dari 10 Perintah Allah lewat Musa mengatakan, “Anda tidak boleh melakukan perzinaan”, yang berlaku untuk orang yang berhubungan seks di luar pernikahan mereka, tetapi Paus menyarankan itu bisa berlaku untuk para imam yang tidak hidup selibat.

Sementara itu sebelumnya dalam ajaran kristen maupun katholik diyakini bahwa seks diluar nikah adalah dosa. Diyakini juga bahwa dosa tidak mengenal berat atau ringan. Dosa ringan dan dosa besar atau serius adalah terlarang dihadapan Allah.

Keputusan Paus Fransiskus belakangan ini merupakan pandangan yang sangat revolusioner akan mengubah norma dan tatanan kekristenan dalam hubungan kemanusiaan yang diyakini selama ini. Tentu saja keyakinan yang telah dipegang sejak jaman Musa dalam setiap era peradaban akan segera berubah menjadi peradaban baru. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru