Sabtu, 24 Februari 2024

DAH SIAP BELOM…? Bill Gates: Akan Ada Pandemi Baru yang Menghantui Dunia Setelah Covid-19

Bill Gates. [Ludovic Marin/AFP]

JAKARTA – Bos dan pendiri Microsoft Bill Gates menyebut risiko keparahan dari virus Covid-19 terus akan berkurang. Akan tetapi, ia melihat akan ada pandemi baru yang menghantui manusia di dunia.

Ketua Bersama Yayasan Bill & Melinda Gates Berbicara Konferensi Keamanan Munich tahunan Jerman dengan mengatakan bahwa potensi pandemi baru kemungkinan akan berasal dari patogen yang berbeda dengan keluarga virus corona.

Namun, dia melihat kemajuan dalam teknologi medis akan membantu dunia melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam memeranginya pandemi baru tersebut, jika investasi dilakukan sekarang.

“Kita akan menghadapi pandemi lain. Ini akan menjadi patogen yang berbeda di lain waktu,” ujar Gates, Senin (21/2/2022).

Kepada Bergelora.com di Jakarta dilaporkan, dua tahun setelah pandemi virus corona, Bill Gates mengatakan efek terburuk telah memudar ketika sebagian besar populasi global telah memperoleh beberapa tingkat kekebalan. Tingkat keparahannya juga berkurang dengan varian omicron terbaru.

“Kemungkinan penyakit parah, yang terutama terkait dengan usia lanjut dan memiliki obesitas atau diabetes, risiko itu sekarang berkurang secara dramatis karena paparan infeksi itu,” katanya.

Bill Gates mengatakan, sudah terlambat untuk mencapai target WHO untuk memvaksinasi 70% populasi global pada pertengahan 2022. Saat ini 61,9% populasi dunia telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Covid-19.

Dia menambahkan bahwa dunia harus bergerak lebih cepat di masa depan untuk mengembangkan dan mendistribusikan vaksin, meminta pemerintah untuk berinvestasi sekarang.

“Lain kali kita harus mencoba dan membuatnya, alih-alih dua tahun, kita harus membuatnya lebih seperti enam bulan,” kata Bill Gates.

“Biaya untuk bersiap menghadapi pandemi berikutnya tidak begitu besar. Tidak seperti perubahan iklim. Jika kita rasional, ya, lain kali kita akan menangkapnya lebih awal.”

Gates, melalui Yayasan Bill & Melinda Gates, telah bermitra dengan Wellcome Trust Inggris untuk menyumbangkan USD 300 juta kepada Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi, yang membantu membentuk program Covax untuk mengirimkan vaksin ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. (Web Warouw)

 

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru