Minggu, 14 Juli 2024

SAATNYA DIGULINGKAN..! Rakyat Salahkan Zelensky atas Maraknya Korupsi di Ukraina

KIEV – Mayoritas rakyat Ukraina menyalahkan Presiden Volodymyr Zelensky atas berbagai skandal korupsi yang mengganggu pemerintahannya. Hal itu terungkap lewat survei oleh lembaga Ukraina yang diterbitkan pada Senin (11/9/2023).

Survei tersebut dilakukan oleh Ilko Kucheriv Democrat Initiatives Foundation (DIF) bersama para mitranya pada 3-17 Juli dan 9-15 Agustus terhadap total 4.000 responden.

Hasilnya, sebanyak 78 persen warga Ukraina yang dijadikan sampel percaya bahwa Zelensky bertanggung jawab langsung atas korupsi di pemerintahan dan militer. Hanya 18 persen yang tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

Satu dari dua responden mengatakan, kritik terhadap korupsi tidak akan menggoyahkan Ukraina atau merusak citra negara itu di mata para mitra Barat-nya. Sementara 55 persen responden mengatakan, Barat harus memberikan bantuan lebih lanjut kepada Ukraina agar Kiev mencapai kemajuan dalam perjuangannya melawan korupsi.

Pemerintah Ukraina telah diguncang oleh serangkaian pemecatan pejabatnya terkait pengadaan militer. Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov menjadi orang terakhir yang dicopot karena perkara itu.

Sementara Zelensky membela catatan buruk pemerintahannya dalam melawan korupsi. Saat diwawancarai CNN pada Minggu (10/9/2023), dia mengatakan bahwa bantuan keuangan dan militer yang diberikan negara-negara Barat kepada Kiev tidak terpengaruh oleh kasus korupsi. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru