Minggu, 25 Februari 2024

SIAPA MAU JELASKAN…? Soal Ibu Kota Baru, NU: Masyarakat Macam Apa yang Akan Dihadirkan di Sana?

JAKARTA – Ketua Umum PBNU, Gus Yahya menyampaikan komentarnya soal ibu kota negara (IKN) baru, dirinya berpendapat, pentingnya memikirkan tentang masyarakat macam apa yang akan dihadirkan di ibu kota baru tersebut.
Pertanyaan tersebut dilatarbelakangi oleh gagasan Gus Yahya yang berencana meminta pemerintah untuk tidak sekedar memikirkan desain fisik atau infrastruktur IKN baru, melainkan juga harus memikirkan desain sosialnya.
Gus Yahya menyatakan bahwa NU harus berkontribusi dalam urusan masa depan Indonesia, salah satunya ialah pembangunan IKN baru di Kalimantan.Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, Gus Yahya berpendapat bahwa aspek sosial juga penting dipikirkan pemerintah sebagaimana pentingnya desain infrastruktur.
“Maka kita nyatakan bahwa kita ingin menjadi bagian dari inisiatif masa depan itu,” ujar Gus yahya dalam video yang diunggah oleh channel youtube Gerakan Pemuda Ansor, dengan judul ‘Pidato Gus yahya Ketua Umum PBNU di Harlah 99 NU’, sebagaimana dilansir pada Minggu, 20 Februari 2022.
“Yang dalam hal ini disimpulkan oleh adanya ibu kota negara yang baru, untuk menjadi bagian darinya,” ujar Gus Yahya melanjutkan.
“Dan Sekaligus, kita ingin mengusulkan, meminta kepada pemerintah dalam hal ini untuk berpikir tentang ibu kota negara yang baru ini, bukan hanya tentang desain fisiknya saja, rancangan fisiknya saja,” ujar Gus Yahya melanjutkan.
“Tapi kami ingin mengajak pemerintah untuk juga memikirkan desain sosialnya, rancangan sosialnya,” ujar Gus Yahya melanjutkan.
“Kita akan membangun satu kota yang sama sekali baru di IKN nanti,” ujar Gus Yahya melanjutkan.
“Kita harus berpikir!, masyarakat macam apa yang akan kita hadirkan di kota yang baru itu?,” ujar Gus Yahya menandaskan. (Calvin G. Eben-Haezer)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru