test
Minggu, 26 Mei 2024

AMSYONG NIH..! Koalisi Pendukung Anies Dipastikan Bubar Setelah MK Tolak Gugatan Paslon 01 dan 03

JAKARTA – Pengamat politik dari Universitas Esa Unggul Jamiluddin Ritonga memprediksi Koalisi Perubahan pendukung Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan bubar jika Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan untuk menolak gugatan sengketa Pilpres 2024 yang diajukan paslon 01 dan 03. Jamiluddin menduga, PKB dan Nasdem akan bergabung ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

“Koalisi Perubahan bepeluang bubar bila putusan MK menolak gugatan paslon 01 dan 03. PKB dan Nasdem tampaknya akan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) untuk bergabung ke pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka,” ujar Jamiluddin saat dimintai konfirmasi, Minggu (7/4/2024).

Jamiluddin menjelaskan, PKB dan Nasdem akan merasa lebih nyaman dan mendapat keuntungan bila bergabung dengan Prabowo-Gibran.

Bagi PKB dan Nasdem, kata dia, masuk ke pemerintahan Prabowo-Gibran akan menguntungkan secara ekonomis dan politis.

“Hal itu akan membawa PKB dan Nasdem lebih stabil dalam mengarungi riak-riak politik Indonesia ke depan,” tuturnya.

Kepada Bergeloea.com di Jakarta dilaporkan, ementara itu Jamiluddin berpandangan PKS akan tetap memilih jalan sebagai oposisi. Menurutnya, hubungan antara PKS dan Prabowo relatif tidak baik, khususnya ketika Prabowo masuk ke pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019 lalu.

“Jadi, PKS tampaknya tidak akan sejalan dengan Prabowo. Gap di antara mereka tampaknya masih sangat lebar, sehingga sulit menyatu dalam waktu dekat,” jelas Jamiluddin.

Maka dari itu, Jamiluddin melihat ada peluang PKS dan PDI-P menjadi oposisi. Dia menyebut dua partai tersebut memiliki ideologi, sehingga akan lebih militan bila menjadi oposisi.

Sementara itu, Jamiluddin mengingatkan bahwa oposisi tetap diperlukan dalam sebuah negara.

“Tanpa oposisi yang kuat, tentu check and balances akan melemah. Hal ini akan menjadi peringatan dini bagi meredupnya demokrasi di Indonesia,” imbuhnya.

Diketahui, PKB menyebut mereka tidak punya pengalaman menjadi oposisi. Di sisi lain, Nasdem telah menyambut Prabowo secara hangat, dan blak-blakan mereka punya peluang bergabung ke Prabowo-Gibran. (Web Warouw)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru