Jumat, 12 April 2024

Dipakai Curang: 56 juta Surat Suara Sisa

JAKARTA – Koordinator Relawan Alumni Institute Tehnologi Bandung dan Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia,  Ammarsyah mengatakan,  hingga kini 56,2 juta  data  kertas suara sisa tidak dicoret atau dimusnahkan. Hal ini bisa terjadi karena saksi dan petugas TPS-nya terindikasi berpihak pada calon Presiden tertentu.
“Dari 2 juta relawan melaporkan, diduga kasus penggelembungan suara sudah terjadi  di Jawa Barat.  Yang digelembungkan capres tertentu. Dan itu massif,” ujarnya kepada Bergelora.com di Jakarta, Selasa (15/7).

Menurut mantan aktifis mahasiswa 80-an yang pernah di penjara di Nusakambangan karena menentang Orde Baru ini,  agar surat suara yang tidak terpakai itu segera dilaporkan dan ditanggulangi dengan cara dimusnahkan.
 
“Tidak usah main-main kami punya data semuanya di setiap TPS paling pojok sekali pun” ujarnya.

Hal senada sebelumnya dikemukakan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-JK, Anies Baswedan  di Media Center Jokowi-JK, Jakarta Pusat, Senin (14/7).  Menurutnya sebanyak 56,2 juta lembar surat suara pilpres yang tidak di coblos atau tersisa sangat berpotensi disalahgunakan oleh  pihak yang ingin bermain curang.  Ini artinya ada sisa kertas suara yang amat banyak jumlahnya.

“Kami  menerima laporan mengenai ketidaksesuaian prosedur penghitungan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS). Kita khawatir berdampak pada hasil akhir penghitungan yang selama ini berjalan. Kalau ini tidak jadi fokus perhatian akan menjadi potensi masalah kecurangan pemilu,” ujarnya.

Dengan alasan itu pula Anies meminta agar seluruh pihak tidak hanya berfokus pada proses rekapitulasi suara melainkan juga pada sisa kertas surat suara pilpres. Mengingat dari 188.2 juta lembar surat suara, yang tersebar di seluruh TPS se-Indonesia hanya sekitar 71 persen atau 135.5 juta lembar surat suara.

“Kenapa segitu, karena KPU mencetak 102 persen dari jumlah data yang digunakan. Sisanya itu harus hati-hati, di sini letak lubang yang harus jadi perhatian,” tegasnya. (Dian Dharma Tungga)

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

342FansSuka
1,543PengikutMengikuti
1,100PelangganBerlangganan

Terbaru