Senin, 15 April 2024

BERAPA DARI PAPUA..? Smelter Freeport Beroperasi Juni, Presiden Jokowi Ungkap Bakal Serap 20.000 Tenaga Kerja Anak Muda

PALEMBANG – Smelter PT Freeport Indonesia yang berada di Gresik, Jawa Timur, dipastikan akan beroperasi pada Juni 2024. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo ketika menghadiri acara Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) di Dining Hall Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (1/3/2024).

“Juni tahun ini industri smelter akan mulai beroperasi dan akan merekrut anak-anak muda mungkin lebih 15.000 atau 20.000 dan nilai tambah juga meningkat,” kata Jokowi, Jumat.

Kepada Bergelora.com di Palembang dilaporkan, Jokowi pun menceritakan betapa sulitnya mendapatkan saham mayoritas 51 persen di PT Feeeport.

Bahkan, waktu untuk mengambil alih perusahaan tambang itu membutuhkan waktu selama sembilan tahun. Selama 55 tahun berdiri PT Freeport, menurut Jokowi, hanya mengimpor barang mentah hasil tambang di Papua.

“Contoh eskpor tembaga yang sudah 55 tahun, dieskpor dalam bentuk mentah oleh Freeport. Bayangkan, 55 tahun kita tidak tahu apakah yang diekspor itu apakah tembaga apakah ada emasnya,” kata Jokowi.

“Sembilan tahun lalu saya paksa mereka membangun industri smelter. Tidak mudah mengajak mereka itu membangun industri smelter,” tambah Jokowi.

Setelah smelter dibangun, hilirisasi barang ekspor di Indonesia pun mengalami peningkatan begitu tinggi. Sebelum adanya smelter, nilai ekspor mencapai Rp 30 triliun.

“Begitu smelter dibangun (nilai ekspor) mencapai Rp 510 triliun,” ujar dia. Baca juga: Dengan Rp 15.000 di Palembang Bisa Nikmati Model, Pecel Lele hingga Nasi Padang Setelah terjadi peningkatan nilai ekspor, perusahaan memang sangat diuntungkan. Namun, pemerintah juga mendapatkan dampaknya dalam pemungutan pajak.

“Kita bisa memungut namanya pajak perusahaan. Kalau kita ikut (sebagai pemegang saham), artinya kita dapat deviden. Artinya, Indonesia dapat penerimaan yang sangat besar,” ungkap dia. (Abdul Gani)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru