Jumat, 12 April 2024

5 Peluang Startup Dalam Genomik

Oleh: Abdo Riani*

BAGI banyak pendiri startup, alasan utama untuk mengambil bagian dalam proyek inovatif yang ambisius adalah keinginan untuk meninggalkan jejak – untuk mengubah dunia menjadi lebih baik. Faktanya, tujuan dan makna adalah faktor motivasi utama untuk proyek-proyek startup yang jarang terjadi di ruang perusahaan tradisional.

Meskipun inovasi di semua bidang startup secara teori dapat mencapai hal tersebut, hanya sedikit bidang yang memiliki risiko sebesar bioteknologi dan genomik. Kemampuan untuk membaca, menafsirkan, dan memanipulasi informasi genetik tidak hanya mengubah pengobatan dengan menawarkan potensi untuk menghilangkan penyakit dan meningkatkan umur manusia – namun juga membuka jalan bagi industri yang benar-benar baru.

Mari kita selidiki lima bidang yang sangat menjanjikan dalam genomik, di mana startup yang mampu berinovasi kemungkinan besar akan mengubah dunia.

1. Pengujian Genetik

Langsung ke Konsumen
Daya tarik untuk menemukan keturunan genetik seseorang atau memahami risiko kesehatan pribadi melalui pengujian genetik semakin populer. Sektor ini, yang dulunya didominasi oleh beberapa pemain kunci, kini berkembang seiring meningkatnya minat konsumen dan semakin mudahnya mengakses teknologi.

Dengan pasar pengujian genetik langsung ke konsumen diperkirakan akan mencapai miliaran di tahun-tahun mendatang, peluang bagi startup terletak pada menawarkan opsi pengujian khusus yang melebihi apa yang disediakan oleh para pemimpin pasar saat ini. Dengan berfokus pada aspek unik dari pengujian genetik, seperti penanda genetik langka atau memberikan wawasan lebih dalam mengenai kondisi kesehatan atau sifat kebugaran tertentu, startup dapat menciptakan ruang berharga di pasar yang berkembang pesat ini.

Pengujian genetik DTC kemungkinan besar menjadi pintu masuk ke sebagian besar genomik karena pengujian genetik akan menjadi prasyarat untuk pengobatan lebih lanjut atau manipulasi lainnya.

2. Analisis Data Genomik

Seiring dengan meningkatnya volume data genetik, kebutuhan akan analisis yang canggih juga meningkat untuk memahami semuanya. Tantangannya bukan hanya dalam menyimpan data ini tetapi juga dalam menganalisisnya dengan cara yang bermanfaat bagi peneliti, dokter, dan konsumen.

Perusahaan rintisan yang dapat mengembangkan algoritme inovatif dan solusi perangkat lunak untuk memproses, menafsirkan, dan memvisualisasikan data genom dengan cepat dan akurat berada di posisi terdepan dalam bidang ini. Dan dengan pertumbuhan eksponensial terkini dalam kemampuan teknologi AI, analisis data genom tampaknya sudah siap untuk melakukan inovasi dan disrupsi.

Potensi penerapannya sangat luas, mulai dari mempercepat penemuan dan pengembangan obat hingga memungkinkan pendekatan pengobatan yang dipersonalisasi, menjadikan bidang ini tempat dimana inovasi teknis dapat langsung diterjemahkan ke dalam dampak nyata.

3. Penemuan Biomarker Genomik

Identifikasi biomarker genom merevolusi cara kita melakukan pendekatan diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit. Biomarker dapat menunjukkan risiko suatu penyakit, memprediksi perkembangan suatu penyakit, atau bagaimana respons pasien terhadap pengobatan.

Bagi startup, peluangnya terletak pada pengembangan platform atau layanan yang dapat mempercepat penemuan dan validasi biomarker baru. Hal ini tidak hanya berpotensi meningkatkan hasil pasien secara signifikan, namun juga membuka jalur baru untuk pengembangan terapi dan solusi layanan kesehatan yang dipersonalisasi.

Ketika layanan kesehatan terus beralih ke pendekatan yang lebih personal, permintaan akan metode penemuan biomarker yang cepat dan andal akan semakin meningkat.

4. Biologi Sintetis

Biologi sintetik, dimana organisme direkayasa untuk memiliki kemampuan baru atau yang ditingkatkan, menjanjikan untuk mengatasi beberapa tantangan paling mendesak di dunia, mulai dari produksi biofuel berkelanjutan hingga pengembangan terapi medis baru.

Bagi para pemula, peluang dalam biologi sintetik terletak pada potensinya untuk menciptakan pasar yang benar-benar baru atau secara radikal mengubah pasar yang sudah ada. Baik melalui pengembangan bahan baru berbasis bio, rekayasa mikroorganisme untuk perbaikan lingkungan, atau pembuatan vaksin sintetik, penerapan biologi sintetik sangat beragam dan berdampak.

Dengan semakin rendahnya biaya pengurutan dan sintesis genetik, hambatan masuk bagi startup di bidang ini menjadi lebih rendah dari sebelumnya, sehingga menjadikan saat ini waktu yang ideal untuk berinovasi.

5. Nutrigenomik

Bidang nutrigenomik mengeksplorasi hubungan antara genetika, nutrisi, dan kesehatan, menawarkan rekomendasi pola makan yang dipersonalisasi untuk meningkatkan hasil kesehatan atau mencegah penyakit.

Bidang yang berkembang pesat ini menghadirkan peluang unik bagi para startup untuk memadukan industri kesehatan dengan genomik mutakhir. Dengan mengembangkan layanan atau produk yang memberikan saran nutrisi yang dipersonalisasi berdasarkan susunan genetik seseorang (informasi tersedia setelah pengujian genetik DTC), startup dapat memanfaatkan meningkatnya minat konsumen terhadap kesehatan dan kebugaran yang dipersonalisasi.

Dengan proyeksi pasar nutrisi global yang dipersonalisasikan yang akan bertumbuh secara signifikan, perusahaan rintisan (startup) yang dapat menawarkan saran nutrisi berbasis bukti dan berdasarkan informasi genetik akan memberikan dampak yang besar.

*Penulis Abdo Riani adalah pendiri dan CEO dari VisionX Partners, sebuah perusahaan pengembangan startup.

Artikel ini diterjemahkan Bergelora.com dari “5 Startup Oppurtunities in Genomics” di Forbes.com

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru